Home » Berita » Nissan ‘Numpang’ Produksi Terra dan Navara di Pabrik Mitsubishi

Nissan ‘Numpang’ Produksi Terra dan Navara di Pabrik Mitsubishi

navara
Nissan Navara (Foto: Nissan)

ManilaNissan memutuskan menutup beberapa pabrik pembuatan mobil untuk mengurangi biaya operasional. Sekarang pihaknya tidak berencana membangun apalagi membuka pabrik baru. Sebagai langkah strategis dalam menghadapi tantangan bisnis ke depannya, Nissan akan memanfaatkan aliansi dengan Mitsubishi. Salah satu pabrikan mobil terbesar di Jepang itu meminta supaya Mitsubishi memperbolehkan produksi Terra dan Navara di pabrik Mitsubishi Motors Philippines Corporation (MMPC) di Santa Rosa, Laguna.

Chief Operating Officer (COO) Nissan, Ashwani Gupta mengatakan kendaraan Nissan yang menggunakan ladder frame seperti Terra dan Navara sangat diminati di pasar ASEAN. Bahkan Filipina merupakan negara kedua terbesar.

“Kami menikmati pangsa pasar yang cemerlang di kendaraan berbasis ladder frame. Kami sedang belajar dengan Mitsubishi untuk memanfaatkan pabrik di Filipina untuk kendaraan berbasis ladder frame kami,” ungkap Ashwani seperti dikutip dari Autoindustriya, Selasa (2/6/2020).

Apabila permintaan COO Nissan dikabulkan, maka Navara dan Terra akan diproduksi bersama dengan Mitsubishi L300, Mirage, dan Mirage G4 sebagai model buatan lokal di jalur perakitan MMPC.

Menurut Autoindustriya rencana Nissan untuk memproduksi Terra dan Navara di pabrik Mitsubishi sangat logis. Dengan begitu pendistribusian mobil ke Filipina dan negara lain lebih dekat apalagi ke Indonesia.

Seperti diketahui, Nissan telah menunjuk Thailand sebagai satu-satunya pusat ekspor di wilayah ASEAN. Oleh karenanya Nissan menutup pabrik mereka di Indonesia karena ingin fokus ke pasar utama seperti Amerika Utara, Cina, dan Jepang. Itu berarti kapasitas produksi kendaraan di pabrik Nissan Thailand akan bertambah, belum lagi pabrik harus mengekspor mobil ke lebih banyak pasar.

Nissan Terra akan diproduksi di pabrik Mitsubishi Filipina. (Foto: Nissan)
Nissan Terra akan diproduksi di pabrik Mitsubishi Filipina. (Foto: Nissan)

“Ketika kami berbicara tentang prioritas dan fokus, ASEAN adalah pasar yang hebat bagi kami. Ketika kami melihat kemampuan dan kapasitas kami untuk memenuhi permintaan di wilayah ini, kami yakin kami membutuhkan mitra di wilayah ini. Kami ingin memperkuat kemitraan kami dengan Mitsubishi,” terang Gupta.

Waktu Masih Tanda Tanya

Rencana yang dibuat oleh Nissan tersebut belum diketahui kapan akan terealisasi. Termasuk, apakah nantinya produksi Terra dan Navara dimulai dari model generasi terbaru atau tidak. Gupta hanya menyampaikan bahwa pihaknya mendorong kesamaan yang lebih baik antara platform model mereka dengan Mitsubishi.

“Kami bekerja sangat erat dengan Mitsubishi untuk penggunaan platform Triton dan Navara generasi berikutnya,” tutup Gupta.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Pabrik Mobil Kembali Beroperasi, Suzuki Dahulukan Keperluan Ekspor

Lokasi sim keliling di Jakarta
Previous post
Sempat Ditangguhkan, Pelayanan SIM, STNK, dan BPKB Resmi Dibuka
Pihak kepolisian mengadakan checkpoint pemeriksaan PSBB di Depok, Jawa Barat, photo: infodepok
Next post
Catat, Pengawasan Pengendalian Transportasi Diperpanjang