Home » Berita » Unik, Nissan Dandani Mobil Listrik Leaf Jadi Pohon Natal Berjalan

Unik, Nissan Dandani Mobil Listrik Leaf Jadi Pohon Natal Berjalan

Unik, Nissan Dandani Mobil Listrik Leaf Jadi Pohon Natal Berjalan
Nissan Leaf saat dibuah menjadi pohon Natal berjalan. (Foto: Autoindustriya)

Prancis – Kurang dari satu minggu lagi hari Natal tiba. Kebanyakan orang di seluruh dunia telah menyiapkan dekorasi Natal. Dalam menyambut hari Natal, Nissan menciptakan sesuatu yang unik. Di mana mobil listrik andalan mereka yaitu Leaf didandani layaknya sebuah pohon cemara yang indentik dengan perayaan Natal.

Dilaporkan Autoindustriya, Nissan mendandani kendaraan listrik Leaf dengan ribuan lampu LED di sekujur tubuhnya. Pabrikan mobil asal Jepang itu berhasil merubah Leaf menjadi pohon Natal bergerak. Namun yang lebih menarik, lampu-lampu Natal yang terang benderang itu bisa menyala bukan karena menggunakan arus listrik yang berasal dari rumah tanggal atau genset. Sebaliknya, arus listrik berasal dari sistem pengereman regeneratif Electric vehicle (EV). Mengingat banyaknya jumlah lampu Natal yang dinyalakan, sistem pengereman regeneratifnya pasti mendapatkan kembali banyak energi listrik pada saat mobil berjalan.

Menurut Nissan, mengendarai Leaf sejauh 18.000 km akan menghasilkan sekira 744 kWh energi bersih. Energi itu setara dengan 20% dari keseluruhan konsumsi listrik domestik rumah tangga. Energi 744 kWh yang dihasilkan juga cukup untuk menyalakan 266 pohon Natal dengan 700 lampu pijar selama satu jam penuh, 297 oven selama satu jam, 744 televisi selama lima jam, atau 10.783 rumah dengan 1.000 lampu LED selama lima jam.

“Kami ingin membuat Nissan Leaf lebih menyenangkan di tahun ini sambil membawa pulang pesan yang sangat penting. Kami berharap kendaraan buatan ini menginspirasi orang tentang manfaat energi regeneratif. Setelah hampir sepuluh tahun sejak Leaf pertama kali diperkenalkan di Eropa, Nissan terus fokus untuk menyediakan gaya hidup yang lebih berkelanjutan kepada konsumen melalui kendaraan listrik,” kata Helen Perry, kepala kendaraan listrik untuk Nissan Eropa.

Unik, Nissan Dandani Mobil Listrik Leaf Jadi Pohon Natal Berjalan
Nissan Leaf Jadi Pohon Natal Berjalan (Foto: Autoindustriya)

Tahun Depan Nissan Leaf Mendarat di Indonesia

Sekarang ini Nissan Leaf memang belum dipasarkan di Indonesia, tapi PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sudah siap membawa hatchback itu masuk ke Indonesia tahun depan.

Tidak cuma membawa Nissan Leaf, Sekiguchi mengungkapkan bahwa pihaknya juga tengah mempersiapkan mobil listrik lainnya yang sudah dibekali dengan teknologi e-Power seperti yang terpasang di Nissan Note. Teknologi e-Power merupakan teknologi unik yang menggabungkan motor listrik 100% dengan mesin bensin. Fungsi dari mesin bensin tersebut untuk yang mengisi daya baterai motor listrik. Sementara itu, roda mobil selalu ditenagai oleh motor listrik, pengemudi akan merasakan pengalaman mengemudi dengan akselerasi instan seperti kendaraan listrik pada umumnya tanpa perlu mengisi ulang daya dari luar.

Sejak diluncurkan pada 2010, Nissan Leaf adalah kendaraan listrik pertama yang dipasarkan secara massal dan menjadi mobil listrik terlaris di dunia.

Nissan Leaf generasi kedua telah dilengkapi dengan teknologi terdepan. Mobil “Daun” ini diklaim mampu memberikan pengalaman berkendara yang lebih percaya diri dan menyenangkan.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Presiden Jokowi Ingin Mobil Listrik dan Bus Tanpa Sopir di Ibu Kota Baru

Previous post
Cuma Tambah Warna Saja, Segini Harga Yamaha MX King 150
Komitmen Tingkatkan Pelayanan ke Konsumen, Mitsubishi Gelar Kontes Tenaga Diler
Next post
Komitmen Tingkatkan Pelayanan ke Konsumen, Mitsubishi Gelar Kontes Tenaga Diler