Home » Berita » New Isuzu MU-X Hadir Dua Tipe, Ini Beda Varian Royale dan Premiere

New Isuzu MU-X Hadir Dua Tipe, Ini Beda Varian Royale dan Premiere

Jakarta – Menanggapi pasar SUV diesel yang sedang berkembang pesat, PT Isuzu Astra Motor Indonesia tidak ingin ketinggalan dari Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner yang sudah memiliki model total baru (facelift) dengan menghadirkan New Isuzu MU-X.

Namun beda dengan sebelumnya yang hanya hadir dalam satu tipe saja. Kini New Isuzu MU-X di Indonesia hadir dalam dua varian yang disebut Premiere dan Royale.

Meski sebenarnya sekarang ada tipe ketiga, yaitu varian 4×4, namun kami hanya akan membahas perbedaan MU-X yang lebih mainstream. Yakni yang berpenggerak roda belakang.

Perbedaan terjelas adalah soal harga, yang sudah dipastikan varian rendah New Isuzu MU-X 2.5L AT Premiere dibanderol lebih murah dibanding New Isuzu MU-X 2.5L AT Royale yang lebih tinggi. Namun rincinya, baru akan diumumkan di GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2017 mendatang.

Satu hal yang pasti sama, yaitu keduanya ditenagai mesin berkode 4JK1-TC Hi-Power. Mesin diesel 4-silinder segaris dengan teknlogi common-rail direct injection dan intercooled Variable Geometry System Turbocharger (VGS). Sanggup menghasilkan tenaga 134 hp di 3.400 rpm dan torsi 320 Nm di 1.800-2.800 rpm.

Seperti sebelumnya pun, keduanya masih dipasangkan ke kedua roda belakang via trasmisi otomatis 5-percepatan. Dengan Adaptive Gradient Logic Control alias rasio yang tergolong biasa saja ketika dibandingkan 6A/T apalagi 8A/T milik kompetitor.

Beda Varian Royale dan Premiere

Mulai dari tampilan, New Isuzu MU-X 2.5L AT Premiere tampil sama dengan MU-X facelift di Thailand, hanya saja gril depan menggunakan aksen karbon. Sedangkan yang Isuzu MU-X 2.5L AT Royale dengan krom. Hal tersebut jadi pembeda terjelas dari depan.  Karena bumper facelift yang digunakan, juga lampu utama Bi-LED dan DRL sudah digunakan keduanya.

Oh iya, jika Anda melihat dua sensor parkir tambahan di bumper depan, maka itu adalah varian Royale karena sudah kedapatan corner sensor, sedangkan Premiere belum.

Lanjut, varian Premiere menggunakan jenis velg persis dengan mu-X facelift di negara asalnya yang berdiameter 18 inci dengan ban 255/65R18 dan lebar 7 inci. Sedangkan Royale lebih besar, yaitu velg 20 inci dengan ban 285/50R20 dan lebar 9 inci, yang sayangnya motifnya justru terkesan aftermarket.

Royale juga kedapatan side body moulding dan scuff plate yang terlihat saat membuka pintu. Tidak ada lagi diferensiasi kedua varian tersebut dari luar. Keduanya kedapatan roof rail, cover spion krom dan sidestep untuk mempermudah proses masuk karena ground clearance 230 mm yang cukup tinggi.

Interior

Perbedaan di dalam lebih sulit dicari, karena hanya terkait fitur yang tidak terlalu terlihat. New Isuzu MU-X 2.5L AT Royale sudah kedapatan TPMS (Tire Pressure Monitoring System). Gunanya untuk memantau tekanan ban SUV ladder-frame ini dari dalam mobil, sedangkan Premiere belum.

Lainnya, varian Royale pun sudah kedapatan monitor plafon alias roof monitor berukuran cukup besar 13 inci. Fitur electric tail gate alias bagasi elektrik baru juga absen untuk varian Premiere karena hanya hadir untuk Royale.

Selain kedua hal tersebut, interior New Isuzu MU-X ini sudah menganut tema dual tone hitam dan beige di dalam dengan jok kulit Ivory. Di depan, head unit baru dengan layar sentuh 8 inci, auto climate control dengan bentuk bulat yang familiar.

Setir dengan tombol pengatur audio dan cruise control. Serta empat kamera untuk pandangan 360 derajat All View Monitor. (Penulis: Fransiscus Rosano)

Toyota Kijang
Previous post
Awal Mula Toyota Kijang Buaya Hingga Jadi Innova (Bagian Kedua)
GIIAS 2017
Next post
Bawa All New Voxy, Toyota Siap Hadir di GIIAS 2017