Berita

Muncul Lagi, Honda SFA 150 Concept Bakal Masuk Model Produksi?

Setelah sempat dimunculkan Honda pada ajang Indonesia Motor Show (IMOS) Oktober tahun lalu, menjelang bergulirnya ajang Osaka Motorcycle Show 2015 pada pekan ini, Honda SFA 150 Concept akan dihadirkan kembali. Tampilannya juga tak mengalami perubahan sama sekali. Oleh karena itu timbul pertanyaan apakah Honda berniat memproduksi secara massal SFA 150 Concept dalam waktu dekat, meskipun belum ada pernyataan secara resmi dari pabrikan berlogo sayap tersebut.

Indikasi Produksi Honda SFA 150 Concept

Honda SFA 150 Concept

Honda SFA 150 Concept

Timbulnya pertanyaan mengenai rencana produksi massal SFA 150 Concept menyeruak, setelah adanya indikasi kalau Honda berniat menggarap motor konsep ini secara serius. Satu-satunya hal yang dianggap pernyataan resmi dari Honda adalah mereka ingin menggarap sepeda motor ringan berjenis streetfighter, yang menggunakan mesin silinder tunggal dan disematkan pada rangka teralis.

Jika Honda memang berniat untuk memproduksi motor berjenis streetfighter ini, berarti pabrikan asal Jepang harus memertimbangkan secara matang. Ketika diperkenalkan di Indonesia, SFA 150 Concept mengusung dapur pacu yang mirip dengan Honda CB150R, model yang tak dijual di pasar Eropa. Sementara disitulah segmen yang dikuasai oleh Yamaha MT-125 dan KTM Duke, yang terbukti lebih menarik perhatian konsumen.

Produksi Honda SFA 150 Concept Terkendala Masalah Harga

Honda SFA 150 Concept

Honda SFA 150 Concept

Apabila motor konsep ini akan diproduksi secara massal, maka kendala utama yang dihadapi adalah masalah harga jualnya. Berada di segmen sepeda motor berjenis streetfighter, SFA 150 Concept dipastikan membidik pasar kaum muda, karena model yang diusung serta fitur-fitur yang ditampilkan. Namun, kaum muda biasanya memiliki dana yang terbatas, sehingga Honda harus menghitung ulang harga jualnya jika memang diproduksi secara massal.

Honda SFA 150 Concept

Honda SFA 150 Concept

Dengan model yang terlihat futuristik, bisa dipastikan kalau harga jual SFA 150 Concept tak akan murah dan cukup menguras kantong. Oleh karena itu, sampai dengan saat ini Honda masih belum memastikan apakah mereka akan melanjutkan ide tersebut. Tapi, jika memang diproduksi secara massal, maka akan menjadi tambahan yang cukup bagus bagi Honda.

Sepeda motor bermesin kecil terbilang cukup populer dan mampu mendulang keuntungan. Tapi, jika SFA 150 Concept masuk ke dalam model produksi, maka bisa dipastikan kalau ada beberapa fitur yang akan dipangkas agar harga jualnya sesuai.

Galih Rachdityo

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif di media cetak MODIF dan Classic+ pada akhir 2007. Sempat beralih menjadi jurnalis olahraga pada akhir 2010 di media online, bolanews.com. Terhitung sejak akhir September 2014, bergabung dengan tim editorial Carmudi Indonesia sebagai content writer yang mengulas berita-berita otomotif terkini. E-mail: [email protected]

Related Posts