Mobil

Pajak Tahunan Hyundai Ioniq 5 Cuma Rp1 Jutaan, Cek Rinciannya!

Jakarta — Hyundai Ioniq 5 menjadi salah satu mobil listrik yang bisa dimiliki oleh konsumen Indonesia. Kehadirannya masih tergolong baru dan menyimpan rasa penasaran bagi masyarakat luas termasuk berapa pajak tahunan mobil listrik Hyundai Ioniq 5.

Pantauan Carmudi, Senin (8/8/2022), pajak tahunan mobil listrik yang sudah dibuat lokal tersebut diketahui hanya sekitar Rp1 jutaan.

Keunggulan Hyundai Ioniq 5

Kehadirannya masih tergolong baru dan menyimpan rasa penasaran bagi masyarakat luas termasuk berapa pajak tahunannya. (Foto: Hyundai)

Penelusuran dilakukan berbekal nomor polisi satu unit Hyundai Ioniq 5 yang Carmudi temui baru-baru ini. Kemudian memasukkan nomor tersebut ke situs web Informasi Data Kendaraan Bermotor Samsat DKI Jakarta.

Diketahui, Hyundai Ioniq 5 varian Signature buatan tahun 2022 tersebut memiliki Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Pokok sebesar Rp1.089.400.

Selain itu, tentunya mobil ini juga dikenai biaya Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) sebesar Rp153.000. Biaya SWDKLLJ tersebut juga harus dibayar setiap tahun bersamaan dengan PKB Pokok.

Pajak Hyundai Ioniq 5

(Foto: Situs Web Samsat)

Dengan begitu, total dana yang harus dibayar setiap tahun oleh seorang pemilik adalah Rp1.242.400. Dengan catatan pembayaran dilakukan sebelum masa jatuh tempo tiba sehingga tidak ada tambahan denda.

Sementara itu, untuk pajak 5 tahunan Hyundai Ioniq 5 jumlahnya dipastikan akan lebih besar lagi sebab akan ada tambahan biaya Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), cek fisik, dan plat nomor polisi baru.

Dengan jumlah tersebut, pajak Hyundai Ioniq 5 dapat dikatakan lebih murah dibandingkan mobil baru seusianya yang menggunakan mesin pembakaran internal. Hal ini disebabkan adanya insentif-insentif khusus yang diberikan pemerintah.

Update Harga Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5

Hyundai Ioniq 5 itu sendiri pertama kali meluncur di Indonesia dalam pameran IIMS 2022 yang berlangsung Maret lalu. Mobil ini hadir dalam 2 varian kemewahan, yaitu Prime dan Signature.

Mobil Baru Maret-April 2022

Hyundai Ioniq 5

Kemudian masing-masing varian tersebut ditawarkan dalam 2 pilihan baterai, yaitu Long Range dan Signature Range. Sehingga totalnya ada 4 varian Hyundai Ioniq 5 yang tersedia bagi konsumen.

Terkait harga, varian terendah mobil ini dijual Rp748 juta sementara varian paling tingginya dibanderol Rp859 juta.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

/