Home » Mobil » Nissan Grand Livina, Pengawal Keluarga Sejati

Nissan Grand Livina, Pengawal Keluarga Sejati

Nissan Grand Livina, mobil yang satu ini kerap menjadi salah satu alternatif bagi pecinta mobil keluarga sejati. Dimensi yang cukup panjang, kapasitas muat banyak, kenyamanan mumpuni menjadi salah satu alasan bagi masyarakat Indonesia untuk cepat mencintai mobil yang satu ini.

Nissan Livina
Nissan Grand Livina 2013-2016 (L11). Foto/Carmudi Indonesia.

Sejarah Nissan Grand Livina

Sedikit flashback, mobil ini pertama kali dirilis pada tahun 2007 oleh PT Nissan Motor Indonesia (NMI). Kala itu, penjualan dari mobil ini terhitung cukup baik. Hal ini dikarenakan Nissan Grand Livina sanggup mencuri hati masyarakat Indonesia yang pada tahun tersebut.

Mobil berpenumpang 7 orang ini dikenal dengan bentuknya yang panjang, konsumsi bahan bakar yang irit hingga kenyamanan yang ditawarkan.

Pada tahun 2007, NMI resmi memperkenalkan Nissan Grand Livina di Indonesia sebagai mobil kedua yang dipasarkan setelah China dengan nama Nissan Geniss.

Kala itu ia dilahirkan dengan mesin berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder dan 1.800 cc. Soal harga, pada peluncurannya dibanderol Rp 138,5 – Rp 203,5 juta.

Mobil berpenggerak roda depan ini menggunakan teknologi drive by wire sebagai salah satu keunggulannya saat itu. Letak saluran udara yang cukup tinggi juga menjadi kelebihan yang ditawarkan, karena diklaim cukup aman untuk melibas genangan air hingga setinggi 30 cm.

Untuk mesin 1.500 cc menggunakan mesin berkode HR15DE, sedangkan mesin 1.800 cc menggunakan mesin berkode MR18DE. Soal tenaga, mesin 1.500 cc ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 109 ps dengan torsi maksimal 148 Nm. Ada juga mesin 1.600 cc, 4 silinder berkode HR16DE dengan tenaga 111 ps dan torsi maksimal 153 Nm.

Lalu, mesin 1.800 cc mampu menghasilkan tenaga hingga 126 ps dengan torsi 175 Nm. Cukup besar, dan tentunya lumayan asyik untuk dijadikan teman berkendara. Pada saat pertama kali dirilis, NMI menghadirkan beberapa model yakni Tipe 1.5 XV, 1.8 XV dan 1.8 Ultimate yang tersedia dengan transmisi manual dan automatic.

Salah satu alasan Nissan mendatangkan Grand Livina ke Tanah Air adalah untuk memberikan variasi bagi keluarga yang menginginkan mobil kompak dengan desain yang cocok dengan karakter perkotaan. Hingga saat ini, Nissan sudah memberikan ubahan pada Grand Livina sebanyak 8 kali.

Nissan Grand Livina
Grand Livina Special Version varian baru resmi meluncur. Foto/GG

Setiap Ubahan punya Sentuhan Berbeda

Mobil yang mengusung desain monokok, atau sasis yang ditanam dengan bodi ini akhirnya mendapatkan ubahan di generasi keduanya pada tahun 2009. Di tahun 2009 ini, NMI melengkapi Livina dengan beberapa tambahan seperti wiper belakang, tachometer baru, head rest di baris kedua, dan tambahan pilihan warna yang lumayan menggoda calon konsumennya.

Warna barunya meliputi orange metallic, diamond silver metallic, light green metallic, grey metallic dan black sapphire. Secara desain, tampangnya tidak berubah cukup banyak dibanding generasi pertamanya. Tetap mengandalkan desain ala-ala station wagon.

Versi Highway Star

Satu tahun kemudian pada tahun 2010, Nissan menambahkan varian baru bernama 1.8 Highway Star. Varian ini diposisikan sebagai varian terlengkap dan termahal yang dijual oleh Nissan. Soal fiturnya? Tentunya bertambah dibanding generasi yang sudah ada lebih dulu.

Pada model Highway Star ini, kapasitas bagasi dari Nissan Grand Livina kian diperbaiki guna menunjang akomodasi penggunanya. Maklum, judulnya mobil keluarga, sudah pasti harus bisa muat bawa barang banyak. Di varian ini, jok yang tadinya berbahan fabric juga digantikan dengan bahan kulit yang diklaim menambah kenyamanan saat berkendara.

Fitur entertainmentnya juga ditambah dengan adanya DVD dan LCD monitor di bagian headrest jok depan. Cakep kan? Soal harga? Tentu bertambah menjadi Rp 225,9 juta untuk manual dan Rp 220,9 juta untuk otomatis. Varian ini cukup laris dipasaran.

Penjualan yang terus positif membuat Nissan kembali memberikan sentuhan desain penyegaran di tahun 2011. Di varian ini Nissan memberikan ubahan pada beberapa bagian seperti grill baru, pelek baru, speedometer baru, dan interior yang baru dengan warna hitam.

Mesin otomatisnya pun menggunakan CVT yang berguna untuk memaksimalkan konsumsi bbm dan diklaim menambah tenaga serta torsi sang pengawal keluarga sejati ini. Penyegaran demi penyegaran pun dilakukan pada tahun 2012, 2013, 2014 dan 2016.

Mesin 1.800 cc Stop Produksi

Di tahun 2012, NMI menghentikan produksi Grand Livina bermesin 1.800 cc. Mesin ini dianggap punya bahan bakar yang cukup boros, tidak sesuai dengan segmen yang sedang dituju oleh NMI kala itu. Menariknya, setahun kemudian, NMI kembali menjual Grand Livina bermesin 1.800 cc di tahun 2013.

Mesin itu ditancapkan ke beberapa varian seperti Grand Livina X-Gear. Tetapi hal tersebut tidak berlangsung lama. Konsumen di Indonesia lebih cenderung menyukai mobil berkapasitas mesin kecil dengan konsumsi bahan bakar yang irit mengingat ibukota Jakarta selalu macet di setiap harinya.

Di tahun 2014, NMI melahirkan varian Highway Star by Autech dengan tampilan yang lebih sporty kala itu. Ubahannya cukup signifikan seperti di bagian bumper depan, side skirt samping, dan bumper belakang yang punya desain baru. Velg yang tadinya berukuran 15 inci diperbesar menjadi 16 inci demi memenuhi permintaan konsumen akan ukuran velg yang cukup besar.

Dua tahun berselang pada 2016, NMI menambahkan fitur head unit terkoneksi Bluetooth. Fitur kenyamanan juga ditambahkan dengan adanya dual airbag, rem ABS, EBD hingga brake assist. Soal desain? Masih sama tanpa adanya perubahan besar.

Review Nissan Grand Livina

Pada saat pertama kali meluncur, mobil ini berhadapan langsung dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga. Hadirnya Nissan Grand Livina ini menjadi angin segar bagi pecinta mobil di Indonesia. Bagi Anda yang belum pernah mencicipi mobil keluarga yang satu ini, kami akan memberikan pandangan singkatnya melalui artikel review Nissan Grand Livina generasi terbaru berikut.

Eksterior Nissan Grand Livina

Desain dari Nissan Grand Livina generasi terbaru ini memberi kesan sporty dan elegan. Hal tersebut dapat dilihat dari bagian depan, samping dan buritan. Pada bagian depan, 3 garis grill yang berlapis krom memberikan kesan mewah ditambah dengan adanya lekuk pada bumper depan yang semakin menegaskan kesan sporty.

Lampu depan sayangnya belum menggunakan LED, tetapi masih menggunakan model bohlam dengan warna halogen. Kendati demikian, cahaya yang dihasilkan juga maksimal. Di sisi samping, spion Grand Livina terbaru ini sudah dilengkapi dengan lampu sein, yang menambah keamanan saat berkendara.

Lekuk bodi bagian samping yang memberi kesan tegas juga memperkuat aksen sporty yang dimiliki oleh Grand Livina. Velg berbahan alumunium berukuran 16 inchi juga disematkan pada tipe Highway Star XV dan Highway Star Autech. Velg besar ini tentunya membuat traksi yang dimiliki oleh Grand Livina menjadi semakin baik lagi.

Di bagian belakang, memang terlihat biasa saja. Nggak ada yang special, tetapi hal tersebut masih bisa diatasi dengan adanya LED High Mounted Stop Lamp yang menambah keamanan saat berkendara. Secara tampilan, mobil ini memang cocok untuk dijadikan mobil keluarga dengan dimensi yang panjang dan juga desain yang cukup sporty.

Interior Nissan Grand Livina

(Interior Nissan Grand Livina XV 2008)

Beralih ke bagian interior. Nissan Grand Livina ini mengusung interior berwarna beige. Warna ini menambah kesan mewah dan elegan dengan bahan fabric. Untuk kapasitas penyimpanan, Grand Livina cukup bisa diandalkan. Karena ia memiliki banyak ruang penyimpanan botol mulai dari bagian depan, baris kedua hingga baris ketiga. Di baris kedua jok juga terdapat arm rest yang dapat dilipat saat dibutuhkan, lebih nyaman saat bepergian jarak jauh. Oiya, di bagian tengah juga terdapat lubang ventilasi AC yang dapat digunakan untuk penumpang baris kedua dan ketiga.

Seakan tahu dengan kebutuhan konsumen, Nissan memberikan perangkat entertainment berupa head unit double din touchscreen yang dapat menyetel Radio, CD, MP3, USB, DVD, bahkan sampai mirroring smarthphone.

Untuk tipe Highway Star Autech lebih mewah lagi. Karena terdapat roof monitor yang dapat digunakan untuk menyetel film favorit oleh penumpang baris kedua pada saat di dalam perjalanan. Ruang penyimpanan dalam bagasi juga dapat diatur sedemikian rupa. Karena jok baris tiga dan dua dapat dilipat dengan pengaturan 60-40. Membawa barang besar dan panjang? Bukan masalah deh!

Fitur Nissan Grand Livina

Berlanjut ke fitur yang ada pada mobil ini. Nissan Grand Livina juga memiliki system keamanan yang mumpuni. Mulai dari dual airbag SRS yang ada di bagian depan, sistem pengereman dengan kombinasi ABS, EDB dan SA, hingga kamera belakang yang dapat membantu pengemudi agar dapat memarkirkan kendaraan dengan jelas.

Selain kamera mundur, Nissan Grand Livina juga dibekali dengan fitur sensor parkir di bagian belakang. Lalu, bagaimana dengan bagian mesin? Untuk di bagian mesin, NMI menancapkan mesin berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder, DOHC, Twin dual injector dan VTC. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 109 hp dan dipadukan dengan transmisi otomatis

Selain perangkat keamanan di atas, Nissan Grand Livina ini juga dibekali dengan side impact bar, seat belt 3 point ELR with pretensioner & load limiter, dan collapsible steering column. Fitur collapsible steering column ini membuat kemudi akan turun dengan sendirinya pada saat pengemudi mengalami kecelakaan. Hal ini bertujuan agar kemudi tidak mengakibatkan luka serius pada pengendara.

Selain itu, bagian kemudi juga sudah dilengkapi dengan electronic power steering yang mampu menyesuaikan kecepatan. Pada saat di kecepatan rendah, setir akan terasa ringan untuk memudahkan pergerakan dari mobil. Hal sebaliknya akan terjadi, pada saat kecepatan tinggi, setir akan terasa lebih berat dibanding sebelumnya.

Di bagian transmisi, X-Tronic CVT diklaim dapat berfungsi untuk membuat penggantian transmisi menjadi lebih smooth dan tenang. Suspensi yang diberikan juga tergolong empuk. Kalau soal suspensi ini, banyak orang sudah membuktikan ketangguhannya. Terbukti, Nissan Grand Livina sangat nyaman untuk diajak bepergian keluar kota.

Kesimpulan Nissan Grand Livina

Saat ini, Nissan Motor Indonesia menjual Grand Livina dengan banderol harga mencapai Rp 221,9 hingga 274 jutaan. Mobil keluarga yang satu ini layak untuk dijadikan teman berkendara sehari-hari maupun teman berkendara ke luar kota.

Aspek kenyamanan yang ditawarkan menjadi salah satu faktor yang cukup sulit untuk dilewatkan begitu saja. Konsumsi bahan bakar yang cukup irit juga menjadi faktor lain dari Nissan Grand Livina ini.

Tertarik untuk melihat spesifikasi baru dari Nissan Grand Livina ini? Langsung cek link di sini.

Untuk lihat harga psaran MPV Nissan yang satu ini, cek di sini.

 

Previous post
Lakukan Hal Ini Supaya AC Mobil Awet dan Udara yang Dikeluarkan Tetap Dingin
Next post
Mitsubishi Fuso Perkuat Layanan di Makassar Buka Dealer 2S Baru