BeritaMobilReviewsSumber informasi

New Agya dan New Ayla Bermesin 1.200 cc, Mana yang Pantas Dibawa Pulang?

Daihatsu Ayla

Tampilan baru depan dan belakang Daihatsu new Ayla. Foto/Carmudi Indonesia.

Jakarta – Mobil kembar yang bermain di segmen mobil murah ramah lingkungan, New Agya dan New Ayla kini resmi meluncur di pasar kendaraan roda empat Tanah Air. Meski disebut model kembar, tapi keduanya sudah tidak identik lagi. Sekarang lebih mudah membedakan New Agya dan New Ayla, karena desain wajah terbaru keduanya sudah berbeda.

Sebelum menentukan merek mana yang bakal jadi pilihan untuk dibawa pulang ke garasi rumah, mungkin ada baiknya calon konsumen melihat lebih jauh kekurangan dan kelebihan masing-masing, khususnya varian terbaru, New Agya dan New Ayla bermesin 1.200 cc Dual VVT-i.

Eksterior

Tampilan baru new Agya 2017. Foto/Carmudi Indonesia.

Namanya mobil kembar, Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan bentuk yang sekilas mirip diantara keduanya. Tapi tetap saja, LCGC ini tidaklah benar-benar mirip banget. Malah di generasi terbarunya, Agya-Ayla nyata menawarkan konsep design berbeda.

Wajah New Agya 1.2L kini tampil makin stylish dan modern mengarah bentuk futuristik dengan lampu utama yang terkesan menyipit dan runcing. Begitu juga dengan New Ayla 1.2L. Namun bila diperhatikan secara seksama, di sektor bumper bagian bawah, Agya memberi kesan menyatu antara grille dan bagian foglamp. Hanya saja garis hitam yang hadir seakan membentuk sebuah wajah berkumis tebal. ‘Joker Face’ begitu Carmudi Indonesia menyebutnya.

Sementara kakak kandungnya, New Astra Daihatsu Ayla boleh dibilang hadir dengan bentuk wajah yang pas, mengundang selera mata yang melihatnya. Headlamp modern terkesan menyatu dengan grille yang juga tak kalah cantik berbalut aksen chrome simbol kemewahan.

Sisanya dari sisi samping hingga ke belakang, tidak ada perbedaan berarti. Kombinasi lampu belakang berbentuk L-Shape, mounting bumper belakang dilengkapi lampu reflektor serta muffler, semuanya sama. Begitu juga penggunaan alloy wheel two tone colour ukuran 14″, Agya dan Ayla benar-benar tampil berkelas.

Interior

New Agya dan New Ayla

Tampilan baris depan new Agya. Foto/Carmudi Indonesia.

Membandingkan bagian kabin keduanya, rasanya memang agak sulit. Keduanya mengusung konsep yang lebih sporty dengan dominasi warna gelap. Semakin gaya berkat penyematan audio steering switch di lingkar kemudi, serta jok model semi bucket yang bakal memeluk nyaman tubuh yang bersandar di belakang kemudi.

Tapi tunggu dulu, kalau ingin tau apa perbedaannya, silahkan fokus pada sistem entertainment yang digunakan oleh keduanya. Disini New Astra Daihatsu Ayla 1.2L tipe R Deluxe sebagai tipe tertinggi, mengalahkan New Toyota Agya 1.2L. Head unit yang dipakai pada Ayla lebih canggih, audio 2DIN dengan sistem touchscreen menjadi modal positif. Sementara New Agya cuma menggunakan head unit dengan sistem bluetooth.

Fitur

New Agya dan New Ayla

Oke, sekarang kita melangkah ke urusan fitur keamanan dan keselamatannya. Disisi ini, dua mobil kembar yang baru saja meluncur ini sudah terpasang berbagai perangkat keselamatan umum sebagai fitur standard. Sebut saja immobilizer, parking sensor, seatbelt 3 point, serta dual SRS airbag. Tentu berbagai fitur keselamatan ini cukup mumpuni dalam melindungi penumpang di dalamnya.

Hanya sayangnya, untuk Ayla masih belum mau mengikuti adik kembarnya memasang sistem Anti-Lock Braking System. Yup, New Agya sudah tersemat fitur tersebut, sementara New Ayla tidak. Entah apa alasan Daihatsu.

Mesin 1.2L Dual VVT-i

Agya

Mesin baru Agya. Foto/Carmudi Indonesia

Nah, giliran kita bicara kemampuan mesin New Agya dan New Ayla. Yang sebenarnya kalau difikir-fikir tentu kita tidak akan menemukan perbedaannya. Sama-sama menggunakan engine dengan kapasitas 1.200 cc berteknologi Dual VVT-i, 3NR-VE, DOHC.

Secara logika kemampuan keduanya sepadan. Mesin ini diklaim memiliki tenaga maksimal 88 PS di putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimal 108 Nm di putaran 4.200 rpm. Oh iya, sekadar informasi, mesin ini adalah mesin sama yang dibenamkan pada model LCGC 7 penumpang Sigra dan Calya.

Keluhan getar pada mesin sebelumnya sudah tidak ditemukan lagi. Intinya, untuk soal performa mesin, tak ada perbedaan. Seluruh tenaga yang dihasilkan akan disalurkan pada dua jenis transmisi, otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan.

Harga

Komunitas TAC

Para komunitas pecinta Toyota Agya. Foto/Carmudni Indonesia.

Perbandingan yang terakhir, atau yang paling penting dalam memutuskan untuk membeli adalah soal harganya. Meski memiliki bentuk serta spesifikasi keseluruhan yang hampir sama, tapi dalam urusan harga pasti berbeda. Yup, Toyota selalu lebih mahal dibanding Daihatsu.

Strategi marketing ini sudah berlangsung lama, sejak kehadiran model kembar pertama Toyota-Daihatsu, Avanza dan Xenia.

Selain harganya, dalam urusan tipe yang ditawarkan pun, Daihatsu masih memberikan lebih banyak pilihan. Tercatat ada 3 tipe berbeda yang ditawarkan oleh Daihatsu untuk New Ayla, masing-masing tersedia dalam transmisi manual dan otomatis.

Ketiga tipe tersebut adalah tipe R Deluxe (A/T) sebagai tipe paling tinggi yang ditawarkan seharga Rp 146,250 juta, kemudian tipe R (M/T) seharga Rp 132,250 juta, tipe R (A/T) seharga Rp 146,250 juta, tipe X (M/T) yang dijual Rp 125,250 juta, dan terakhir adalah tipe X (A/T) yang dibanderol Rp 135,250 juta.

Sementara untuk New Toyota Agya 1.2L Dual VVT-i hanya ditawarkan dalam dua tipe, G dan TRD yang juga tersedia dalam dua transmisi, otomatis dan manual. Untuk harga, tipe G M/T dibanderol seharga Rp 134,600 juta, tipe G A/T berbanderol Rp 147,600 juta. Untuk tipe tertinggi, TRD M/T ditawarkan dengan harga Rp 138,800 juta dan TRD A/T berbanderol Rp 151,900 juta.

Nah, sekarang tinggal tentukan pilihan, mau beli New Agya atau New Ayla 1.2L, pilihan di tangan Anda….. (Zie)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts