Berita

Pajak Toyota Raize Per Tahun dan Progresifnya, Tembus Rp4 Juta!

Jakarta – Pajak Toyota Raize menjadi salah satu hal penting yang mesti diketahui para calon pemilik. Berdasarkan penelusuran, rupanya pajak per tahun mobil Sport Utility Vehicle (SUV) kompak ini berada di rentang Rp3-4 jutaan.

Cicilan Toyota Raize

Toyota Raize 1.000 cc (Foto: Toyota)

Penelusuran dilakukan dengan mencari nomor polisi mobil di situs web Informasi Data Kendaraan dan Pajak Kendaraan Bermotor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Hasilnya akan terlihat jumlah pokok Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) mobil tersebut.

Dua jenis biaya itulah yang nanti harus dibayar oleh pemilik setiap tahun.

Pajak Toyota Raize 1.000 cc

Pajak dengan kepemilikan pertama.

Contoh yang pertama adalah pajak Toyota Raize 1.0T S CVT (GR Sport) yang detailnya tertera pada gambar di atas.

Pada kolom tipe tercantum kode A250RA-GBVVJ 1.0T S CVT. Kalau Carmudian ingat, kode tersebut sama dengan yang tersebar ke publik saat Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) mobil ini bocor sebelum peluncurannya.

Dari gambar di atas pun langsung bisa dilihat bahwa PKB pokok mobil ini adalah Rp3.822.000 untuk kawasan DKI Jakarta kepemilikan pertama atas nama perorangan.

Jika ditambah SWDKLLJ sebesar Rp143.000 maka pajak Toyota Raize ini yang harus dibayar pemiliknya setiap tahun adalah Rp3.965.000.

Progresif Ke-2

Selain contoh di atas, Carmudi juga menemukan detail pajak mobil yang sama, namun dengan progresif kepemilikan kedua. Hal tersebut otomatis membuat jumlah pokok PKB menjadi lebih mahal.

Mobil ini memiliki pokok PKB sebesar Rp4.777.500. Terdapat selisih Rp955.500 lebih mahal dibanding Toyota Raize dengan kepemilikan pertama.

Namun untuk besarnya SWDKLLJ tetap sama, yakni Rp143.000 karena jenis biaya yang satu ini tidak mengenal istilah progresif.

Jadi total pajak Toyota Raize per tahun untuk kepemilikan kedua ialah Rp4.920.500.

Pajak Toyota Raize 1.000 cc Non TSS Progresif ke-2

Pajak dengan kepemilikan kedua.

Perlu diingat, tipe yang menjadi acuan di atas hanyalah salah satu dari sekian banyak varian Toyota Raize. Setiap tipe bisa dipastikan memiliki jumlah pajak yang berbeda-beda.

Sebagai informasi, pada saat ini Toyota Raize dipasarkan dalam dua pilihan mesin, yakni 1.000 cc turbo dan 1.200 cc.

Secara keseluruhan mobil ini dijual pada rentang harga Rp202.700.000 hingga Rp265.900.000 mengacu pada informasi di situs web Toyota diakses, Kamis, 26 Agustus 2021.

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts