Home » Berita » Pakai Air Ram, Rahasia Performa di Kawasaki Ninja ZX-25R Makin Gahar

Pakai Air Ram, Rahasia Performa di Kawasaki Ninja ZX-25R Makin Gahar

Performa Kawasaki Ninja ZX-25R
Performa Kawasaki Ninja ZX-25R gahar di atas lintasan (Foto: KMI)

Jakarta – Kawasaki Ninja ZX-25R resmi diluncurkan di Indonesia pada akhir pekan lalu. Supersport seperempat liter ini mengusung spesifikasi dan fitur mumpuni yang diturunkan langsung dari jajaran moge Kawasaki. Secara spesifikasi, performa dari Kawasaki Ninja ZX-25R cukup gahar dibandingkan motor 250 cc lain di Indonesia.

Mengacu dara spesifikasi yang dirilis PT Kawasaki Motor Indonesia, Ninja ZX-25R menghasilkan tenaga sebesar 50 ps. Tenaganya bertambah 1 ps apabila air ram aktif. Kalian yang masih awam mungkin bingung apa itu air ram dan bagaimana bisa meningkatkan performa di Kawasaki Ninja ZX-25R.

Air ram berfungsi mengalirkan udara ke mesin (foto: KMI)
Air ram berfungsi mengalirkan udara ke mesin (foto: KMI)

Air ram ini berfungsi menambah asupan udara ke mesin saat kecepatan tinggi. Posisi Ram Air Duct System pada Kawasaki Ninja ZX berada di tengah, memberikan filling efficiency, sehingga meningkatkan performa mesin. Design ini merupakan feedback dari Ninja H2.“Dengan ram air intake yang terletak di tengah cowling bagian atas, mengukuhkan Ninja ZX-25R mempunyai kelas tersendiri dibanding motor 250 cc lain. Air ram ini akan aktif saat motor dipacu pada kecepatan 100 km/jam,” ucap Michael Chandra Tanadhi selaku Deputy Head Sales & Promotion Division PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) saat peluncuran.

Saat melaju kencang, aliran angin dengan tekanan tinggi akan melalui lubang Ram Air yang ada di fairing motor. Selanjutnya, angin akan memberi tekanan pada airbox sebelum masuk ke ruang pembakaran. ECU lantas membaca adanya tambahan pasokan udara lantas menambah asupan bahan bakar ke mesin.

Dengan diperkaya campuran udara di ruang pembakaran, membuat mesin menghasilkan tenaga yang lebih besar. Ini membuat tenaga Ninja ZX-25R bisa meningkat 1 PS ketika Ram Air System bekerja. Sayangnya, Ram Air ini tidak bekerja saat motor dikendarai santai.

“Mesin inline four Ninja ZX-25R memberikan performa yang melampaui kelas 250 cc lain. Performa terbaik dikelasnya dengan maksimum power 51 ps saat ram air aktif dan 50 ps tanpa ram air. ZX-25R dikembangkan dari mesin Ninja ZX Supersport lainnya,” jelas Michael.

Performa Mengesankan Kawasaki Ninja ZX-25R di Atas Lintasan

Bicara soal performa, KMI juga telah melakukan pengetesan secara resmi di atas sirkuit. Michael menyebut bila kecepatan maksimum dari Ninja ZX-25R mencapai 179 km/jam. Karakter mesin ZX-25R ini mampu digeber hingga 17.000 rpm.

“Mesin baru ini menawarkan putaran dan respons throttle yang lebih cepat, dan berkarakter fleksibel. Mesin ini mengkombinasikan torsi low-mid yang kuat untuk city riding dan power screaming di rpm tinggi untuk riding di sirkuit, yang mencapai lebih dari 17.000 rpm,” tuturnya.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE
Previous post
Intip Spesifikasi Lengkap Kawasaki Ninja ZX-25R, Ternyata Ada Perbedaannya
Next post
Terlihat Gagah, Menhan Prabowo Jajal Mobil Perang Maung