Home » Reviews » Review Nissan X-Trail, SUV Nyaman Andalan Keluarga Perkotaan

Review Nissan X-Trail, SUV Nyaman Andalan Keluarga Perkotaan

Nissan X-Trail
Nissan X-Trail hybrid yang lesu penjualannya di Indonesia. Foto/Autoblog.

Jakarta – Salah satu SUV yang menawarkan kenyamanan di Indonesia salah satunya adalah Nissan X-Trail. Mobil yang dibuat di Purwakarta, Jawa Barat ini menjadi salah satu model tulang punggung yang dijual oleh Nissan Motor Indonesia (NMI). Sekilas membahas Nissan X-Trail, mobil ini pertama kali meluncur pada tahun 2001.

Kala itu, Nissan X-Trail hadir sebagai competitor dari SUV lainnya seperti Suzuki Vitara, Ford Escape, Mazda Tribute, Hyundai Tucson, Honda CR-V dan Toyota Rav4 di Jepang. Jika di Eropa, mobil ini diposisikan di bawah Nissan Pathfinder dan Xterra. Nissan X-Trail yang beredar di Jepang dilengkapi dengan penggerak All Wheel Drive (AWD), sedangkan untuk pasar Indonesia hanya hadir dengan penggerak roda depan saja.

Mungkin hampir para pecinta mobil di Indonesia paham mengapa mobil berjenis SUV menjadi salah satu mobil pilihan yang ada di Tanah Air. SUV menawarkan ketangguhan dan kemampuannya yang handal saat diajak berkendara di berbagai medan. Mau jalanan rusak ataupun jalanan mulus, SUV tetap enak dikendarai. Mobil ini tergolong nyaman, apalagi hanya untuk sekadar dikendarai di dalam kota saja.

Perjalanan Nissan X-Trail di Indonesia

Sejak 2001 hingga sekarang, Nissan baru dua kali memberikan penyegaran pada Nissan X-Trail ini. Artinya, baru ada 3 generasi saja sejak awal meluncur hingga tahun 2018 ini. Populasi Nissan X-Trail di Indonesia ini juga tergolong cukup banyak. NMI sendiri pun sampai saat ini masih menjual X-Trail secara resmi. Carmudi Indonesia kali ini akan membahas secara detil mengenai spesifikasi, harga, dan review pandangan mata dari mobil 5 penumpang yang satu ini.

X-Trail Experience
Konvoi rombongan komunitas untuk mengikuti acara X-Trail Experience

Di Indonesia, X-Trail generasi pertama hadir dengan 2 macam mesin bensin 4 segaris yaitu 2.000 cc, 4 silinder berkode QR20DE bertenaga 140 PS @ 6000 rpm dengan torsi 19,6 kgm @ 4000 rpm. Sedangkan untuk mesin 2.500 cc, 4 silinder berkode QR25DE mampu mengeluarkan tenaga 180 PS @ 6000 rpm dengan torsi 25 kgm @ 4000 rpm. Mesin 2.000 cc ini hanya tersedia dengan transmisi manual 5 percepatan, sedangkan mesin 2.500 cc hanya tersedia dengan transmisi otomatis 4 percepatan dengan penggerak 4×2.

Di Indonesia, saat ini NMI menawarkan X-Trail dengan 3 macam varian yang dapat dipilih. Mulai dari Nissan X-Trail standard, X-Trail X-Tremer, dan X-Trail Hybrid. Ketiga mobil ini dijual dengan harga yang berbeda pula. Secara garis besar, ketiganya memiliki desain dan dimensi yang sama, hanya saja ada perbedaan sedikit di bagian eksterior, interior dan juga fitur yang diusungnya.

Spesifikasi Nissan X-Trail
Tipe2.0 M/T2.0 CVT2.5 CVT
Mesin
Tipe MesinMR20DD 2.0 Litre DOHC 16 Valve, Dual Continous Valve Timing Control System (Dual CVTCS)QR25DE 2.5 DOHC 16 valve, Dual Continous Valve Timing Control System (Dual CVTCS)
Kapasitas Silinder1997 cc2488 cc
Suplay Bahan BakarDirect InjectionMulti Point Injection
Diameter x Langkah84 x 90.1 mm89 x 100 mm
Daya Maksimum144 PS/6000 rpm171 PS/6000 rpm
Torsi Maksimum20.4 Kg.m/4.400 rpm23.8 Kg.m/4.400 rpm
TransmisiManual 6-speedXTRONIC CVT with Manual Mode
Suistem KemudiFront wheel drive

Fitur Andalan SUV Perkotaan

Kami tidak akan membahas secara detail, melainkan kami hanya memberikan gambaran saja lewat fitur terlengkap yang ada pada Nissan X-Trail. Mobil ini memiliki desain yang cukup sporty dan juga agresif dari sisi desain hal itu dapat dilihat dari berbagai lekukan yang menempel pada bagian bodinya.

Penjualan Maret
Backbone Nissan Indonesia, X-Trail. Foto/Google

Desain dari wajah depan Nissan X-Trail ini benar-benar menegaskan sebuah SUV yang kokoh dan tangguh. Bentuk grilnya terpisah dua lewat aksen V dengan logo Nissan di bagian tengah. Bumper depan juga sudah dilengkapi dengan lampu kabut yang mampu memberikan penerangan di saat malam hari. Kap mesin dari mobil ini juga memiliki lekuk yang dapat memberi kesan kuat dan tangguh. Beralih ke lampu, Nissan sudah membekali mobil ini dengan LED signature lamp. Desain lampu depan yang futurustik dan sangat berkarakter, mengadopsi identitas generasi baru Nissan.

Melihat sisi samping, mobil ini terlihat cukup mewah dan elegan. SUV ini memiliki ukuran dimensi dengan panjang 4.640 mm, lebar 1.820 mm, dan tinggi 1.720 mm serta memiliki jarak sumbu roda 2.705 mm sehingga membuat bobot mobil ini mencapai 1.501 Kg. Secara kasat mata, mobil ini memang seakan terlihat cukup besar, nyatanya memang besar dan lebar kok. Hehehe. X-Trail ini juga memiliki lekuk bodi di sisi samping. Bagian pila B dan C bagusnya memiliki warna hitam.

Dimensi
P X L X T4640 x 1820 x 1720 mm
Jarak Sumbu roda2705 mm
Jarak Terendah210 mm
Berat1501 Kg1538 Kg1562 Kg
Min. Turning radius5.6 m
Ukuran Ban225 / 65 R17225 / 60 R18
Kapasitas tangki60 Liter

Desain Macho ala Nissan X-Trail

Over fender dan bagian side skirt dilabur dengan warna hitam doff membuat mobil ini berkesan tangguh. Sayangnya, X-Trail di Indonesia hanya hadir dengan penggerak roda depan saja. Velg yang menempel pada Nissan X-Trail ini memakai ukuran 18 inci dengan sentuhan gaya yang modern. Berlanjut ke bagian belakang, mobil ini punya desain buritan yang menurut kami cukup bagus untuk ukuran SUV.

Bagian belakang mobil ini sudah dilengkapi dengan wiper yang dapat membantu visibilitas saat hujan. Agar sinyal radio tetap stabil, terdapat sebuah antenna yang terletak di bagian belakang atas dari mobil ini. Ada juga aksen silver di bagian tengah pintu belakang yang menambah kesan mewah. Setelah membahas bagian eksterior, yuk bahas bagian interiornya secara lengkap dan detail. Interior dari Nissan X-Trail ini bisa dibilang lumayan bagus.

Kabin Elegan Nissan X-Trail, SUV Rasa Sedan

Ruang kabin Nissan X-trail dengan pengaturan tata letak yang ciamik demi kenyamanan penumpang

Interior Nissan X-Trail berbalut bahan kulit berwarna hitam. Mulai dari bagian dashboard, jok baris kedua hingga baris ketiga. Setirnya pun juga sudah dilapis kulit. Jok bagian depan sudah dilengkapi dengan pengaturan elektronik di sisi kiri dan kanan. Kesan pertama duduk di kabin adalah mewah dan elegan. Desain dashboard dari X-Trail ini juga terlihat cukup menawan dengan head unit yang sudah layar sentuh.

Fitur
Keamanan• Variable Intermittent Windshield Wiper with Mist and Drip Wipe Function
• Intermittent Rear Window Wiper with Reverse Interlock Function
• Active Ride Control
Kenyamanan• Tilt and Telescopic Steering
• Steering Switch Audio Control
• Fabric Seat
• Integrated 2DIN AM/FM CD Player (MP3 Compatible)

 

Pada bagian instrument cluster, terdapat layar kecil yang berisikan informasi mengenai display dari MID. MID ini dapat diatur melalui tombol yang berada di bagian setir. Berlanjut ke posisi duduk. Posisi duduk yang ditawarkan oleh Nissan X-Trail ini kami rasa cukup mumpuni. Jok kulit ini seakan memeluk badan dengan baik. Ruang kepala dan ruang kaki yang diberikan oleh mobil ini sangat lega untuk bagian depan.

Di bagian tengah, ruang kaki dan ruang kepala juga sangat leluasa. Sayangnya, keleluasaan di kedua baris ini tidak diimbangi pada baris ketiga. Kami menilai jika baris ketiga hanya cocok diisi oleh anak-anak di bawah umur 7 tahun saja. Karena ruang kaki dan kepala yang ada sangatlah sempit. Soal fitur yang dimiliki, mobil ini punya fitur yang lumayan lengkap.

Fitur Keselamatan Mumpuni

Untuk menunjang keselamatan atau keamanan pengemudi dan penumpang depan, maka Nissan pun membekali SUV garapannya ini dengan Dual SRS Airbag yang akan melindungi pengemudi dan penumpang depan dari hantaman keras ketika terjadi kecelakaan. Di sisi lain, Nissan X Trail ini pun juga sudah dilengkapi dengan 4 titik sensor parker yang disematkan pada sektor belakang dari mobil ini. Sehingga, pengemudi pun akan lebih mudah dan aman ketika memarkir mobil di tempat yang tak terlalu luas atau sempit.

Fitur keamanan Nissan X-rail makin mumpuni untuk meningkatkan keselamatan berkendara

Kemudian, spesifikasi Nissan X-Trail ini pun juga sudah dilengkapi dengan Seat Belt pada bagian depan maupun belakang kursi yang akan membuat para penumpangnya merasa nyaman ketika meleati jalanan yangberkelok-kelok. Tak hanya itu saja, penumpang pun akan merasa betah dalam mobil mengingat pada spesifikasi Nissan X Trail ini juga sudah dibenamkan beberapa fitur canggih, seperti audio sistem dan juga AC.

  • Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA)
  •  Vehicle Dynamic Control
  •  Hill Start Assist
  • Active Trace Control
  • Seat Belt – ELR 3 Point (x2) with Pretensioner & Load Limiter
  • ISOFIX Child Seat Anchor (for rar seat)
  • Dual SRS Airbag
  • Immobilizer + Vehicle Security System
  • Rear Parking Sensor (4 points)

Kaki-kaki Nissan X-Trail Tangguh Tapi Nyaman

Demi menunjang stabilitas dalam berkendara, Nissan X-Trail ini dilengkapi dengan suspensi kokoh di bagian depan dengan mengandalkan tipe Independent MacPherson Strut with Stabilizer Bar. Sedangkan untuk sisi belakang, disematkan suspensi Independent Multi-link with Stabilizer Bar. Kedua suspensi ini diklaim mampu meredam dan menahan getaran atau goncangan ketika melewati jalanan terjal, bergelombang, atau pun berlubang. Sehingga, pengemudi maupun penumpangnya akan merasa nyaman.

Suspensi
Suspensi depanIndependent MacPherson Strut with Stabilizer Bar
Suspensi BelakangIndependent Multi Link with Stabilizer Bar
Rem DepanVentilated Disc
Rem BelakangDisc

 

Nissan X-Trail ini juga dilengkapi dengan teknologi canggih pada pintu belakang bernama Hands Free (Touchless) Back Door System yang menjadi sebuah keunggulan utama dari Nissan X Trail ini di mana teknologi ini memungkinan pintu secara otomatis akan terbuka hanya dengan menyentuh panel di dashboard.

Harga Nissan X-Trail

Untuk harganya sendiri, NMI membanderol mobil ini di harga yang berbeda-beda setiap variannya. Untuk tipe standard dibanderol Rp 418,6 juta, tipe X-Tremer dibanderol Rp 491 juta, dan X-Trail Hybrid seharga Rp 664,7 juta.

Previous post
Suzuki Mega Carry, Pick-Up Bongsor Serba Guna dengan Muatan Banyak
porsche 911 turbo
Next post
Dibalik Tampang Kalem Mobil Keluarga VW Ini Ada Mesin Porsche 911 Turbo