Berita

Pameran Otomotif GIIAS 2020 Resmi Dibatalkan, Ini Penggantinya

Daihatsu Xenia Sport di GIIAS 2019 (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) memutuskan untuk membatalkan pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020. Pameran otomotif tahunan ini sedianya berlangusng di di BSD City, Tangerang pada 22 Oktober – 1 November 2020. Sebagai pengganti, pihak penyelenggara telah menyiapkan pameran otomotif dengan konsep baru.

Pembatalan pameran otomotif GIIAS 2020 dilandasi karena kurangnya waktu dalam mempersiapkan berbagai hal. Mencakup penyelenggaraan konferensi internasional, GAIKINDO International Automotive Conference (GIAC). Kemudian persiapan kendaraan konsep, serta peluncuran berbagai produk terbaru dari para peserta. Semua ini membutuhkan persiapan detil dan waktu yang cukup panjang.

“Pada setiap penyelenggaraan GIIAS, membutuhkan persiapan yang kompleks, detil dengan waktu yang cukup panjang. Oleh karena itu, melihat waktu yang semakin pendek, GAIKINDO mengambil keputusan untuk membatalkan penyelenggaraan GIIAS 2020,” ujar Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO dalam keterangan resmi, Selasa (18/8/2020).

Pada tahun ini, GAIKINDO akan tetap menyelenggarakan pameran otomotif, hanya saja dalam skala kecil dengan nama GAIKINDO Jakarta Auto Week. Rencananya pameran pengganti ini akan berlangsung selama sembilan hari. Mulai tanggal 21 sampai dengan 29 November 2020, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Lewat GAIKINDO Jakarta Auto Week diharapkan mampu menciptakan potensi penjualan mobil secara masif. Selain itu, dapat menjadi ajang memperkenalkan produk baru.

“Seperti yang kita ketahui GIIAS fokus mengedepankan ajang peluncuran produk dan teknologi terbaru dari industri otomotif. Sedang GAIKINDO Jakarta Auto Week tujuannya adalah untuk menggenjot penjualan mobil baik existing product ataupun yang baru diluncurkan pada pelaksanaan pameran” ungkap Rizwan Alamsjah selaku ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO.

Protokol Pengamanan Covid-19

Sesuai dengan arahan pemerintah pusat dan daerah, pihak penyelenggara akan menerapkan protokol pengamanan Covid-19 bagi pengunjung maupun peserta selama pameran berlangsung.

Booth Daihatsu di GIIAS 2019 (Foto: Santo/Carmudi)

“Penyelenggaraan pameran akan tetap berpatokan pada protokol pengamanan Covid-19, yang juga mencakup pembatasan jumlah pengunjung pada satu waktu, agar tetap aman,” tutur Rizwan.

Nangoi menambahkan, GAIKINDO dan anggotanya akan fokus mengembalikan pemulihan industri otomotif dan perekonomian negara, dengan tetap memperhatikan dan menjaga kesehatan masyarakat.

“Diharapkan dalam waktu dekat ini situasi pandemi Covid-19 sudah dapat diatasi dengan baik, sehingga tidak ada aral yang menghambat pelaksanaan GAIKINDO Jakarta Auto Week nanti,” tutupnya.

Pelaksanaan GAIKINDO Jakarta Auto Week akan menggunakan keseluruhan area JCC, sebesar lebih kurang 30 ribu meter persegi. Ditargetkan 250 ribu orang mengunjungi pameran selama sembilan hari.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts