BeritaSepeda motorSumber informasi

Operasi Zebra 2018, Polisi Lalu Lintas Tertibkan Ojek Online yang Membandel

Penertiban Ojol Saat Operasi Zebra 2018 (Foto: NTMC Polri)

Jakarta – Kepolisian Republik Indonesia saat ini sedang menggelar Operasi Zebra 2018. Razia ini berlangsung sejak 30 Oktober lalu dan berakhir pada 12 November mendatang. Operasi ini bertujuan untuk menertibkan seluruh pengguna jalan baik roda dua dan roda empat.

Salah satu hal yang kini dijalankan dalam Opersi Zebra 2018 adalah menertibkan ojek online di pinggir jalan. Sudah jamak diketahui bila cukup banyak ojek online yang mangkal atau menuggu di pinggir jalan. Ini menjadi penyebab macet atau bahkan mengganggu pejakan kaki karena parkir motor di trotoar.

Dikutip dari laman NTMC Polri, Unit Dikyasa Sat Lantas Jakarta Utara, turun ke jalan melakukan operasi Zebra Jaya 2018 dengan cara persuasif. Pengendara ojek online dihimbau supaya jangan melanggar apalagi sampai kena tilang.

Petugas Dikyasa pimpinan Ipda H Hani Juwanto itu, Senin (5/11/2018) mendatangi segerombolan pengemudi ojek online (ojol) yang kedapatan mangkal massal di Jalan Yos Sudarso, Tanjung Priok. Petugas Polantas memberikan pengarahan dan penyuluhan kepada sejumlah pengemudi ojol yang bergerombol di tepi jalan tersebut.

“Utamakan keselamatan berlalu lintas baik pengendara maupun penumpangnya. Jangan lupa untuk surat-surat kendaraan maupun kelengkapan pengendara supaya dilengkapi,” ujar Ipda Hani dalam arahannya kepada para ojol yang mangkal itu.

Poin Pelanggaran Pada Operasi Zebra 2018

Polri bakal menindak seluruh pengguna jalan yang kedapatan melanggar aturan lalu lintas selama berkendara. Setidaknya ada tujuh poin pelanggaran yang bakal menjadi sasaran prioritas Operasi Zebra 2018, antara lain:

  1. Pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm.
  2. Pengendara kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat yang masih di bawah umur.
  3. Sabuk keselamatan bagi pengemudi roda empat atau lebih.
  4. Berkendara kecepatan yang melebihi ambang batas.
  5. Melawan arus lalu lintas.
  6. Pengemudi di bawah pengaruh minuman keras maupun narkoba.
  7. Pengendara kendaraan roda dua maupun roda empat yang menggunakan smartphone atau ponsel.

Nah, untuk Carmudian jangan lupa untuk selalu membawa surat-surat kendaraan yakni SIM dan STNK. Selalu gunakan sabuk keselamatan bagi pengguna kendaraan roda empat dan kenakan helm untuk pengguna kendaraan roda dua.(dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts