Mobil

Pakai Platform yang Sama, Ini Perbedaan Hyundai Alcazar dan Creta

New DelhiHyundai baru saja meluncurkan SUV terbaru untuk pasar India bernama Alcazar. Pendatang baru ini didasarkan pada platform K2, yang juga dipakai untuk membangun Hyundai Creta.

Kendati satu platform, baik Alcazar maupun Creta punya beberapa perbedaan mendasar.

Perbedaan Hyundai Alcazar

Hyundai Alcazar (Foto: Hyundai)

Lantas apa saja perbedaan mendasar antara Hyundai Alcazar dan Creta? Berikut ini uraian singkatnya sebagaimana dikutip dari Indianautosblog, Rabu (23/6/2021).

Dimensi Hyundai Alcazar dan Creta

Dilihat dari segi dimensi, Hyundai Alcazar memiliki panjang 4.500 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.675 mm, dan wheelbase 2.760 mm.

Sedangkan Hyundai Creta panjang tubuhnya sekira 4.300 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.635 mm, dan wheelbase 2.610 mm.

Bila disimpulkan, Alcazar punya dimensi tubuh lebih panjang 20 mm dan lebar 40 mm dari Creta. Selain itu, Alcazar juga menawarkan wheelbase 150 mm lebih panjang dari Creta, sehingga membuat kabinnya lebih lega.

Perbedaan Hyundai Alcazar

Hyundai Creta (Foto: Indianautosblog)

Konfigurasi Jok

Di pasar India, Alcazar ditawarkan dalam dua pilihan konfigurasi jok, 6 dan 7 penumpang. Khusus 6 penumpang, bangku tengahnya model captain seat.

Sedangkan saudaranya hanya tersedia dalam konfigurasi 5 penumpang.

Alcazar dengan konfigurasi jok 7 penumpang (Foto: Hyundai)

Fitur

Alcazar dan Creta telah dibekali dengan sejumlah fitur terkini, hanya saja Alcazar lebih unnggul sedikit, karena mendapat beberapa fitur kenyamanan tambahan seperti digital instrument cluster 10,25 inci.

Di sisi lain Creta hanya dilengkapi layar berukuran 7 inci yang menyajikan beragam informasi seperti pengukur bahan bakar dan takometer.

Hyundai juga menyediakan fitur wireless charging untuk penumpang di bangku baris pertama dan kedua Alcazar versi 6 penumpang. Sedangkan di Creta, fitur ini hanya terpasang di baris depan saja.

Interior Hyundai Creta (Foto: Indianautosblog)

Creta sudah dibekali sensor parkir mundur sebagai standar, sementara Alcazar menggunakan sensor parkir depan dan belakang. Fitur ini cukup membantu pengemudi saat memarkirkan kendaraan di ruang yang sempit.

Selain sensor parkir, Alcazar varian tertinggi mendapatkan kamera 360 derajat, varian terendahnya hanya kamera parkir mundur saja. Creta cuma mendapat kamera dan sensor parkir mundur.

Sebagai tambahan, Hyundai telah membekali Alcazar dengan beberapa fitur baru dan pertama di segmennya. Mulai dari monitor blind view, rem cakram belakang, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), kamera parkir belakang, driver rearview monitor, dan lainnya.

Mesin

Alcazar menggendong mesin bensin 2.0 liter bertenaga 156 hp dan 191 Nm. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi manual atau otomatis 6 percepatan.

Hyundai Alcazar

Hyundai Alcazar (Foto: Hyundai)

Creta sendiri punya dua pilihan mesin bensin yang berbeda, 1.5 liter dan 1.4 liter Turbo. Khusus mesin 1.5 liter dikawinkan dengan transmisi manual dan otomatis 6 percepatan yang diklaim mampu mengeluarkan tenaga 113 hp.

Sedangkan versi turbo datang dengan transmisi DCT 7 percepatan bertenaga 138 hp.

Tidak hanya itu, kedua SUV ini juga punya mesin diesel 1,5 liter yang menghasilkan tenaga 113 hp dan torsi 250 Nm. Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi manual atau otomatis 6 percepatan.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts