Home » Berita » Ini Dia, Satu Lagi Pameran Otomotif yang Dibatalkan karena Corona

Ini Dia, Satu Lagi Pameran Otomotif yang Dibatalkan karena Corona

Detroit Motor Show 2020 batal
Ilustrasi pameran otomotif (Foto: Autoindustriya)

Detroit – Tidak hanya memakan korban jiwa, virus corona (Covid-19) yang menyebar begitu cepat berdampak pada sektor otomotif di beberapa negara. Banyak pabrik produksi mobil memilih tutup guna menjaga kesehatan dan keselamatan seluruh pekerja. Selain itu adanya imbauan dari masing-masing pemimpin negara supaya menunda kegiatan yang mengundang banyak orang termasuk pameran otomotif.

Sudah banyak pameran otomotif terpaksa dibatalkan penyelenggaraanya, seperti yang baru-baru ini diumumkan. Detroit Free Press memberitakan, pameran mobil North American International Auto Show (NAIAS) 2020 atau dikenal juga dengan Detroit Motor Show di Michigan, Amerika Serikat harus batal. Alasannya karena penyebaran virus corona di Amerika Serikat semakin melebar dan jumlah pasien terus bertambah setiap harinya.

Seharusnya pameran otomotif tahunan itu digelar Juni 2020. Ini kali pertama NAIAS memilih menggelar pameran di pertengahan tahun, biasanya selalu di bulan pertama setiap tahunnya. Keputusan pemindahan jadwal menjadi Juni sudah ditentukan sejak 2018 lalu.

Tempat Acara Dijadikan Rumah Sakit Darurat

Mengenai ajang Detroit Motor Show 2020 yang batal sudah disampaikan oleh pihak penyelenggara pameran, Detroit Auto Dealers Association kepada seluruh peserta pameran hingga sponsor melalui sebuah memo beberapa hari lalu.

“Yang terpenting sekarang ini adalah kesehatan dan kesejahteraan warga Detroit dan Michigan. TCF Center adalah lokasi yang sangat ideal untuk dialihkan fungsinya ada saat kritis seperti sekarang ini dan belum pernah terjadi sebelumnya,” kata direktur eksekutif NAIAS, Rod Alberts dalam memo itu.

Free Press juga melaporkan bahwa jauh sebelum kabar TCF Center yang akan ditata ulang menjadi rumah sakit darurat, penyelenggaraan NAIAS 2020 sudah tampak ‘goyah’ dan tidak ada harapan lagi untuk digelar. Apalagi kondisi ekonomi Amerika Serkat akhir-akhir ini semakin melemah gara-gara virus corona.

Detroit Motor Show 2020 batal
Ilustrasi pameran otomtoif (Foto: Autoindustriya)

Sebagai informasi, saat ini ada sekira 140.000 kasus yang terkonfirmasi merupakan pasien dengan penyakit SARS-CoV-2 dan virus corona di Amerika Serikat. Jumlah tersebut menjadikan Amerika Serikat sebagai negara dengan kasus virus corona terbanyak di dunia setelah melampaui 81.000 kasus di China.

Detroit Motor Show 2020 Bukan Satu-Satunya Pameran yang Batal

Detroit Motor Show 2020 bukanlah pameran otomotif terbesar pertama yang dibatalkan tahun ini. Sebelumnya ada beberapa, seperti Manila International Auto Show (MIAS), Beijing Motor Show, Geneva Motor Show, Malaysia Autoshow, hingga Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020.

NAIAS merupakan salah satu ajang pameran otomotif terbesar. Biasanya sering dimanfaatkan oleh beragam merek mobil terutama asal Amerika seperti Ford dan General Motors untuk meluncurkan model baru dan kendaraan konsep.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Pabrik Mobil Honda di Thailand Tutup, Bagaimana Nasib Impor Sedan ke Indonesia?

Membeli Mobil Bekas Untuk Mudik
Previous post
Daftar Mobil Baru dan Bekas Paling Dicari di Awal Tahun 2020
Teknisi Honda
Next post
Merawat Sepeda Motor Honda yang Nganggur Gara-Gara Work From Home