Berita Mobil

New Porsche Cayenne Meluncur, Pakai Fitur Unik dari 911

Penulis: Endara Darata

Jakarta – PT Eurokars Artha Utama, selaku Distributor Porsche Indonesia, resmi meluncurkan New Porsche Cayenne. Generasi baru Sport SUV ini menawarkan perpaduan yang lebih baik antara karakter dinamis mobil sport dan kenyamanan mobil touring.

Salah satu keunggulan New Porsche Cayenne adalah ‘Rear Axle Steering’ yang lebih dulu muncul di 911. Fitur ini baru  pertama kali diterapkan pada Cayenne terbaru.

“Teknologi Rear Axle Steering pada Cayenne merupakan satu-satunya yang diaplikasikan pada mobil SUV. Teknologi ini sudah ada sebelumnya. Namun hanya terdapat di mobil sedan dan sport,’ ujar Ricko Boen. Sales and Marketing Trainer Porsche Indonesia hari ini di Jakarta, Kamis (1/3).

Ricko menerangkan bahwa Rear Axle Steering berguna untuk mengontrol poros as ban belakang kendaraan saat mobil melaju di kecepatan tinggi maupun rendah.

Pada saat mobil melaju kencang, ban belakang akan sedikit ikut berbelok mengikuti steering angle ban depan. Dengan begitu mobil menjadi lebih stabil saat bermanuver. Kira-kira konsepnya serupa dengan teknologi four wheel steering.

“Saat parkir, teknologi ini sangat bisa diandalkan. Dengan begitu pengemudi tidak perlu susah saat memarkirkan kendaraan. Radius putar setir semakin kecil sehingga mobil mudah untuk diparkir,” jelasnya.

Konfigurasi Mesin dan Deretan Fitur Lainnya di New Porsche Cayenne

Selain Rear Axle Steering, fitur-fitur lainnya pada New Cayenne diantaranya adalah sistem penggerak AWD (All Wheel Drive), Porsche Dynamic Chassis Control (PDCC) dan Porsche Surface Coated Brake (PSCB). Sistem air suspension di 3 bagian juga memberikan tambahan kestabilan serta kenyamanan lebih pada pengemudian mobil.

PSCB merupakan teknologi pada sistem pengereman dengan material yang berada di antara ceramic dan kampas biasa. Kehadirannya demi meminimalisir naiknya suhu panas akibat gaya gesek dengan piringan cakram.

New Cayenne dibekali dua opsi mesin. Varian dasar Cayenne dijejali mesin 3 silinder turbo dengan tenaga yang diletupkan mencapai 340 hp, 40 hp lebih besar dari model sebelumnya.

Kemudian varian Cayenne S dapat melesat hingga 265 km/jam berkat mesin bi-turbo V6 2.900cc yang memuntahkan tenaga 440 hp. Akselerasi Cayenne S dari 0-100 km/jam dapat ditempuh hanya dalam 3,9 detik yang juga dibekali fitur Sports Chrono Package.

“New Cayenne bakal memiliki harga yang kompetitif di segmenya. Konsumen harus sedikit bersabar, karena mobil baru resmi dilepas ke masyarakat umum antara April atau Mei 2018,” terang Chistoph Choi, Managing Director Porsche Indonesia. (dna)

Wahyu Perdana Putera

Berkarir di sejumlah online media sejak 2012 sebagai jurnalis teknologi, sains dan otomotif, kini di Carmudi Indonesia sejak Juli 2015 untuk mengulas & mempublikasikan kabar otomotif terkini dari perspektif lain. Menggilai mobil retro era '80-90an, modifikasi & kultur balap jalanan Jepang serta hobi modifikasi dengan aliran oldschool brutal seperti Shakotan, Kyusha & Kaido Racer. Email: wahyu.perdana@carmudi.co.id
Follow Me:

Related Posts