BeritaMobilSumber informasi

Infografis : Pajak Tahunan Lamborghini Aventador Bisa Bayar 10 Tahun Pajak Mobil LCGC

Jakarta – Mungkin Anda pernah mendengar berita, beberapa mobil mewah seperti Lamborghini yang ditahan polisi karena tak dilengkapi dengan surat-surat kendaraan resmi. Bahkan beberapa tokoh masyarakat maupun artis di Indonesia juga pernah tersangkut kasus serupa seperti pemakaian plat mobil palsu.

Salah satu penyebabnya hal ini dilakukan karena untuk menghindari biaya mobil baru dan pajak tahunan yang nilainya fantastis untuk satu unit Lamborghini. Biaya pajak untuk mobil mewah seperti Lamborghini di Indonesia memang cukup besar tergantung type-nya.

Misalnya, ambil contoh mobil yang paling murah, Lamborghini Gallardo dengan estimasi harga baru Rp 5,5 – 9,8 miliar. Biaya mobil baru Lamborghini Gallardo dibebani biaya mobil baru plus pajak tahunan mencapai Rp550 juta. Dihitung berdasarkan bea kembali Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB) & Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

BBN KB besarnya 10 % dari harga kendaraan off the road. Belum lagi ditambah dengan biaya lain-lainnya, seperti PKB dan SWSKLLJ. Maka untuk satu tahun pengguna bisa mengeluarkan anggaran sebesar Rp 632 jutaan. Penghitungan ini tentunya bukan sebagai pajak progresif tahunan melainkan asumsi biaya resmi untuk mobil baru.

Itu baru untuk Lamborghini dengan seri paling murah. Sedangkan untuk biaya mobil baru dari Lamborghini Aventador, harga yang harus dibayarkan bisa lebih mahal lagi. Bisa mencapai nilai milyaran untuk biaya mobil baru ditambah dengan pajak.

Nah bila bila diambil contoh Lamborghini Aventador Tahun 2013 berapa pajak tahunannya setelah melewati baru. Masih tetap mahal! pembayaran pajak tahunan bisa digunakan untuk membeli mobil murah alias LCGC yang baru.

Untuk Lamborghini Aventador 2013 pajak kendaraannya sekitar Rp 119.023.000, ditambah dengan PNBP Pengesahan Rp50.000, dan SWDKLLJ Rp 143.000. Jika dijumlahkan Anda harus menyediakan uang sekitar Rp 119.216.000 setiap tahunnya untuk membayar pajak.

Mobil super mewah seperti Lamborghini, Ferrari, Porsche, Rolls-Royce, dan sebagainya jadi mobil impian setiap orang. namun tidak semua orang bisa memilikinya karena harga dan perawatannya.

Pajak Mobil LCGC

Ya, tingginya pajak kendaraan mewah seperti Lamborghini, Ferrari, Porsche, Rolls-Royce, dan sebagainya memang sudah menjadi resiko si empunya. Logikannya, tak mungkin bisa membeli mobil mahal, tak sanggup membayar pajaknya, belum lagi perawatannya yang juga tak sedikit.

Bicara masalah pajak mobil mewah seperti Lamborghini Aventador 2013 yang sekitar Rp 119.216.000, berbanding jauh dengan nilai pajak tahunan salah satu mobil murah. Mobil murah yang sering disebut dengan mobil Low Cost Green Car (LCGC) ini pajaknya juga ramah di kantong.

Misalnya untuk mobil LCGC Toyota Agya 1.0 A/T buatan 2013, pajak tahunan yang harus dibayar sekitar Rp1,743,000. Angka ini kurang lebih sekitar sepuluh kali lipat bila disandingkan pajak dari Lamborghini Aventador Tahun 2013.

Jadi bila dijabarkan pajak dari Lamborghini Aventador Tahun 2013, nilainya bisa membeli beberapa mobil jenis LCGC.

Daftar mobil LCGC beserta harganya (Carmudi Indonesia)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts