BeritaSumber informasi

Nissan Indonesia Enggan Komentari Gugatan Pemilik Nissan Elgrand Soal Ban Serep

Nissan Elgrand HWS (Foto: Wikipedia)

Jakarta – PT Nissan Motor Indoesia mendapat gugatan dari seorang pemilik Nissan Elgrand. MPV premium itu dianggap tidak memiliki atau tersedia ban serep sebagai kelengkapan. Agen pemegang merek Nissan di Indonesia ini digugat membayar ganti rugi dengan total Rp 2,49 miliar.

Gugatan ini dilayangkan oleh tiga pemilik Nissan yakni Agus Soetopo, dan Dessy Tiurlan Sagala, dan pengacara David Tobing. Gugatan ini dilayangkan terhadap tiga pihak yakni PT Nissan Nissan Motor Indonesia (NMI), Nissan Motor Distributor Indonesia, dan Kementerian Perhubungan.

Penggugat merasa dirugikan karena Elgrand 2.5 Highway Star (4X2) A/T tidak dilengkapi ban cadangan serta tempat ban cadangan. Menanggapi gugatan ini, Eiichi Koito selaku President Director Nissan Motor Indonesia belum bisa memberikan komentar lebih jauh.

“Saya baru saja membaca itu di media massa hari ini, jadi saya belum bisa memberikan komentar. Maaf sekali lagi, saya baru saja membaca beritanya hari ini,” ujar Koito menanggapi pertanyaan media soal gugatan itu.

Lebih lanjut, Koito pun membantah bila Elgrand yang dijual di Indonesia tidak memakai ban serep. Menurutnya, produk yang dijual NMI pasti mengikuti regulasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Elgrand yang masuk secara CBU pun tetap menyediakan ban serep sebagai kelengkapan mobil sesuai regulasi.

Nissan Elgrand (Foto: Showroomnissan)

“Kami selalu mengikuti regulasi di Indonesia, itu pasti. Regulasi di Indonesia tentu saja mewajibkan ada ban cadangan. Memang tidak ada tempat ban serep dari Jepang, jadi kami pasang ban serep di tempat lain di mobil,” jelasnya.

Posisi Ban Serep di Nissan Elgrand

Koito menjelaskan bila Elgrand yang dijual secara global umumnya tidak menyediakan ban serep. Namun demikian, pabrikan beserta APM tetap mengikuti regulasi negara dimana MPV itu dipasarkan. Dengan demikian, Elgrand yang ada di Indonesia ia pastikan telah terdapat ban serep.

“Tentang ban serep, banyak negara sekarang menuju ke mobil tanpa ban serep. Di negara lain seperti di Jepang dan Eropa, mobilnya sudah tidak menggunakan ban cadangan,” tutur Koito.

“Ia pun lantas menjelaskan perihal dimana ban serep di Nissan Elgrand berada. Ban itu berada di belakang, tepatknya di balik dek kursi baris ketiga.

“Jadi, bangku baris ketiga di belakangnya masih ada tempat. Ketika kami kirim mobilnya (ke konsumen), maka ban cadangan kami letakkan di situ,” ungkapnya. (dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts