Berita

New Toyota GR 86 Meluncur, Simak Lima Fakta Menariknya

Tokyo – New Toyota GR 86 resmi melakukan debut dunia (world premiere) yang berlangsung secara online bersama Subaru Corporation (Subaru) pada 5 April 2021 di Jepang. Kedatangan New Toyota GR 86 menambah daftar mobil sport Toyota hasil pengembangan dari Toyota Gazoo Racing (TGR).

Sebelum GR 86, Toyota telah lebih dahulu memasarkan GR Supra dan GR Yaris. Adapun tujuan TGR mengembangkan 86 untuk mewujudkan impian dan kesenangan berkendara bagi para penggemar mobil sport.

New Toyota GR 86

New Toyota GR 86 melakukan debut dunia di Jepang (Foto: Toyota)

Sejak diluncurkan pada 2012, Toyota 86 selalu dijadikan kendaraan utama untuk mengikuti berbagai ajang balap, seperti reli, one-make races, gymkhana, dan dirt trials.

Total lebih dari 200 ribu unit Toyota 86 telah terjual di seluruh dunia.

Berkaca dari kepopuleran Toyota 86 baik di dunia balap maupun sebagai kendaraan harian, TGR berusaha mengembangkan 86 supaya dapat memberikan sensasi berbeda dan unik bagi pengendara.

Toyota GR 86 dan Subaru BRZ (Foto: Toyota)

Hasilnya, New GR 86 dirancang khusus dengan performa yang berlimpah dan memuaskan.

Berikut lima fakta menarik seputar New Toyota GR 86.

Eksterior

Bagian depan kendaraan dilengkapi dengan GR-specific Functional Matrix Grille. Tepat di bagian atas fender terdapat lekukan tajam yang memberikan tampilan khas mobil bermesin depan dan berpenggerak roda belakang.

Cover kaca spion samping dicat hitam dan peleknya berukuran 18 inci dengan warna gelap serta dipasangkan Ban Michelin Pilot Sport 215/40.

New Toyota GR 86

Bagian belakang Toyota GR 86 (Foto: Toyota)

Bagian belakang didesain mengerucut untuk menghasilkan pusat gravitasi yang lebih rendah, sehingga meningkatkan stabilitas dan kelincahan berkendara.

Interior

Panel instrumen horizontal dan penempatan tombol-tombol yang mudah dijangkau memungkinkan pengemudi dapat berkonsentrasi saat berkendara.

Sebagai sarana hiburan di kabin, Toyota menyematkan head unit layar sentuh berukuran cukup besar dan dibalik lingkar kemudi terdapat layar TFT 7 inci terbaru dan serba digital.

New Toyota GR 86

Interior New Toyota GR 86 (Foto: Toyota)

Menambah aroma sporty di kabin, TGR memadukan warna hitam dan merah mulai dari jok, lingkar kemudi hingga door trim. Tak ketinggalan logo GR di lingkar kemudi.

Mesin

Di bawah kap terpasang mesin empat silinder baru berkapasitas 2,4L yang diklaim mampu mengeluarkan tenaga 231 hp pada 7.000 rpm dan torsi puncak 250 Nm pada 3.700 rpm.

Mesin New Toyota GR 86 (Foto: Toyota)

Mesin memberikan performa berkendara yang superior dengan capaian akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 6,3 detik.

Komponen Aerodinamis

Mengacu pada 86 versi mobil balap, TGR menambahkan beberapa komponen aerodinamis pada New GR 86, seperti air outlets, side sill spoilers, dan perangkat lainnya yang dapat meningkatkan respons dan stabilitas kemudi.

New Toyota GR 86

New Toyota GR 86 (Foto: Toyota)

Sistem Bantuan Pengemudi

New GR 86 telah dibekali dengan Subaru EyeSight, sebuah sistem bantuan pengemudi atau Driver Assist Technology. Sistem ini memberikan dukungan keselamatan selama berkendara. Termasuk membantu menghindari atau mengurangi dampak tabrakan.

 

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

 

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *