HomeBeritaNegeri Telenovela Jadi Tujuan Ekspor Terbanyak All New Ertiga

Negeri Telenovela Jadi Tujuan Ekspor Terbanyak All New Ertiga

All New Suzuki Ertiga
All New Suzuki Ertiga yang dipasarkan di Indonesia. (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – Meksiko jadi negara tujuan ekspor terbanyak Suzuki All New Ertiga sepanjang Agustus 2020. Dari total 1.071 unit mobil yang dikirim dalam bentuk Completely Built Up (CBU) sekira 591 unit atau 55% disumbang oleh All New Ertiga.

“Ekspor Suzuki sudah mulai pulih dan mencatatkan angka positif. Di segmen MPV angka ekspor kami masih didominasi oleh All New Ertiga. Bahkan selama Januari – Agustus 2020, All New Ertiga menjadi model dengan kontribusi ekspor tertinggi yaitu 49%,” kata Aris Yuliyantoro, Assistant Dept. Head Production Planning Control PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) dalam keterangan resminya, Kamis (24/9/2020).

Tingginya angka ekspor menandakan mobil keluarga satu ini sangat diminati oleh konsumen di ke negeri Telenovela itu. Bulan lalu tercatat 452 unit berhasil terjual. Angka ini membawa All New Ertiga meraih 22% pangsa pasar penjualan ritel MPV di Meksiko sepanjang Agustus.

Masyarakat Meksiko menyukainya  karena didesain dengan beragam keunggulan seperti kabin yang luas untuk kenyamanan. Lalu performa mesin yang irit, serta memiliki tingkat keamanan dan keselamatan yang tinggi setelah melalui uji tabrak oleh ASEAN NCAP.

Suzuki Ertiga di pabrik Suzuki Cikarang
Suzuki Ertiga di pabrik Suzuki Cikarang (Foto: Carmudi/Dimas)

Tertinggi Kedua Setelah Suzuki XL7

Ertiga masih menjadi produk MPV unggulan Suzuki sampai sekarang. Tidak hanya digemari di Indonesia saja, pesaing Toyota Avanza itu juga diminati banyak negara yang menjadi tujuan ekspornya.

Selama Agustus 2020, PT SIM berhasil mengapalkan 5.132 unit mobil baik dalam bentuk CBU maupun Completely Knock Down (CKD). Dari total ekspor tersebut, All New Ertiga menyumbang kontribusi kedua terbesar setelah XL7 dengan jumlah ekspor sebanyak 1.007 unit CBU dan 780 unit CKD.

“Bahkan selama Januari – Agustus 2020, All New Ertiga menjadi model dengan kontribusi ekspor tertinggi yaitu 49%,” Aris Yuliyantoro, Assistant Dept. Head Production Planning Control PT SIM.

Melihat tingginya minat konsumen luar negeri terhadap produk-produk Suzuki buatan dalam Negeri, maka Suzuki termotivasi untuk terus memperbaiki kualitas serta menghadirkan inovasi-inovasi baru.

“Positifnya angka ekspor Suzuki Ertiga dan model Suzuki lainnya membuktikan bahwa produk-produk buatan Indonesia diterima dengan baik oleh dunia internasional. Hal ini memotivasi kami untuk selalu berinovasi menghadirkan produk dengan kualitas berstandar internasional. Serta terus meningkatkan volume dan pasar ekspor supaya dapat membantu pemerintah untuk memulihkan kembali ekonomi dan pasar otomotif Indonesia,” tutup Aris.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Pertamina berikan layanan antar BBM ke rumah
Previous post
Seandainya Kendaraan Listrik Populer, Bagaimana Nasib Bisnis Pelumas dan BBM?
Next post
Mercedes-Benz GLA 200 dan GLB 200 Meluncur, Harga Setara 2 Innova