Home » Berita » Pameran Otomotif GIIAS Diundur Oktober, Begini Sikap Toyota

Pameran Otomotif GIIAS Diundur Oktober, Begini Sikap Toyota

Booth Toyota di GIIAS 2019. (Foto: Carmudi/Santo)

Jakarta – Ada dua pemaran otomotif terbesar di Indonesia yaitu Indonesia International Motor Show (IIMS) dan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS). IIMS seharusnya diselenggarakan pada Maret 2020 terpaksa di tunda pelaksanaannya karena pademi covid-19.

Belum ada keterangan resmi dari pihak penyelenggara apakah IIMS tahun ini tetap dilaksanakan atau tidak. Sedangkan GIIAS sudah menyatakan resmi mundur dari jadwal sebelumnya Agustus menjadi Oktober 2020.

Pabrikan otomotif terbesar di dalam negeri yaitu Toyota, memaklumi adanya pergeseran penyelenggaraan pameran otomotif dari jadwal semula karena wabah virus corona. Toyota tetap akan terus mendukung kedua pameran otomotif tersebut.

“Setahu saya pameran paling besar di Indonesia di Jakarta itu ada dua satu IIMS kemudian kedua GIIAS. Saya dengar memang kedua pameran ini mundur dibandingkan jadwal awal. Kami ingin ikut di kedua pameran ini, karena pameran otomotif menjadi satu ajang yang sangat tepat, sangat baik untuk bertemu dan berkomuniasi dengan konsumen,” ungkap Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy melalui live Instagram @pressroom_toyota, Selasa (5/5/2020).

Anton menambahkan kepastian untuk ikut bergabung dalam pameran otomotif kembali lagi ke situasi dan kondisi. Apabila wabah corona di Indonesia belum juga menunjukkan tanda-tanda akan segera berakhir, maka tidak mungkin pameran tetap berjalan, begitu juga dengan keikutsertaan Toyota di dalamnya.

“Kalau covid-99-nya masih belum membaik, ya sulit membayangkan suatu aktivitas yang mengumpulkan banyak orang. Bisa di bayangkan seperti contoh di GIIAS pengunjung yang datang bisa ratusan ribu orang, selama satu mingu. Jadi saya rasa kembali lagi kondisi dan situasi nanti, kesehatan itu yang paling penting. Jadi kami akan tetap ikut pameran otomotif tentu saja mengikuti juga arahan dari pemerintah kira-kira seperti apa,” sambung Anton.

Dirinya pun berharap Oktober nanti wabah virus corona mulai reda dan perekonomian di dalam negeri pulih kembali.

Toyota Prius PHEV dipamerkan di GIIAS 2019 (Foto: Santo/Carmudi)

“GIIAS itu di bulan Oktober, tentu saja harapannya di Oktober situasi sudah membaik semua dan sudah sehat semua, covid sudah lewat. GIIAS itu menarik karena kan bukan cuma ajang jual-beli mobil tapi juga ajang edukasi juga,” tutur dia.

Dua Pameran GIIAS Tetap Berjalan

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mengambil keputusan bahwa penyelenggaraan GIIAS The Series akan tetap berlangsung tahun ini. Namun, GAIKINDO hanya akan fokus pada dua penyelenggaraan pameran otomotif yaitu GIIAS Surabaya 2020 dan GIIAS BSD-CITY, Tangerang. Sementara penyelenggaraan GIIAS Makassar dan GIIAS Medan akan dilaksanakan pada 2021.

“Kami harus berpikir ke depan, bahwa berbagai faktor harus kami prioritaskan, seperti kesehatan dan keselamatan masyarakat, kondisi perekonomian negara. Selain itu kami juga harus memikirkan kepentingan industri, bahwa industri otomotif akan membutuhkan waktu untuk recovery. Namun juga membutuhkan ajang untuk bangkit kembali. Oleh karena itu kami memutuskan untuk berupaya tetap melangsungkan GIIAS 2020, konsentrasi ke dua penyelenggaraan dengan beberapa penyesuaian,” kata Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO.

Adapun penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2020 akan berlangsung pada 2-6 September 2020. Sedangkan GIIAS BSD-City 2020, di Tangerang berlangsung pada 22 Oktober – 1 November 2020,

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Selama PSBB, Jasa Poles Mobil Juga Bisa Panggilan ke Rumah
Next post
Naik Mobil Saat Hujan Lebat, Bisa Tersambar Petir?