Home » Mobil » Nasib Chevrolet Orlando, MPV Mewah Kaya Fitur yang Kian Terlupakan

Nasib Chevrolet Orlando, MPV Mewah Kaya Fitur yang Kian Terlupakan

Chevrolet Orlando
Minor facelift Chevrolet Orlando pada 2014

Jakarta – Nama Chevrolet Orlando bagi sebagian orang terdengar asing, padahal MPV medium ini telah lama hadir di Indonesia. Chevrolet Orlando hadir sebagai mobil keluarga dengan nuansa kemewahan yang jempolan. Bahkan, Orlando kini kalah pamor dengan Wuling Cortez yang masih saudara jauhnya dalam grup General Motors.

General Motors Indonesia pertama kali memperkenalkan Chevrolet Orlando di Indonesia pada 2012 dan diciptakan sebagai mobil untuk jalur perkotaan. Perbandingan rasio gigi yang rapat, membuatnya cocok untuk berkendara di dalam kota yang kondisi lalu lintasnya stop and go.

Untuk versi terakhirnya, Orlando menawarkan pembaruan di sisi eksterior depan yang meliputi desain anyar pada foglamp dan skid plate di bumper. Sayangnya, Orlando ini seperti dilupakan atau terlupakan baik oleh GM atau konsumen mobil keluarga. Sebab, GM belum meluncurkan generasi terbaru Chevrolet Orlando di Indonesia sejak pertama kali diluncurkan.

Sejatinya Chevrolet Orlando bukanlah produk yang buruk, mobil ini nyaman dan juga dibekali fitur-fitur modern yang tak kalah dengan produk Jepang. Sayangnya, mindset masyarakat Indonesia cenderung memilih mobil asal negeri matahari terbit karena jaminan ketersediaan suku cadang hingga ke pelosok.

Bila dibandingkan apple to apple, memang Orlando ini tidak punya lawan sepadan dikelasnya. MPV andalan GM ini dibekali mesin 1.8 liter DOHC sedangkan rivalnya seperti Toyota Kijang Innova bermesin 2.0 liter atau Toyota Sienta bermesin 1.5 liter.

Desain Membosankan Pada Chevrolet Orlando

Chevrolet Orlando
Chevrolet Orlando

Bicara soal desain, mungkin ini yang membuat Orlando peminatnya kian menurun. Desainnya sangat mencerminkan sebuah kendaraan khas lansiran Amerika Serikat, dimana garis-garis kaku di bodi yang sangat jelas terlihat. Ciri khas Orlando yaitu desain lampu yang besar dan dipadukan dengan model gril dan bemper yang berukuran besar.

Belum lagi, desain atapnya landai yang mengejar sisi aerodinamis. Desain seperti ini terkesan kaku dan kurang sporty, jelas berbeda dengan merek Jepang yang terkesan agresif. Bahkan bila dilihat sekilas, desain Orlando kadang menyerupai mobil estate atau station wagon karena desain atap terkesan rendah.

Fitur Chevrolet Orlando

General Motors Indonesia memasarkan Chevrolet Orlando seharga Rp 316 juta di tahun 2019 dan ini tidak naik sejak tahun lalu. Semestinya Orlando bisa memikat ceruk konsumen ‘peralihan’ di rentang harga Rp 300 jutaan. Belum lagi, mobil keluarga ini dibekali fitur yang termasuk lengkap apabila dibandingkan dengan merek asal Jepang. Misalnya saja, Orlando memiliki Theatre Style Seating dan Bucket Front Seat.

Bicara soal fitur keselamatan, konon Orlando telah memiliki standar bintang 5 EURONCAP. Jelas, fitur perlindungan yang disediakan sangat optimal karena memakai standar Eropa tanpa ada yang disunat. Berikut ini fitur keselamatan yang terdapat pada Orlando:

  • Airbag depan, penumpang, samping dan curtain
  • ABS
  • EBD
  • Electronic stability control (ESC)
  • Brake assist system (BAS)
  • Traction Control
  • Rear parking assist
  • Front seatbelt reminder
  • Lampu stop ketiga
  • Switch deaktivasi airbag penumpang
  • Child seat ISOFIX provision
  • Child proof lock
  • Front fog lamp
  • Anti-theft alarm dan immobiliser
  • Auto door lock

Kabin Nyaman Ala Mobil Amerika

Konfigurasi kursi pada Orlando (Foto: Chevrolet)

Mobil buatan merek Amerika biasanya memiliki desain kabin yang cukup berbeda dengan Eropa apalagi Jepang. Mobil Amerika biasanya memiliki area kabin yang terasa luas sehingga menimbulkan kesan nyaman ketika berada di dalamnya sekalipun ukuran mobilnya kompak.

Desain kokpit Orlando mengusung konsep seperti Chevrolet Corvette dengan model dual cockpit. Panel instrumen disusun agar memudahkan pengemudi saat mengoprasikan fitur-fitur yang terdapat di sana. Desain dashboard landai supaya memperluas pandangan pengemudi.

Interior-Chevrolet-Orlando
Interior Chevrolet Orlando (Foto: Chevrolet)

Kenyamanan saat mengemudi ditunjang dengan adjustable steering melalui tilt dan telescopic. Mengatur penyimpanan barang juga sangat mudah karena desain 2nd row Seat – 60:40 Split Auto Double Flat Folding with Arm Rest dan 3rd Row Seat – 50:50 Split Flat Folding. Secara keseluruhan, kabin Orlando memang sangat menunjang dalam segi fleksibilitas.

Previous post
Edan, Suzuki Carry Pick-up Generasi Baru Ganti Mesin dan Pakai Immobilizer
kemacetan di new york
Next post
Bawa Kendaraan dan Kena Macet Di Kota Ini Bisa Kena Tilang!