BeritaKomersial

Pakai “Airsus”, Bus Hino R260 AS Enak Buat Jarak Jauh

Tangerang – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) meluncurkan bus baru, yaitu Hino R260 AS, Selasa, 6 April 2021 di Jatake, Tangerang. Tersematnya kode “AS” di belakang nama produk tersebut menandakan model ini dilengkapi komponen air suspension.

Menurut Santiko Wardoyo, COO – Director HMSI, penggunaan air suspension akan mendatangkan sejumlah keunggulan.

Keunggulan Hino R260 AS

(Foto: HMSI)

Dirinya mengatakan, ”Kami meluncurkan Hino Bus R260 AS dengan tingkat kenyamanan dan keamanan yang tinggi serta tidak mengurangi performa saat melaju.”

Keunggulan-keunggulan tersebut akan semakin terasa ketika bus digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

Dalam pengembangannya, Hino menggandeng untuk perusahaan karoseri Adiputro. Di dalam kerjasama ini Hino berperan menyuplai sasis sementara Adiputro bertugas untuk membuat bodinya.

Tapi untuk produksi air suspension dan quality control-nya berada di tangan Hino.

Spesifikasi Bus Hino R260 AS

Adapun jenis air suspension yang digunakan adalah tipe wide. “Airsus” semacam ini diklaim memiliki kualitas peredaman lebih baik dibanding tipe narrow.

Bukan hanya bantingannya yang empuk. Tapi kabin juga akan lebih senyap karena menggunakan angin sebagai bantalan di suspensinya.

Spesifikasi Hino R260 AS

Sasis Hino R260 AS (Foto: HMSI)

Fitur yang terdapat pada air suspension-nya antara lain leveling valve. Katup ini bisa dimanfaatkan untuk menyamakan ketinggian kantung udara yang berada di sisi kanan atau kiri.

Dengan begitu operasional kendaraan akan lebih stabil dan nyaman.

Fitur lain yang tak kalah penting adalah height leveling valve yang berguna untuk mengatur ketinggian dari kantong udaranya. Tujuannya agar bumper depan atau belakang tidak terbentur aspal pada kondisi jalan tertentu.

Bus Hino R260 AS sendiri hadir untuk memenuhi berbagai kebutuhan transportasi. Mulai dari armada antar provinsi, transportasi dalam kota, atau antar jemput pegawai. Untuk kapasitas angkutnya bus ini memiliki tempat duduk berjumlah 56 buah.

Pada sisi performa, bus ini dilengkapi mesin dengan tenaga puncak 256,4 Hp dan torsi tertinggi 745,3 Nm yang bisa dicapai pada putaran mesin 1.500 rpm. Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi manual 6 kecepatan.

Diberitakan sebelumnya, Hino juga meluncurkan Medium Duty Truck anyar, FLX 260 JW hari yang sama. Kedua produk sama-sama sudah dilengkapi dengan sistem Hino Connect.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *