Home » Berita » Pabrik Suzuki Juga Akhirnya Stop Poduksi Mobil

Pabrik Suzuki Juga Akhirnya Stop Poduksi Mobil

All New Ertiga di pabrik Suzuki Cikarang. (Foto: Carmudi/Dimas)

Jakarta – PT Honda Prospect Motor (HPM) Selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Honda di Indonesia baru saja memutuskan untuk menutup sementara kegiatan produksi mobil di pabriknya di Karawang, Jawa Barat. Tak cuma Honda, rupanya tindakan serupa juga diambil oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku APM mobil Suzuki. Bukan tanpa sebab, kedua pabrikan asal Jepang itu memilih menutup pabrik sementara karena wabah corona (Covid-19) yang belum juga menunjukkan pelemahan. Ini sesuai prinsip Suzuki yang ingin mengedepankan keselamatan dan kesehatan karyawan pabrik.

“Saat ini yang menjadi prioritas utama kami adalah kesehatan seluruh elemen perusahaan. Untuk alasan tersebut, Suzuki akan menghentikan sementara kegiatan produksi di pabrik sebagai salah satu upaya melindungi karyawan,” kata Seiji Itayama, President Director PT SIS.

Penghentian sementara produksi kendaraan berlangsung selama dua minggu, mulai 13 April sampai 24 April 2020. Kebijakan ini berlaku untuk semua pabrik Suzuki yang berada di Cakung, Tambun, dan Cikarang. Suzuki berkomitmen akan memberikan upah secara penuh kepada karyawan.

Pelayanan ke Pelanggan Tetap Jalan

Selain memprioritaskan kesehatan karyawan, di sisi lain Suzuki juga tetap fokus pada kualitas pelayanan kepada pelanggan. Layanan ke konsumen dan pelanggan Suzuki secara offline maupun online tetap berjalan seperti biasa.

“Karena di saat seperti ini, justru kami harus memberikan hal positif kepada masyarakat agar tetap tenang, termasuk dalam merawat kendaraan. Saya pastikan layanan aftersales Suzuki akan tetap berjalan di masa yang berat ini,” tutur Itayama.

Bengkel suzuki
Suzuki siapkan bengkel siaga (Foto/Ilustrasi)

Suzuki pun telah menyediakan layanan Halo Suzuki di nomor 0800-1100-800 untuk mempermudah pelanggan. Dengan menghubungi nomor tersebut, pelanggan bisa meminta layanan Home Service apabila kendaraan terpaksa harus dibawa ke bengkel. Selain itu ada juga Layanan SERA (Suzuki Emergency Roadside Assistance) yang beroperasi 24 jam. Sementara itu untuk layanan diler dan bengkel resmi Suzuki tetap buka seperti biasa. Tentu semua layanan tersebut dilakukan dengan memenuhi standar langkah pencegahan Covid-19.

Layanan digital Suzuki seperti di laman resminya juga bisa dimanfaatkan dari rumah. Pelanggan bisa mengajukan permintaan test drive atau test ride. Selain itu juga ada aplikasi My Suzuki untuk keperluan belanja online suku cadang kendaraan Suzuki, atau situs Auto Value untuk yang hendak mencari mobil bekas.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Gara-Gara Corona, Daihatsu Kurangi Produksi Mobil

Previous post
Ditengah Pandemik Corona HASCAR Luncurkan All New Jeep Cherokee 2020
Next post
Perusahaan BYD Toyota Resmi Berdiri, Siap Kembangkan Mobil Listrik