Komersial

Pakai BBM Tak Standar Euro4, Garansi Kendaraan Isuzu Akan Hangus

Jakarta – Penerapan standar emisi Euro4 untuk kendaraan bermesin diesel akan berlaku efektif mulai tahun depan. PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan penumpang dan komersial Isuzu telah menyiapkan beragam strategi untuk menyongsong era Euro4 termasuk membuat ketentuan garansi kendaraan.

Kendaraan bermesin diesel yang sudah berstandar Euro4 wajib menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang memiliki spesifikasi serupa. Bila tidak, ada kemungkinan terjadi masalah pada bagian mesin.

Standar Euro4

Pemberlakuan Euro4 diterapkan tahun depan. (Foto: Ilustrasi)

“Kami sudah melakukan tes dengan mencoba mengisi bahan bakar minyak yang bukan Euro4 ke mesin diesel yang sudah Euro4. Hasilnya, timbul deposit-deposit yang berbeda, karena sulfur solar sekarang jauh di atas 50 part per million (ppm). Jadi kendaraan yang menggunakan BBM tak standar Euro4 dapat dengan mudah terdeteksi,” ungkap Tonton Eko Budianto, Product Development Division Head IAMI.

Apabila nantinya ada pelanggan Isuzu tetap menggunakan BBM tak standar Euro4 pada kendaraan dieselnya, maka bukan hanya performa mesin saja yang berkurang tapi juga garansi kendaraan hangus.

“Kalau sampai kerusakan terkait kendaraan yang diisi bahan bakar yang tidak sesuai spesifikasi Euro4, tentunya ini akan menghanguskan garansi. Karena, kami memberi garansi untuk kendaraan yang dipergunakan sesuai dengan syarat yang ditentukan,” tegas Tonton.

Di sisi lain, Tonton berharap kepada pemerintah khususnya kementerian terkait agar sesegera mungkin menyediakan BBM dengan standar emisi Euro4 ke berbagai wilayah di Indonesia termasuk ke daerah-daerah terpencil. Sebab, kendaraan-kendaraan komersial Isuzu banyak digunakan di daerah-daerah untuk angkutan logistik, barang dan lainnya.

Standar Euro4

Bahan Bakar Standar Euro4 (Foto: Autodeal)

“Kami percayakan kepda pemerintah untuk menyiapkan bahan bakar di seluruh area termasuk di pelosok. Jadi harapannya Pertamina bisa meng-cover itu semua. Sehingga operasional kendaraan kami di mana pun tidak akan terkendara,” terang dia.

Pemerintah Berkomitmen Menyediakan BBM Euro4

Pemberlakuan standar emisi Euro4 bagi kendaraan diesel akan percuma jika tidak dibarengi dengan ketersediaan BBM. Terkait hal tersebut, pemerintah Indonesia telah berkomitmen akan segera menyediakan BBM jenis solar dengan spesifikasi Euro4.

“BBM faktor utama, pemerintah pada prinsipnya adalah ingin menyediakan kualitas bahan bakar yang sesuai dengan standar Euro4 di seluruh Indonesia,” ujar Dodiet Prasetyo, Kasubdit Ilmate Kementerian Perindustrian.

bahan bakar euro 4

Stasiun pengisian bbm pertamina (dok.carmudi indonesia)

Rencannya, lanjut Dodiet, Kementerian ESDM bersama Pertamina akan menyuplai BBM untuk kendaraan bermesin diesel dengan standar Euro4 mulai 1 Januari 2022.

“Namun nama untuk BBM-nya belum ditentukan, tapi spesifikasinya sampai saat ini sedang dibahas. Intinya pemerintah akan komitmen untuk dapat menyediakan bahan bakar kendaraan diesel,” pungkas dia.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts