Home » Berita » Siap-Siap, Akhir Bulan Operasi Patuh Jaya 2019 Kembali Digelar

Siap-Siap, Akhir Bulan Operasi Patuh Jaya 2019 Kembali Digelar

operasi patuh jaya 2019

Jakarta – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali menggelar Operasi Patuh Jaya 2019. Rencananya, operasi tersebut akan digelar selama 14 hari dari tanggal 29 Agustus 2019 sampai 11 September 2019. Sejumlah titik daerah di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya akan menjadi target operasi.

Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP M Nasir, mengatakan Operasi Patuh Jaya dilakukan untuk menciptakan lalu lintas yang aman, tertib, dan lancar. Khususnya di daerah yang rawan kecelakaan, banyak pelanggaran, dan kemacetan.

“Operasi tersebut juga dilakukan untuk meningkatkan kepatuhan dan ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas,” tambah Nasir.
Pelanggaran Operasi Patuh Jaya 2019

Menurut Nasir, ada berbagai jenis pelanggaran yang sering terjadi di Jakarta. Sebut saja, melawan arah jalan, menggunakan ponsel saat mengemudi, berkendara di bawah pengaruh alkohol. Serta tidak menggunakan sabuk keselamatan dan melebihi batas kecepatan saat mengemudi.

Ada juga pelanggaran yang sering dilakukan oleh pengemudi motor. Seperti tidak menggunakan helm SNI, berkendara di bawah umur, tidak memiliki SIM, motor berboncengan lebih dari dua orang, dan pelanggaran lainnya.

Target Operasi Patuh Jaya 2019 adalah kendaraan roda dua dan empat. Tepatnya yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan standar, tidak dilengkapi STNK. Tidak ketinggalan kendaraan bermotor yang memasang rotator atau sirine bukan peruntukannya.

Pelanggaran Operasi Patuh Jaya 2019

Nasir mengatakan ada tiga jenis pelanggaran yang menjadi prioritas petugas dalam Operasi Patuh Jaya tahun ini. “Petugas operasi tersebut memprioritaskan pengemudi yang melawan arus, berkendara di bawah umur dan kendaraan bermotor yang memasang rotator dan sirine,” jelas Nasir.

Selain itu, berbagai pelanggaran lainnya seperti kendaraan bermotor yang tidak memenuhi persyaratan layak jalan, hingga tidak dilengkapi surat-surat keabsahan kendaraan juga menjadi perhatian utama. Jadi, pengendara yang belum memperpanjang pajak STNK ikut ditindak oleh polisi.

Pada Operasi Patuh Jaya nanti, Dirlantas Polda Metro Jaya akan dibantu oleh Polisi Militer, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP.
“Kegiatan operasi akan dilaksanakan Kamis (29/8/2019) sampai 11 September 2019. Ditlantas Polda Metro Jaya akan melibatkan 2.380 personel dan kami juga dibantu oleh TNI (Polisi Militer), Dinas Perhubungan (Dishub), dan Satpol PP,” kata Nasir.

Nasir menambahkan Operasi Patuh Jaya 2019 akan mengedepankan cara bertindak yang preemtif dan preventif. Beliau juga mengimbau bagi setiap pengendara baik pengendara kendaraan roda dan empat agar tertib mematuhi rambu-rambu lalu lintas, serta selalu mengedepankan keselamatan.

Penulis: Nadya Andari

Editor: Tutus Subronto

 

Baca Juga:

Begini Cara Supaya Tidak Jadi Incaran Polisi Saat Razia

Previous post
Kemenhub Janji Beri Kemudahan Uji Tipe Kendaraan Listrik
Next post
Ini Daftar Pelanggaran yang Jadi Incaran Polisi Selama Operasi Patuh Jaya