Berita Mobil Produk Sumber informasi Tips dan Trik

Musim Hujan Pilih Kembangan Ban yang Cocok, Jangan Asal Keren

Penulis: Dony Lesmana

Jakarta – Musim hujan sudah pasti kondisi jalanan yang licin, setiap pengendara harus memilih ban yang tepat. Apalagi saat ini banyak pengendara hanya asal membeli ban tak melihat peruntukannya.

Pemilihan ban yang bagus dan tepat menjadi sesuatu yang penting untuk keselamatan dalam berkendara. Hal ini disampaikan Product Development Specialist PT GT Radial Tbk, Dodi Yanto, Kamis (12/10)

“Jenis ban ada beberapa macam, tergantung kebutuhannya. Pemilihan ban di musim hujan menjadi faktor penting untuk menjaga keselamatan pengendara,” kata Dodi.

Namun untuk keseharian mendukung aktivitas, pilih ban yang kegunaannya bisa untuk dua musim. Jadi tak perlu repot mengganti ban saat pergantian musim. Tapi yang paling baik adalah di bedakan, namun kenyataannya sekarang ada ban yang bisa digunakan dalam dua musim.

Pilih Ban yang Paling Tepat

Memilih tipe kembangnya satu arah menjadi kembangan yang paling tepat untuk digunakan di musim hujan. Ini juga harus didukung dengan tekanan angin yang pas. Karena kembangan sejajar pada ban sangat baik untuk memecah genangan air di jalanan.

Bila terlanjur menggunakan kembangan tidak satu arah, tak perlu khawatir. Karena setiap pabrikan ban sebelumnya sudah melakukan banyak pengujian ban tersebut meski tidak terlalu fokus dalam memecah genangan air.

Pastinya kembangan non diagonal harus lebih terus memperhatikan tekanan anginnya, jangan terlalu keras maupun lunak (kempes). Sesuaikan dengan rekomendasikan yang ada di ban.

Tak kalah pentingnya, pilih ban yang bersertifikasi internasional, ini memastikan ban tersebut telah mengalami pengujian yang panjang dan aman digunakan.
Seperti di Amerika yang biasa disapa DOT dan di eropa disapa ECE, Timur Tengah disebut GULF dan lain-lain . Sehingga tidak hanya bersertifikasi SNI.

Komposisi kompon juga perlu diperhatikan, ada beberapa pilihan kompon yang ditawarkan. Mulai soft kompon, medium kompon, hard kompon.

Di musim penghujan disarankan untuk menggunakan medium kompon. Karena medium kompon lebih “mencengkeram” aspal saat jalanan basah akibat air hujan. Jangan asal keren pilih ban.

Editor: Dony Lesmana

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts