Home » Reviews » Nissan Grand Livina XV 2008, Mobil Keluarga yang Lengkap

Nissan Grand Livina XV 2008, Mobil Keluarga yang Lengkap

Pada akhir 2006 silam, Nissan untuk kali pertamanya memerkenalkan kendaraan anyar berbasis kompak MPV, Nissan Grand Livina. Setelah mendapatkan sambutan yang cukup hangat dari publik, produksi kendaraan yang sanggup menampung hingga 7 penumpang it uterus dilanjutkan sampai dengan 2013. Sementara itu, kami berkesempatan untuk menguji Nissan Grand Livina 2008 karena semakin maraknya persaingan di segmen ini.

Dengan penjualan Murano, Teana, dan kini Grand Livina, sepertinya Nissan benar-benar serius untuk bersaing dengan para kompetitor di segmen khusus kendaraan keluarga. Bagi mereka yang sudah pernah mengemudikan Grand Livina, selalu mengatakan hal-hal yang positif dan merasa sangat puas dengan performanya. Tak hanya itu saja, karena fitur-fitur penunjangnya juga sangat mendukung. Kami pun merasa terusik dengan hal tersebut, sampai akhirnya ingin merasakan sendiri sensasi dari Grand Livina.

Sensasi Mengendarai Nissan Grand Livina XV 2008

Jika menilik hasil dari tes pengendaraan yang dilakukan, Nissan Grand Livina 2008 mampu menghadirkan sesuatu yang luar biasa untuk sebuah kendaraan MPV. Meski begitu, ketika melakukan sendiri uji cobanya, kami mengharapkan hasil yang berbeda. Apabila hasil tes pengendaraan yang kami lakukan ternyata sangat memuaskan, maka kami takkan sungkan untuk merekomendasikan mobil ini sebagai salah satu kendaraan keluarga yang nyaman untuk dikendarai.

Grand Livina disodorkan dalam dua tipe, manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Awalnya, kami menggunakan tipe manual dan langsung terkesan dengan kenyamanan ketika mengemudikannya. Suspensinya terasa sangat empuk ketika harus melibas jalanan yang rusak. Dibekali dengan mesin berkapasitas 1.8 liter, tenaga yang disemburkan cukup besar mencapai 126 bhp. Secara keseluruhan, kami merasa sangat puas dengan performa yang diberikan oleh Grand Livina bertipe manual ini.

(Mesin Nissan Grand Livina XV 2008)
(Mesin Nissan Grand Livina XV 2008)

Langkah selanjutnya, kami menjajal varian tertinggi dari model Grand Livina XV. Perbedaannya dengan varian XV lainnya terletak pada model gril depan yang sudah dibalut dengan ornamen berwarna krom, jok yang dilapisi bahan kulit dengan tambahan panel bermotif kayu yang menghiasi interiornya, sistem pengereman sudah menggunakan sistem ABS, disematkan power mirrors, sistem audio 6 spiker menggunakan pemutar cakram 6 CD dan terintegrasi dengan MP3, serta mencangkok sistem transmisi otomatis 4-percepatan.

Kenyamanan dalam Berkendara

Diperkenalkan sebagai kendaraan MPV kompak 7-penumpang, Grand Livina tak hanya cocok sebagai kendaraan keluarga saja, tapi juga bisa dipergunakan sebagai kendaraan harian. Kabinnya terdiri dari tiga ruas yang sangat nyaman dan lapang, meskipun bagi penumpang di kursi baris ketiga masih harus menyesuaikan jika ingin mendapatkan kenyamanan. Tak hanya itu saja, bagasi Grand Livina juga cukup luas untuk menampung banyak barang.

Setelah mengalami sendiri mengendarai Nissan Grand Livina, baik untuk yang bertransmisi manual ataupun otomatis, kami merasa sangat puas dan merekomendasikan kendaaran ini bagi mereka yang membutuhkan mobil yang sanggup menampung hingga 7 orang dewasa. Selain nyaman dikendarai, para penumpang juga terhibur dengan fitur-fitur tambahan yang disematkan.

(Interior Nissan Grand Livina XV 2008)
(Interior Nissan Grand Livina XV 2008)

Performa yang dihadirkan Grand Livina sangat mengagumkan, dan dengan mesin berkapasitas 1.8 liter, Anda tak perlu kuatir kalau mobil ini akan kehabisan tenaga ketika melalui jalanan menanjak. Secara keseluruhan, kendaraan ini memiliki nilai yang sangat baik dan menjadi salah satu kendaraan kompak MPV untuk keluarga yang banyak dicari di pasar otomotif sampai dengan saat ini. (C! Magazine)

Previous post
Ford Fiesta 2010: Tawarkan Kenyamanan Mobil Kompak
Next post
Fiat 500 Art Edition, Coretan yang Dijual Mahal

1 Comment

  1. ahmad imron
    Februari 3, 2015 at 12:54 am

    sy punya grand livina yg tahun 2007 naiknya masih empuk skali.tapi onderdil mahal dan masih langka