Mobil

Pakai CVT, Sistem Penggerak Roda Depan New Xpander Kuat di Tanjakan

sistem penggerak roda depan New Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander belum lama ini telah mengalami perubahan yang signifikan. Di samping banyak ubahan, yang mendapat sambutan positif, tapi keraguan terhadap New Xpander biasa dan Xpander Cross masih ada.

Salah satu nilai minus yang masih dinilai konsumen otomotif Indonesia adalah masalah sistem penggerak roda depan New Xpander, atau yang lebih dikenal dengan front wheel drive (FWD).

Apa sih maksudnya? FWD adalah sistem penggerak yang menyalurkan tenaga dari mesin ke kedua roda depan pada suatu mobil. Memang sistem FWD ini. Lazim ditemukan pada mobil untuk kebutuhan jalan perkotaan yang stabil.

Tapi sistem ini dirasakan kurang saat menghadapi jalanan yang menantang. Nah, poin ini yang menjadikan New Xpander masih dianggap banci bagi para penggemar offroad tapi modal terbatas.

Kebanyakan konsumen berharap dari tampilan New Xpander dan Xpander Cross yang SUV sekali, kedua model mobil ini bisa menaklukkan dengan mudah jalanan yang curam atau tanjakan.

Sistem Penggerak Roda Depan New Xpander Berbeda

sistem penggerak roda depan Xpander

Mitsubishi New Xpander (Foto: Carmudi)

Penilaian sistem penggerak roda depan New Xpander itu ternyata mendapat bantahan dari duta merek Mitsubishi yang sekaligus pembalap nasional Rifat Sungkar. Menurut Rifat, sistem FWD pada Xpander beda dengan yang lain, karena baik New Xpander dan Xpander Cross sudah menggunakan transmisi matik baru, CVT.

Belum lagi kombinasi dengan sistem kontrol traksi yang dimiliki New Xpander. Jadi jalanan tanjakan masih bisa diatasi dengan baik.

“Kemarin saya sempat coba beberapa hari dengan beberapa tipe jalanan yang sangat berasa adalah saat mencapai RPM 3.000 ke 3.500 RPM. Di situ seperti ada dorongan ekstra, seakan mobil tidak ada hambatan sama sekali,” papar Rifat.

Rifat menambahkan New Xpander masih lancar dan ketika dibutuhkan tenaga lebih, mesin selalu memenuhi kebutuhan itu dengan baik. Tentu ini berbeda dengan Xpander versi sebelumnya. Kick down pada New Xpander memang ada, tapi hal itu bisa dipertahankan di rpm tertentu. Serta pada torsi saat tenaga tambahan yang diminta pengemudinya.

Sebagai duta merek Mitsubishi, penjelasan Rifat sifatnya subjektif. Perlu bukti secara nyata? Tentu peminat New Xpander dan New Xpander Cross harus coba sendiri.

Jika tertarik melihat spesifikasi lengkap dan harga terbaru New Xpander dan New Xpander Cross bisa lihat di Carmudi.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts