Home » Sample Blog » Oli Shell Jadi Genuine di Kawasaki, Kok Harganya Jadi Murah?

Oli Shell Jadi Genuine di Kawasaki, Kok Harganya Jadi Murah?

Oli Shell versi rebranding KGO

Jakarta – Kawasaki di awal pekan ini tidak hanya memperkenalkan motor baru. Kubu geng hijau juga merilis Kawasaki Genuine Oil atau oli genuine untuk motor-motor produksi mereka bekerja sama dengan Shell Indonesia. Bisa dibilang, Kawasaki melakukan rebranding dari oli Shell.

Sebelumnya, Kawasaki bekerja sama dengan Total Oil Indonesia dengan memakai oli Elf yang didatangkan secara impor langsung dari Jepang khusus untuk motor-motor premium Kawasaki. Selain itu, oli OEM Kawasaki ada yang dibuat oleh Idemitsu untuk motor-motor 250 cc ke bawah.

Dalam presentasinya, Morrit W selaku Line Head Sparepart PT Kawasaki Motor Indonesia menyebut bila Kawasaki memakai oli dengan spesifikasi SAE 10W-40 API SN, JASO MA untuk motor gede atau bermesin 250 cc ke atas. Oli full synthetic dengan Progressive Clean Technology, diklaim membantu mencegah penggumpalan partikel kotoran.

“Pelumas dengan tehnologi yang membentuk endapan di mesin. Daya pelumasan lebih kuat terhfull synthetic dan Progressive Clean Technology, membantu mencegah penggumpalan partikel kotoran adap gesekan. Oli ini lebih tahan panas dan membuat suara mesin lebih halus,” jelasnya beberapa waktu lalu.

Menurutnya, pelumas KGO bisa membersihkan kotoran dengan mencegah partikel kotoran menempel satu sama lain. Oli yang dipasok oleh Shell ini disebut membuat mesin lebih bertenaga, mengurangi getaran dan memperpanjang usia mesin.

Untuk harganya, KGO dengan spesifikasi full synthetic SAE 10W-40 API SN, JASO MA dijual dengan HET Rp 75 ribu. Ada juga versi non sintetik dengan spesifikasi SAE 10W-40 API SL, JASO MA untuk motor 250 cc ke bawah yang harganya Rp 45 ribu.

Oli Shell Versi Kawasaki Harganya Lebih Murah?

Harga Oli Shell di Marketplace Bukalapak

Dari penelusuran Carmudi, Shell Indonesia memiliki lini produk Shell Advance untuk pelumas sepeda motor secara umum. Spesifikasi antara KGO dan Shell Advance pun sama, untuk yang full sintetik tapi sedikit beda untuk semi sintetik.

Uniknya, ada perbedaan harga antara KGO dengan Shell Advance di pasaran. Bahkan selisihnya cukup jauh, contohnya yaitu Shell Advance Ultra dengan KGO full sintetik dengan spesifikasi SAE 10W-40 API SN, JASO MA. Oli Shell di marketplace seperti Bukalapak atau Tokopedia dijual paing murah Rp 90 ribu, sementara KGO harga eceran tertinggi dijual Rp 75 ribu dengan ukuran satu liter.

Namun pada produk lain, Kawasaki meminta spesifikasi khusus KGO dengan spesifikasi SAE 10W-40 API SL, JASO MA semi sintetik. Harga dan spesifikasi oli ini dipasaran setara dengan Shell Advance AX7, tapi untuk Shell Advance AX7 memakai bahan baku synthetic based sedangkan KGO dibuat dari semi sintetik atau campuran antara oli mineral dan sintetik.

Dengan begini, pemilik motor sport yang terbiasa memakai oli sintetik Shell bisa memilih KGO sebagai alternatif. Selain harganya lebih murah, oli genuine biasanya jarang dipalsukan karena konsumennya yang lebih spesifik pada brand tertentu.

Previous post
Komentar Komunitas Toyota Perubahan Avanza dan Veloz Harus Lebih Besar Lagi
Next post
Toyota Agya Club Ulang Tahun Ke-5, Harapkan Kian Solid