Mobil

New Ford Focus Kini Lebih Bertenaga, Efisien, dan Dibekali Teknologi Canggih

Hadir dengan tampilan yang lebih sporti, berkelas, dinamis, dan dikemas dengan teknologi mutakhir, new Ford Focus menandai sebuah evolusi dan memerkenalkan tingkatan baru dari kesempurnaan dan kenikmatan berkendara untuk para pelanggan Ford di area Asia Pasifik. Desainnya dengan tampilan modern menunjukkan adanya pembaharuan, termasuk peningkatan teknologi driver assistance, yang membantu pengemudi saat melakukan parkir paralel dan parkir seri (perpendicular).

New Ford Focus

Tampilan Depan New Ford Focus

Dengan tetap menjaga DNA fun-to-drive, Ford membenamkan new Focus dengan fitur Enhanced Transitional Stability, sebuah teknologi pertama di industri yang dapat memprediksi jika ada kemungkinan mobil tergelincir, dan mengambil langkah cepat untuk secara potensial mencegah kehilangan kendali.

“New Ford Focus diciptakan dengan menempatkan pelanggan kami sebagai pusat dari proses pengembangannya. Sejak kali pertamanya Focus dijual, kami telah mendengarkan apa yang dibutuhkan, diinginkan, dan dihargai pelanggan dari kendaraan mereka. New Focus merupakan kendaraan yang lebih canggih yang memenuhi dan melampaui harapan masyarakat dari sebuah mobil kompak,” kata Mark Rampling, Chief Program Engineer Ford Focus Asia Pasifik.

Desain Eksterior dan Interior New Ford Focus

Desain eksterior terbaru Focus memerlihatkan kesan sebuah mobil yang handal dan sporti. Alur garis yang tegas dan membujur hingga ke bagian buritan, disertai dengan lampu belakang yang lebih tipis dan pahatan spoiler belakang, berfungsi untuk meningkatkan aerodinamika.

Sementara interior New Focus kini terlihat lebih ringkas dan intuitif dengan lebih sedikit tombol. Panel instrumen yang direvisi dan tombol-tombol yang diatur ulang menghasilkan desain interior yang bersih dan matang yang memungkinkan pengemudi untuk mengendalikan fitur kendaraan dengan mudah.

New Ford Focus

Tampilan Belakang New Ford Focus

“Tim desain kami bekerja untuk menciptakan desain yang lebih emosional dengan tampilan lebih atletis, sporti, dan anggun. Pada interior, pelanggan mengatakan kepada kami bahwa mereka ingin desain kabin yang lebih ringkas, dengan lebih sedikit tombol – tapi tanpa menghilangkan fungsinya,” cetus Andrew Collinson, Exterior Design Manager Ford Asia Pasifik.

New Ford Focus Gunakan Teknologi Driver Assist

New Ford Focus

Teknologi Park Assist New Ford Focus

Focus ditampilkan dengan sejumlah teknologi canggih untuk membantu pengemudi tetap terhubung dan selalu dalam kendali. New Focus kini memakai Enhanced Active Park Assist, yang berbasis dari fitur Parallel Park Assist,  dengan tambahan Perpendicular Park Assist. Fungsi dari sistem ini adalah ketika menemukan lahan parkir, maka sistem ini akan mengambil kendali kemudi mobil. Sistem ini akan membimbing kendaraan masuk ke ruang parkir dan pengemudi hanya perlu mengendalikan pergantian perseneling, rem, dan gas.

Performa New Ford Focus

Untuk pasar Asia Pasifik, new Focus dibekali dengan mesin EcoBoost 1.5-liter empat-silinder yang bertenaga dan efisien. Mesin 1.5-liter terbaru ini sanggup menyemburkan tenaga hingga 180 PS, dengan torsinya mencapai 240 Nm. Sedangkan efisiensi bahan bakarnya meningkat hingga 6 persen lebih baik, dan menghasilkan emisi yang lebih rendah.

New Ford Focus

Performa New Ford Focus

Mesin ini juga menggunakan teknologi inti EcoBoost seperti turbochargingdirect fuel-injection, dan Twin-independent Variable Cam Timing. Sedangkan blok mesin terbaru berbahan aluminium, membantu mengurangi bobot mobil sehingga meningkatkan performa dan efisiensi.

Mesin EcoBoost 1.5-liter dipasangkan dengan transmisi otomatis enam percepatan baru yang modern, ringan, dan efisien, menyampaikan kesempurnaan bersama dengan performa dan ekonomi bahan bakar. Paddle shift control memungkinkan pengemudi untuk mengganti gigi tanpa harus mengangkat tangan mereka dari roda kemudi untuk kesan performa yang lebih ditingkatkan.

Galih Rachdityo

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif di media cetak MODIF dan Classic+ pada akhir 2007. Sempat beralih menjadi jurnalis olahraga pada akhir 2010 di media online, bolanews.com. Terhitung sejak akhir September 2014, bergabung dengan tim editorial Carmudi Indonesia sebagai content writer yang mengulas berita-berita otomotif terkini. E-mail: galih.rachdityo@carmudi.co.id

Related Posts