Home » Berita » New Datsun GO Transmisi CVT Bukan LCGC, Ini Alasannya

New Datsun GO Transmisi CVT Bukan LCGC, Ini Alasannya

new datsun go
Transmisi CVT ikut hadir di Datsun Go dan Go+ (Foto: Santo/Carmudi)

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – New Datsun GO dan GO+ resmi meluncur di awal pekan. Keduanya memiliki tampilan baru baik dari sektor eksterior maupun interiornya. Namun yang cukup menarik di antara keduanya adalah hanya Datsun GO saja yang memiliki dua pilihan transmisi, yaitu manual dan otomatis jenis X-Tronic CVT (Continuously Variable Transmission).

Dengan adanya Datsun GO transmisi X-Tronic CVT, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku pemegang merek Datsun di Indonesia, menolak untuk menyebut mobil jenis hatchback tersebut sebagai Low Cost Green Car (LCGC). Datsun beralasan bahwa Datsun GO X-Tronic CVT sudah tidak lagi memenuhi syarat sebagai mobil LCGC.

“Karena lokalisasi produk. Mobil LCGC harus menggunakan komponen lokal sementara Datsun GO komponen CVT-nya impor dari Thailand,” terang Masato Nakamura Head of Datsun Indonesia di Jakarta, Senin (7/5).

Baca Juga: Kejar Momen Mudik, Datsun Luncurkan GO dan GO+

Meskipun Datsun GO X-Tronic CVT tidak lagi masuk sebagai mobil dikategori LCGC, lanjut Masato, namun harga jualnya tetap kompetitif.

Lantas bagaimana dengan Datsun GO yang dibekali dengan transmisi manual? Masato menjelaskan khusus varian non-CVT, masih tetap dikategorikan sebagai LCGC.

Datsun GO hatchback tersedia dalam tujuh varian. Diantaranya 1.2 D MT yang dibanderol Rp102,99 juta, 1.2 A MT Rp110,99 juta, 1.2 A CVT Rp126,49 juta, 1.2 T MT Rp122,99 juta, 1.2 T CVT Rp138,49 juta, 1.2 T Active MT Rp126,69 juta dan 1.2 T Active CVT Rp142,19 juta.

Datsun GO X-Tronic CVT Lebih Bertenaga

Teknologi terbaru CVT pada Datsun pertama kali diperkenalkan lewat produk terbarunya yang belum lama ini diluncurkan, yaitu Datsun Cross.

Jika sebelumnya Datsun GO hanya mendapat varian dengan transmisi manual saja, kini setelah dilengkapi dengan pilihan transmisi otomatis X-Tronic CVT bakal semakin meningkatkan kemudahan dan kenikmatan berkendara. Teknologi CVT yang disematkan Datsun diklaim memberikan bahan bakar yang irit namun tetap berperforma tinggi.

New Datsun GO dibekali dengan mesin 1.2 liter DOHC tiga silinder. Mesin mampu menyemburkan tenaga sekuat 68 PS pada 5.000 rpm. Kemudian torsi maksimalnya 104 Nm pada 4.000 rpm untuk varian manual lima percetapan. Sedangkan pada varian otomatis X-Tronic CVT, bertenaga 78 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 104 Nm pada 4.400 rpm.

Selain pilihan X-Tronic CVT, mobil modern pertama Datsun ini juga sudah dibekali dengan beberapa fitur terbaru yang merupakan hasil pengembangan dari model terdahulu. Mulai dari head unit 6,75 inci dengan fitur layar sentuh, lampu senja sudah LED dan desain dashboard tampil baru. Pilihan warna bodi ada lima mencakup ruby, black, silver, white dan grey. (dna)

Previous post
Wuling Confero dan Cortez Raih Penjualan Positif Berkat IIMS 2018
kelebihan new datsun go
Next post
Ini Kelebihan New Datsun GO dan GO Cross dengan CVT