HomeMobilNissan Livina Jadi Mobil Terlaris pada Agustus 2020, Ini Fakta Uniknya

Nissan Livina Jadi Mobil Terlaris pada Agustus 2020, Ini Fakta Uniknya

Nissan pinjamkan Terra dan Livina bantu tim relawan (Foto: Nissan)

Jakarta – Livina berhasil mendongkrak penjualan Nissan pada Agustus 2020 kemarin. Bahkan bisa dibilang penjualannya melonjak tajam jika membandingkan angka penjualan pada bulan sebelumnya.

Dari angka yang dimiliki Gaikindo, Nissan Livina 2020 mampu terjual sebanyak 188 unit secara wholesales (dari pabrik ke diler) pada Juli 2020 lalu. Pada Agustus, penjualan Livina pun langsung meroket jauh.

Angka penjualan Livina baru ini mencapai 6.338 unit. Catatan penjualan yang impresif ini berhasil menyalip Toyota Kijang Innova dengan raihan 2.482 unit. Nissan Livina 2020 ini bisa dibilang menjadi salah satu mobil keluarga yang populer.

Bahkan Toyota Rush yang jadi salah satu mobil populer pun disalip oleh Livina. Hal ini merupakan salah satu kemajuan yang sangat signifikan. Sebab, jarang sekali Nissan Livina terjual cukup banyak.

Harga Nissan Livina 2020

Salah satu faktor yang membuat penjualan Nissan Livina pada Agustus 2020 ini meroket signifikan disinyalir karena hargaditawarkan oleh Nissan untuk Livina terbaru bisa dibilang cukup menggiurkan.

Untuk tipe terendah, harga Nissan Livina pada tahun 2020 ini punya banderol Rp208 jutaan, sedangkan tipe tertingginya berkisar Rp272 jutaan.

Nissan Livina 2020
Menguji kelincahan Nissan Livina

Mobil yang berbasis sama dengan Mitsubishi Xpander ini memang harga jual barunya beda tipis dengan sang kembaran.

Mitsubishi Xpander dijual dari Rp217 jutaan sampai Rp275 jutaan. Secara desain, memang lebih enak dipandang Livina dibanding Xpander.

Selain itu, Nissan Livina yang ada ini juga punya beberapa hal unik yang jarang diketahui.

Apa saja hal unik tersebut, ya?

Tampilan Lebih Elegan

Jika dibandingkan dengan Xpander, menurut kami wajah dari Livina ini terlihat lebih elegan dan enak dilihat. Desainnya lebih membulat, tetapi tetap menegaskan unsur modern.

Nissan Livina 2020
Menyiksa Livina menuju Pucok Krueng, Foto: (Yongki/Carmudi)

Bisa dilihat dari adanya LED DRL memanjang di bagian atas berwarna putih yang membuatnya terlihat mewah. Bentuk gril juga membuat wajah Livina generasi terbaru ini menjadi terlihat lebih maskulin.

Interior Hitam

Bagi penyuka warna beige, sebaiknya kalian memilih Mitsubishi Xpander, karena Nissan Livina baru ini punya interior dengan warna hitam yang sudah dilapis bahan kulit.

Sedangkan Xpander memakai warna beige dengan bahan fabric. Walaupun Xpander sebenarnya menyediakan juga interior warna hitam pada tipe Sport.

Pengaturan Setir

Hal unik lainnya pada Nissan Livina ini adalah pengaturan setirnya yang sudah tilt dan teleskopik. Bisa dibilang ini merupakan keunggulan dari Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander, karena LMPV lain belum menawarkan fitur ini.

Nissan Livina 2020
Setir bisa diatur tilt dan teleskopik. (Foto: Nissan)

LMPV lain yang ada di Indonesia mayoritas hanya memberikan pengaturan tilt saja, belum dilengkapi dengan teleskopik.

Under Luggage Storage Livina

Perbedaan lainnya adalah adanya fitur under luggage storage yang terletak di bagian belakang. Nissan memberikan ruang penyimpanan di bagian bawah dekat pintu belakang dengan beberapa ruangan.

Nissan Livina 2020
Penyimpanan di bagasi belakang dibuat tertutup. (Foto: Nissan)

Ruang penyimpanan ini bisa digunakan untuk menaruh berbagai hal penting dengan lebih aman.

Seat Back Pocket

Di belakang kursi penumpang depan, juga terdapat ruang penyimpanan lain dengan jumlah tiga ruang penyimpanan, dua di bagian atas berukuran kecil dan sedang, serta satu di bagian bawah berukuran besar.

Nissan Livina 2020
Penyimpanan di kursi depan dibuat lebih banyak. (Foto: Nissan)

Ruang penyimpanan ini memudahkan pengemudi untuk mengakses barang di kursi belakang penumpang depan. Tangan hanya perlu menggapai area tersebut dengan ukuran ruang penyimpanan yang disediakan.

Under Seat Organizer

Selain di bagian belakang, tempat penyimpanan rahasia lain ada di bawah jok penumpang depan. Nissan menyediakan semacam tray atau wadah yang bisa dipakai untuk menaruh barang.

Nissan
Ruang penyimpanan berupa wadah di bawah jok depan. (Foto: Nissan)

Ukuran barang yang dapat ditaruh bisa dibilang juga cukup besar. Bahkan bisa digunakan untuk menaruh sepatu, laptop dan barang-barang berukuran besar lainnya.

Lebih Lega dari Avanza

Salah satu hal yang lumayan menjadi perhatian para pembeli adalah dimensinya.

Panjang Nissan Livina 2020 ini lebih panjang sedikit dibanding Toyota Avanza yang disebut-sebut jadi Raja LMPV di Indonesia.

Dimensi Livina memiliki ukuran 4.510 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.700 mm. Sedangkan Toyota Avanza punya panjang 4.200 mm, 1.660 mm dan tinggi 1.695 mm.

Ini artinya, kabin Livina terbaru menjadi jauh lebih lega dan luas dibanding Avanza.

Soal kenyamanan kabin ini juga yang jadi fokus Nissan untuk melawan LMPV yang ada di Indonesia.

Bagaimana, mobil ini lumayan lega, kan?

Bisa Ganti Suara Sein

Hal unik terakhir dari mobil ini adalah suara seinnya yang bisa diganti-ganti. Si pemilik mobil bisa pilih bunyi sein yang disuka lewat pengaturan MENU dan tekan INFO.

Kalau kalian mau lihat bagaimana cara mengubahnya, bisa lihat di artikel berikut atau di video di bawah ini, nih.

Kira-kira, dari semua hal unik Nissan Livina lansiran tahun 2020, mana yang menurut kamu paling unik di antara semuanya?

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Sadis! Pakai Warna Baru, Tenaga Toyota Supra Baru Naik Jauh

Previous post
Pilah Pilih Mobil Murah untuk Usaha, Enaknya Seperti Apa?
Kia Sonet
Next post
Menggiurkan! Harga Kia Sonet Termurah Rp135 Juta