Home » Berita » Nissan Tak Pasang Cruise Control di All New Livina Karena Jarang Dipakai Konsumen

Nissan Tak Pasang Cruise Control di All New Livina Karena Jarang Dipakai Konsumen

Kabin All New Nissan Livina (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – All New Nissan Livina dibangun menggunakan platform Mitsubishi Xpander. Hal ini dilakukan Nissan untuk memanfaatkan aliansi dengan Mitsubishi yang baru saja terjalin.

Meski menggunakan platform Xpander, tapi Nissan Motor Indonesia (NMI) coba memberikan sedikit sentuhan pada All New Livina. Agar punya ciri khas tersendiri. Salah satu fitur yang ditiadakan di All New Nissan Livina adalah cruise control.

Fitur cruise control sudah ada Xpander, tapi hanya terdapat di varian tertinggi yaitu Ultimate. Sedangkan varian tertinggi di All New Nissan tidak ada.

Sebenarnya Nissan punya teknologi cruise control, tapi sampai saat ini pihaknya belum terpikir bahkan berencana menambahkannya di All New Livina.

“Enggak sih enggak direncanakan untuk enggak dipasang. Kami punya teknologi cruise control. Serena sudah ada cruise control, tapi memang untuk ini (All New Livina) kami enggak ada rencana untuk di pasang,” ujar Sugihendi selaku Trainer Nissan College NMI, di sela peluncuran All New Livina, di Jakarta belum lama ini.

Ada sejumlah pertimbangan yang membuat perusahaan belum memasangkan fitur cruise control di All New Livina varian tertinggi. Di antaranya karena jalan raya khususnya di perkotaan cenderung padat dan macet, sehingga akan sangat jarang pemilik kendaraan menggunakan fitur tersebut.

Selain itu soal harga, jika All New Livina memiliki fitur cruise control maka bukan tidak mungkin banderolnya semakin mahal.

“Pemakaian cruise control pasti kurang dari 30 persen, karena traffic. Fitur itu digunakan untuk di jalan bebas hambatan (Highway) saja. Kemudian, model Nissan yang pakai cruise control mulai dari Serena atau segemn segmen medium dan atas,” terang.

Perbandingan Harga All New Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander Varian Tinggi

Walaupun wajah dan fitur mirip, tapi All New Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander punya harga jual yang berbeda. All New Livina dipasarkan dalam lima varian. Untuk varian terendah yaitu E MT dibanderol Rp198.8 juta.

Sedangkan varian tertinggi VL AT dijual Rp261.9 juta. Sementara itu Mitsubishi Xpander punya delapan pilihan varian. Paling murah varian GLX dibanderol Rp206,1 juta dan Rp260.9 juta untuk varian tertinggi, Ultimate.

All New Nissan Livina menggunakan mesin dengan kode 4A91 begitu juga dengan Mitsubishi Xpander. Mesin ini tergolong baru dan merupakan hasil pengembangan dari mesin berkode 4A9.

Kapasitas mesin 1.499 cc dengan kemampuan mengeluarkan tenaga maksimal 102 hp pada 6.000 rpm serta torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm. Mesin ini dihubungkan ke transmisi manual lima percepatan atau otomatis empat percepatan.(dol)

toko kaca film
Previous post
Kaca Film Bening Dengan Harga Terjangkau, Ini Daftarnya
Yamaha TMax DX
Next post
Yamaha TMAX-DX di Indonesia Bermasalah, Pemilik Harus Segera ke Bengkel Resmi