Home » Carmudi Jurnal » New Datsun Go, Facelift Setengah Hati dari Datsun

New Datsun Go, Facelift Setengah Hati dari Datsun

Datsun GO 2018
Kata “All New” dianggap terlalu berlebihan karena sekilas tidak ada perubahan dari New Datsun GO 2018 ini

Jakarta – Nissan Motors ikut serta dalam program Low Cost Green Car dengan menunjuk Datsun, brand entry level mereka. Datsun menggunakan manufaktur milik Nissan di Purwakarta untuk memproduksi Go series. Pada Mei lalu Datsun merilis New Datsun Go yang mempertahankan desain maupun fitur yang sederhana, tapi interiornya termasuk lega.

Ini sesuai dengan permintaan pemerintah pada tahun 2013 lalu yang membuka skema LCGC kepada industri mobil di Indonesia. Segmentasi ini diisi oleh mobil-mobil city car yang diproduksi di dalam negeri dengan local content 90% keatas. segmen city car murah meriah ini pun mendapat sambutan hangat dari masyarakat yang ingin naik kelas dari roda dua.

Desain Datsun Go mengedepankan gaya atletis melalui sudut-sudut menonjol, berpadu dengan headlamp berbentuk heksagonal. Kesan modern dan gaya ditonjolkan melalui grill honeycomb dengan frame berlapis krom.

City car ini pada dasarnya menggunakan platform dari Nissan March. Pada perkembangannya, platform Go kemudian dikembangkan menjadi crossover dengan nama Go Cross.

Pada tahun 2018 ini Datsun Indonesia melakukan facelift pada Go series, dengan penyegaran pada desain dan penambahan beberapa fitur. Pembaharuan desain mencakup bumper depan dan belakang baru, lalu aero kits baru yang membuat tampilannya terlihat lebih trendi.

Tidak hanya di Indonesia, Datsun juga menjual Go ke pasar internasional, semisal di India, Rusia, hingga Afrika Selatan. Datsun GO terlebih dahulu diproduksi di salah satu pabrik terbaru Renault-Nissan Alliance di Oragadam, Chennai, India.

New Datsun GO tersedia dalam pilihan manual (4 varian: D, A, T, dan T Active) dan CVT (3 varian: A, T, dan T active). City car ini hadir bagi generasi muda yang ingin tetap berkendara dengan nyaman di tengah kondisi jalan yang sibuk serta menikmati kebebasan mobilitas secara personal.

New Datsun Go Tampil Modern

Pada bulan Mei lalu Datsun Indonesia memperkenalkan generasi terbaru Go dengan beberapa pembaharuan. Di bagian depan, grille hexagonal dikelilingi chrome, kini berukuran lebih lebar dan lebih tegak dari sebelumnya, sehingga model ini lebih sporty.

Kesan modern diperkuat dengan headlamp yang kini dilengkapi LED daytime running light, sedangkan cover spion luar ditambahkan lampu sein faktor safety bagi pengguna jalan lain. Ukuran velg diganti yang lebih besar sehingga kaki-kaki Datsun Go lebih terlihat proporsional dan modern.

Datsun Go perlahan mulai meninggalkan kesan murahan seperti pada generasi pertamanya dahulu. Bagian interior terbaru menghadirkan dua kombinasi warna dengan aksen hitam dan silver untuk ventilasi AC.

Akomodasi penyimpanan barang-barang selama perjalanan juga kian diperhatikan dengan glove box dan ruang untuk menaruh barang-barang kecil di kedua sisi kemudi. Glove box berkapasitas 9,5 liter, cukup untuk menampung dua botol air minum berukuran 750 ml.

Itu baru di bagian depan, karena masih ada lagi tempat penyimpanan di baris kedua yang lebih besar dan dapat memuat botol berukuran 1 liter dan 600 ml bersamaan, serta masih menyisakan ruang untuk barang-barang seperti dompet atau charger untuk perangkat mobile.

Datsun tetap mempertahankan beragam fitur andalan yang sudah ada pada sosok Go seperti auto-headlights, follow-me-home system, front wiper with intelligent wiping system dan high response linear suspension.

Kenyamanan New Datsun Go Terbaru Menjadi Lebih Baik

Datsun Go pada generasi pertama hanya mengandalkan ruang kabin yang cukup lega, tapi masih kurang nyaman bagi pengemudi maupun penumpang. Kini, pada facelift-nya Datsun berusaha memperbaiki dan membuat kabinnya lebih manusiawi.

Bentuk sandaran punggung juga dioptimalkan untuk kenyamanan yang lebih baik. Semua model baru memiliki spinal support seat yang mengurangi kelelahan sehingga perjalanan lebih nyaman. Pada baris terdepan, tuas persneling berada di dalam konsol baru di antara kedua kursi.

Setidaknya, penumpang Datsun Go tidak kesempitan karena ruang kaki yang luas. Tapi, namanya LCGC pasti ukuran mobilnya kecil sehingga jangan harap bisa selonjoran dengan maksimal.

Datsun juga mulai menjawab keluhan soal kabin yang jauh dari kata senyap pada generasi pertama. Sekarang dilengkapi lebih banyak insulasi sehingga suara dari luar tidak banyak masuk kabin selama berkendara.

Tidak ketinggalan, Datsun Go pada varian tertinggi sekarang meninggalkan kesan mobil murah dengan fitur yang semakin lengkap. Di model terbaru, sudah ada power window di bagian belakang dan spion dengan lampu sein yang dapat diatur secara elektrik.

Datsun GO 2018
Tampilan interior All New Datsun GO yang jadi lebih modern

Itu saja? Oh tentu tidak dong. Setelah sekian lama, Datsun Go akhirnya mendapat opsi transmisi CVT yang diwariskan dari Nissan March. Transmisi ini diklaim memberikan akselerasi mulus dan kemudahan berkendara. Selain itu, kemampuan transmisi ini menurut mereka membuat tarikan mobil lebih ringan dan lebih gesit dibanding gearbox otomatis biasa.

Fitur yang tak kalah menarik pada city car ini adalah remote keyless dengan immobilizer yang terintegrasi menambah kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaan. Agar tidak terkesan murahan, dashboard dan trim memakai tekstur seperti kulit

Fitur hiburan pada Datsun Go semakin menarik karena kini telah memakai layar sentuh berukuran 6,75 inci di tengah dasbor menghadirkan sistem audio yang terkoneksi penuh seperti USB, AUX, Bluetooth, dan Smartphone bersistem iOS maupun Android. Kini antena terpasang di atap yang memungkinkan penerimaan sinyal AM dan FM yang lebih baik.

Desain Eksterior New Datsun Go Tidak Berubah

Facelift Datsun Go beberapa waktu lalu ternyata tidak mengubah desainnya secara keseluruhan. Desainnya masih tetap mungil dengan interior yang cukup lega. Ini jadi kelemahan Datsun Go dimana para rivalnya berganti baju secara keseluruhan dan menonjolkan desain yang kian sporty.

Headlamp desainnya memang tidak berubah, namun rancangan lampu utama berbentuk 3D di Datsun GO, menambah kesan tegas pada tampilan keseluruhan. Reflektor heksagonal yang besar untuk memberikan visibilitas lebih luas dan jauh.

Kelemahan dari desain ini ialah bentuk mobil yang mengecil di bagian jendela ke atas membuat ruang kepala menjadi relatif terbatas. Bentuk ini bahkan membuat pengemudi dengan postur diatas 170 cm kurang leluasa.

Keunggulan desain Datsun Go secara keseluruhan yaitu membuat mobil ini memiliki radius putar yang kecil. Ini berguna saat Anda melakukan manuver berbelok di jalan sempit.

New Datsun Go Masih Minim Fitur Keselamatan

City car ini cukup banyak berubah, tapi sayangnya beberapa fitur mendasar masih belum juga hadir. Menyebut istilah ‘masih seperti yang dulu’, Datsun Go tetap saja minim fitur keselamatan.

Datsun masih tertinggal dibanding competitor yang telah membekali mobil LCGC dengan dual SRS airbag. Sementara itu, Datsun Go hanya memakai airbag pada bagian pengemudi saja, dan lainnya hanya memakai seatbelt.

Sebagai kompensasi, Datsun hanya menyediakan seatbelt reminder, dimana terdapat sinyal di dashboard beserta suara alarm yang memberi tahu apabila pengendara dan penumpang lupa memasang sabuk.

Selebihnya, hanyalah meningkatkan visibilitas melalui upgrade performa lampu depan low beam dan high beam dengan ditambah LED daytime running lights dan lampu sein di spion luar.

Berikut ini fitur keselamatan yang tersedia pada New Datsun Go:

  • Airbag di bagian pengemudi
  • Seatbelt tiga titik depan dan belakang
  • Seatbelt dua titik belakang
  • Child Lock
  • Engine Immobilizer
  • Central Lock

Mesin New Datsun Go Tetap Sama

Lagi-lagi, demi menjaga supaya harganya tetap terjangkau maka Datsun Indonesia seperti setengah hati saat merilis facelift Datsun Go ini. Mesin yang digunakan tidak mengalami ubahan apapun, terkecuali penambahan opsi transmisi CVT pada varian tertinggi.

Datsun Go Cross
Datsun Cross dan Go Panca menggunakan mesin yang sama. Foto: /carmudi.co.id

New Datsun GO dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1,2 liter tiga silinder dengan tenaga 68 HP. Khusus untuk versi otomatis tenaganya sedikit lebih tinggi yaitu 78 HP untuk varian dengan fitur CVT. Tujuannnya, selisih tenaga yang lebih besar ini bertujuann agar mesinnya tetap responsif.

Datsun sekedar menyempurnakan mesin ini dengan efisiensi termal yang lebih baik supaya menghasilkan gesekan lebih rendah dibanding mesin 4-silinder. Penggunaan Balancer luar, secara alami mengurangi getaran mesin dan kebisingan, sehingga berkendara menjadi lebih nyaman.

Datsun Go Tampil Dalam Edisi Khsusus di GIIAS 2018

Datsun memberikan sentuhan baru di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 dengan menampilkan Datsun GO-live. City car yang menggunakan basis dari Datsun Go ini hadir dengan tambahan beragam fitur baru yang menarik dan modifikasi desain yang memberikan kesan tegas dan karakter berbeda.

Secara istimewa, Datsun GO-live akan dibuat dalam edisi terbatas dan tersedia bagi konsumen di Indonesia mulai bulan November 2018. Perbedaan antara Go-live dengan versi standar yaitu didominasi oleh tampilan aero kit yang agresif, termasuk di front spoiler, side moldings, rear roof spoiler, rear bumper diffuser, yang semuanya dicat kuning terang.

Datsun GO-Live mobilnya anak muda
Datsun GO-Live diusung sebagai mobilnya anak muda.

Datsun Indonesia merancang Go-live dengan corak dual tone dengan ciri khas atap hitam berpadu warna utama (hitam, putih, silver dan abu-abu) dan dihiasi aksen kuning. Kombinasi corak ini memberikan kesan berani, ekspresif dan muda.

Personalisasi ini terus berlanjut hingga ke interior. Sabuk pengaman berwarna kuning dan aksen jahitan kuning di jok. Aksen kuning juga menghiasi sisi panel instrumen. Jahitan ganda berwarna kuning untuk menekankan tampilan interior yang modern dan enerjik.

Selebihnya, spesifikasi Go-live sama persis dengan Datsun Go standar. Mesinnya berkapasitas 1,2 liter dari Datsun, yang mampu menghasilkan 78 ps pada varian yang mengadopsi teknologi Xtronic CVT dan 68 ps pada versi manual.

“Kami berkomitmen untuk menghadirkan solusi transportasi pribadi yang menawarkan kebebasan seluas mungkin dan menawarkan pilihan sebanyak- banyaknya kepada konsumen. Datsun GO-live menjadi salah satu bentuk ekspresi dari visi tersebut,” ujar Corporate Vice President Jose Roman, global head of Datsun, saat GIIAS 2018 lalu.

Datsun Indonesia telah membuka pre-order yang dibuka saat GIIAS 2018 lalu dengan harga Rp 135 juta untuk MT dan Rp 150,5 juta untuk varian CVT. Harga ini jelas lebih mahal ketimbang varian tertinggi Datsun Go yaitu T-Active dengan harga Rp 126,69 juta untuk MT dan Rp 142,19 juta untuk AT-CVT.

Daftar Harga New Datsun Go

Datsun Indonesia menyediakan tujuh varian New Datsun Go yang terbagi atas transmisi manual dan CVT. Berikut ini daftar harganya:

ALL NEW DATSUN GO D – MT Rp. 102,990,000
ALL NEW DATSUN GO A – MT Rp. 110,990,000
ALL NEW DATSUN GO T – MT Rp. 122,990,000
ALL NEW DATSUN GO T-ACTIVE – MT Rp. 126,690,000
ALL NEW DATSUN GO A – CVT Rp. 126,490,000
ALL NEW DATSUN GO T – CVT Rp. 138,490,000
ALL NEW DATSUN GO T-ACTIVE CVT Rp. 142,190,000

Interior New Triton
Previous post
Ini Rincian Perubahan New Triton yang Mirip Xpander
Next post
Ganti Warna Cat Mobil Bisa di Dealer Auto2000, Ini Estimasi Harganya