Berita

NJKB Toyota GR Yaris Hampir Tembus Setengah Miliar Rupiah

NJKB Toyota GR Yaris

NJKB Toyota GR Yaris terdaftar di Kemendagri (Foto: Toyota)

Jakarta – Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dari Toyota GR Yaris sudah terdaftar di Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2021. Itu menandakan, ada kemungkinan Toyota GR Yaris meluncur di Indonesia tahun ini.

Data dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menunjukkan hanya ada satu varian Toyota GR Yaris yang didaftarkan dengan kode GXPA16R-AGFGZW. Tercantum pula kapasitas mesin yaitu 1.6 liter dan transmisi manual.

Sementara NJKB Toyota GR Yaris yang tercantum dalam data tersebut menunjukkan angka hampir setengah miliar rupiah atau tepatnya Rp453 juta.

Kemungkinan besar harga Toyota GR Yaris yang akan ditawarkan ke konsumen bisa mendekati Rp1 miliar atau bahkan lebih. Hal tersebut jika NJKB sudah ditambah tarif pajak lain seperti Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) hingga Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Baca Juga:

Pada September tahun lalu, sejumlah awak media pernah menanyakan soal peluang kehadiran Toyota GR Yaris di Indonesia kepada Anton Jimmy Suwandi, selaku Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM).

“Kalau ditanya produk baru, saya tidak bisa banyak berkomentar. Tapi produk baru selalu kami bicarakan dengan prinsipal, jadi saya tidak bisa mengatakan sebelum diputuskan atau akan diluncurkan, termasuk GR Yaris,” katanya.

NJKB Toyota GR Yaris

NJKB Toyota GR Yaris hampir setengah miliar rupiah (Foto: Toyota)

Anton juga membeberkan bahwa sudah banyak konsumen Toyota yang bertanya terkait mobil hatchback itu.

“Memang sudah ada pertanyaan dan request dari diler untuk GR Yaris,” tutur Anton.

Di Thailand Harga Toyota GR Yaris Rp1,2 Miliar

Toyota Motor Thailand (TMT) memperkenalkan GR Yaris pada awal Desember 2020 bersamaan dengan penyelenggaraan pameran otomotif Thailand International Motor Expo.

Berdasarkan keterangan resmi yang dirilis oleh TMT, Toyota GR Yaris akan dipasarkan dengan harga tidak lebih dari 2,7 juta baht atau sekira Rp1,2 miliar.

Mobil jenis hatchback ini dikembangkan berdasarkan pengalaman tim motorsport yang sudah sangat lama berkecimpung di dunia balap yakni Gazoo Racing.

GR Yaris sudah disesuaikan sedemikian rupa supaya dapat dikemudikan di jalanan umum. Serta bisa digunakan sebagai kendaraan harian, tanpa mengurangi nuansa sporty.

Baca Juga:

Toyota GR Yaris (Foto: Paultan)

Digerakkan oleh mesin G16E-GTS 3 silinder segaris, 1.6 liter turbocharged DOHC 12-katup, GR Yaris mampu mengeluarkan tenaga 261 hp dan torsi puncak 360 Nm.

Tenaga tersebut didukung dengan Intelligent Manual Transmission 6 percepatan sehingga dapat mencapai kecepatan hingga 230 km/jam. Semua tenaga dari mesin disalurkan ke empat roda.

Beda dari Yaris model biasa, Toyota GR Yaris hanya memiliki tiga pintu dengan ukuran tubuh sedikit lebih ‘gendut’ .

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/