Pakai Mesin Overstroke, Honda Genio Enak Buat Main Bore Up
Tangerang Selatan – Ada yang menarik dari peluncuran Honda Genio beberapa waktu lalu. Skutik besutan Honda ini dibekali mesin baru 110 cc dengan karakter overstroke. Maksudnya, desain silindernya memiliki perbandingan panjang langkah yang lebih besar dari diameter.
Mesin ini menurut catatan mampu hasilkan daya 8,9 Hp/7.500 Rpm, dan torsi puncak mencapai 9,3 Nm/5.500 Rpm. Desain long stroke ini menurut Endro Sutarno dari Technical Service Department PT Astra Honda Motor berdampak pada konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dan bertenaga.
“Dimensi silinder Genio ini 47×63,1 mm atau overstroke, dengan kompresi lebih besar dari Beat yaitu 10,0:1. Tenaga yang dihasilkan pun jadi lebih besar yaitu 6,63kW/7500 Rpm sedangkan mesin yang dipakai Honda BeAT menghasikan tenaga 6,38 kW/7.500 kW,” jelas Endro beberapa waktu lalu.
Nah, ada keuntungan dari layout silinder dengan karakter overstroke ini. Endro mengungkapkan bila jenis mesin ini bisa dimodifikasi dengan bore up. Hasilnya, tenaga pasti lebih meningkat dari standarnya dan performa semakin gahar.
“Jenis liner ini bisa dimodifikasi, dan aman bila melakukan bore up karena dindingnya masih cukup tebal. Untuk amannya bila ingin bore up, diameternya bisa dibesarkan dari 47 menjadi 48,5 mm,” tuturnya.
Nah, karena ini memakai mesin dengan kompresi tinggi yaitu 10,0:1 maka jenis bahan bakar yang digunakan pun minimal harus memakai RON 92. Bila nekat memakai bensin bersubsidi atau RON 90 maka membuat mesin kurang bertenaga dan muncul gejala ngelitik.
Untuk di kota besar pastinya cukup mudah mendapatkan bensin dengan oktan 92. Namun, motor ini bisa sedikit kesulitan mendapat bahan bakar non subsidi bila digunakan di kota-kota kecil yang lebih banyak menyediakan bensin RON 90 ke bawah.
Isi Konten
Desain V-Belt Honda Genio Semakin Minim Gesekan
Endro menjelaskan, ubahan lainnya pada Genio terdapat pada belt dengan desain W-Cog. CVT Belt dengan desain gerigi dua sisi atas dan bawah yang diklaim mampu memberikan peningkatan pada penyaluran tenaga ke roda belakang. V-Belt tersebut jelas memiliki desain berbeda dibandingkan skuter matik honda yang sudah dipasarkan yang memakai gerigi di satu sisi saja.
“Desain V-Belt W-Cog bisa mengurangi gesekan dan suara CVT menjadi lebih hening. Selain itu, W-Cog juga menunjang cengkeraman belt yang lebih baik,” ucapnya.
Power to Weight Ratio Lebih Baik
Endro menuturkan bila Honda Genio memakai jenis rangka baru Enhance Smart Architecture Frame (eSAF). Jenis rangka ini menurutnya memiliki bobot yang lebih ringan namun tingkat rigid atau kekakuan yang tinggi. Lebih lanjut, desain mesin yang kompak pastinya turut mengurangi bobot karena hanya butuh pelumas 700 cc.
Genio hanya memiliki berat 89 kg (tipe CBS) dan 90 kg (tipe CBS-ISS). Ini jelas lebih ringan daripada berat BeAT yang 94 kg, Scoopy 96 kg, serta Vario 125 yang berbobot 109 kg. Untuk skutik yang sama-sama bermesin 110 cc, perbandingan power to weight ratio di Honda Genio lebih baik.
Untuk penjelasannya, PWR Honda Genio yaitu 6,63 kW/90 kilogram atau 0,074. Sementara itu, PWR pada Honda BeAT yakni 6,38 kW/ 94 kg atau 0,068. Di atas kertas, spesifikasi Genio pastinya menghasilkan performa lebih ciamik dari para pendahulunya dan tinggal kita buktikan saja di atas aspal bagaimana realitanya. (dms)
Spesifikasi Honda Genio
Mesin Honda Genio
tipe mesin | 4 – Langkah, SOHC, eSP |
sistem suplai bahan bakar | PGM – FI ( Programmed Fuel Injection ) |
diameter x langkah | 47,0 x 63,1 mm |
tipe tranmisi | Automatic, V-Matic |
rasio kompresi | 10,0 : 1 |
daya maksimum | 6,6 kW ( 9,0 PS ) / 7.500 rpm |
torsi maksimum | 9,3 Nm ( 0,95 kgf.m ) / 5.500 rpm |
tipe starter | Elektrik dan Kick Starter |
tipe kopling | Automatic Centrifugal Clutch Dry Type |
Rangka dan Kaki-Kaki Honda Genio
tipe rangka | Underbone – eSAF ( Enhanced Smart Architecture Frame ) |
tipe suspensi depan | Telescopic |
tipe suspensi belakang | Swing Arm dengan Suspensi Tunggal |
ukuran ban depan | 80/90 – 14 M/C Tubeless |
ukuran ban belakang | 90/90 – 14 M/C Tubeless |
rem depan | Cakram Hidrolik Piston Tunggal |
rem belakang | Tromol |
sistem pengereman | Combi Brake System |
Kapasitas Honda Genio
kapasitas tangki bahan bakar | 4,2 L |
kapasitas minyak pelumas | 0,65 L ( Penggantian Periodik ) |
Kelistrikan Honda Genio
tipe baterai atau aki | MF 12 V – 3Ah ( Tipe CBS ) , MF 12 V – 5 Ah ( Tipe CBS – ISS ) |
sistem pengapian | Full Transisterized |
tipe busi | NGK MR9C-9N |