Berita

Pahami Gejala Awal Ban Mobil Selip Saat Berkendara di Kondisi Hujan

Jakarta – Sejumlah wilayah telah memasuki musim hujan, waspadai ban mobil selip saat berkendara di permukaan jalan yang licin dan berair.

Berkendara saat hujan turun tentu saja berbeda ketimbang dalam kondisi cerah. Ketika berkendara di tengah guyuran hujan, pengemudi dituntut harus lebih waspada, karena jalan licin dan jarak pandang yang terbatas.

Ban Mobil Selip

cara berkendara mobil saat hujan deras

Selain faktor pengemudi, mobil juga harus benar-benar “sehat” dan prima supaya bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Salah satu komponen pada mobil yang harus diperhatikan saat musim hujan tiba adalah ban.

Ban merupakan komponen mobil paling bawah yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Oleh karena itu, ada baiknya sebelum berkendara selalu periksa kondisi ban, mulai dari tekanan angin, hingga alurnya.

Kondisi ban mobil yang baik bisa meminimalisir terjadinya selip saat berkendara di tengah hujan, sehingga Carmudian terhindar dari kecelakaan.

Pahami Gelaja Ban Mobil Selip

Bila terpakasa berkendara di tengah guyuran hujan, pengemudi harus konsentrasi penuh selama perjalanan.

Ada berbagai macam potensi bahaya yang mungkin saja bisa dialami oleh pengemudi saat kondisi tersebut. Satu diantaranya ban mobil selip.

Hal umum yang dapat dirasakan oleh pengemudi ketika ban mobil selip adalah bodi kendaraan bergerak ke kiri atau ke kanan. Tak hanya itu, bisa juga mobil tetap berjalan lurus meski roda kemudi sudah dibelokkan.

Ban Monbil Selip

Kondisi ban yang baik bisa terhindar dari selip (Foto: Pakwheels)

Apabila pengemudi sudah merasakan gejala tersebut, ada beberapa cara yang harus dilakukan.

Jangan Panik

Satu cara yang paling sederhana adalah jangan panik. Rasa panik bisa membuat pengemudi sulit mengambil keputusan hingga pada akhirnya lebih memilih untuk melakukan pengereman secara penuh dan membanting setir. Hal tersebut justru dapat memperburuk keadaan.

Tetap tenang dan jaga fokus serta konsentrasi mengemudi dapat memudahkan pengemudi dalam mengambil keputusan yang benar.

Menunggu Grip Ban Kembali Normal

Langkah berikutnya yang bisa pengemudi lakukan, yaitu menunggu hingga grip ban atau daya cengkeram ban terhadap aspal kembali normal, sehingga dapat memperoleh traksi saat mobil mulai dikendalikan.

Pengemudi cukup menahan lingkar kemudi lurus ke depan dan tidak menginjak pedal rem atau pedal gas.

Jika grip ban sudah normal, maka injak rem secara halus, dan perhatikan kondisi sekitar kendaraan bila ingin berbelok.

Berkendara di tengah guyuran hujan (Foto: ama.ab.ca)

Cara Mengatasi Ban Mobil Selip

Supaya ban mobil tidak selip, ada beberapa cara untuk mencegahnya.

Kurangi Kecepatan Mobil

Pada saat berkendara di tengah hujan sebaiknya kurangi kecepatan mobil sekira 20% dari kecepatan normal agar ban tetap mendapatkan daya cengkeram yang optimal serta mengurangi risiko kecelakaan jika sampai ban selip.

Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan supaya pengemudi bisa mengambil tindakan jika mobil tiba-tiba mengalami masalah.

Tekanan Angin Ban

Pastikan tekanan angin dan alur pada ban belum mencapai batas keausan supaya dapat membuang air dengan baik dan tidak mudah kehilangan grip.

Pemeriksaan mobil

Periksalah tekanan angin ban sebelum melakukan perjalanan jauh. (Foto: Istimewa)

“Ban mobil yang kondisinya tidak layak dapat mengganggu keamanan bermobilitas apalagi di musim hujan. Pastikan mobil aman dan nyaman dengan melakukan servis berkala sekaligus pengecekan kondisi ban,” terang Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000.

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts