Sepeda motor

NT1100, Motor Baru Honda yang Siap Meluncur Sebentar Lagi

Eropa – Beberapa waktu lalu Honda Eropa merilis video teaser dengan judul ‘New Touring Era’. Dalam video tersebut menampilkan sebuah motor yang diduga kuat Honda NT1100.

Honda juga turut menyertakan tanggal peluncurannya, yaitu 21 Oktober 2021 mendatang.

Diperkirakan motor tersebut menggunakan basis dari Africa Twin. Sebelumnya pihak Honda Eropa telah mengajukan permohonan kepada kantor paten Eropa guna mendaftarkan nama NT1100.

Nantinya akan ada 2 tipe yang diluncurkan, yakni Honda NT1100A dan Honda NT1100D. Keduanya menggunakan mesin yang sama dengan Africa Twin.

Kabarnya NT1100 ini akan mengisi segmen dari VFR800 dan Crossrunner yang sudah tidak dijual lagi di Eropa.

honda nt1100

Honda NT1100 dibekali dengan mesin berkapasitas 1.084 cc, V2 bertenaga 101 hp pada 7.500 rpm dengan torsi puncak 104 Nm pada 6.250 rpm. Transmisinya menggunakan dual clutch semi otomatis milik Honda yang diklaim sangat nikmat untuk digunakan berkendara jarak jauh.

Mesin besar tersebut akan ditanamkan pada rangka tralis menggantikan rangka semi double cradle yang digunakan pada Africa Twin.

Jika dilihat sekilas, NT1100 mirip dengan BMW S1100 XR yang ada di segmen sport touring.

Terdapat beberapa perbedaan antara Africa Twin dengan NT1100, antara lain travel suspensi dan ground clearance yang lebih rendah.

Jarak sumbu roda NT1100 juga dibuat lebih pendek guna kepentingan touring yang mayoritas di jalan aspal.

Secara tampilan, motor ini punya desain yang cukup oke. Jika Africa Twing memiliki fairing depan yang besar, maka NT1100 tidak dibekali dengan fairing yang membuatnya terlihat lebih ‘langsing’.

honda nt1100

Di bagian belakang Honda memberikan aksesoris tambahan berupa side box dengan logo Honda di samping.

Di bagian depan terdapat windshield yang bisa diatur secara elektronik pengaturan naik dan turunnya.

Konsumen juga bisa memilih Honda NT1100 dengan livery yang serupa dengan Africa Twin lewat warna kombinasi merah hitam dan kombinasi biru dengan putih. Sedangkan warna lainnya ada ice blue yang terlihat lebih elegan.

Kira-kira bakal masuk Indonesia enggak ya motor dengan tampilan keren yang satu ini? Kalaupun dijual di Indonesia, harganya bisa lebih mahal dari mobil.

Baca Juga:

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Santo Sirait

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts