Berita

Pameran Otomotif Pertama Setelah Covid-19 Akan Diselenggarakan Juli

Bangkok International Motor Show (Foto: Autoindustriya)

Bangkok – Gara-gara wabah virus corona (Covid-19) banyak pameran otomotif yang sedianya dilaksanakan pada Maret sampai Mei 2020 terpaksa di batalkan. Sebut saja satu di antaranya yaitu Bangkok International Motor Show (BIMS). Seharusnya pameran tersebut diselenggarakan pada Maret lalu. Namun karena alasan keselamatan dan keamanan pengunjung serta untuk meminimalisir penularan covid-19, maka pameran dibatalkan.

Setelah melihat angka kasus positif virus corona di Thailand mulai menurun sejak bulan lalu, maka baru-baru ini pihak penyelengga memutuskan untuk tetap menyelenggarakan BIMS. Diberitakan Autoindustriya Rabu (17/6/2020), BIMS akan berlangsung bulan depan tepatnya 15 hingga 26 Juli 2020. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, BIMS menjadi kegiatan pameran otomotif global pertama yang akan diadakan setelah pandemi Covid-19 yang telah memicu pembatalan sejumlah pameran otomotif internasional dimulai dari Geneva Motor Show pada awal Maret.

Meski masih dalam situasi pandemi virus corona, pihak penyelenggara pameran akan menerapkan protokol kesehatan ketat kepada peserta dan pengunjung. Penyelenggara akan menerapkan langkah-langkah keselamatan tambahan sesuai dengan pedoman yang ditetapkan oleh otoritas kesehatan Thailand. Termasuk di antaranya melakukan pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki ruang pameran.

Penerapan social distancing juga akan ditegakkan. Mengingat ruang area pameran begitu luas, maka panitia mengatakan bahwa social distancing tidak terlalu sulit untuk diterapkan. Setiap orang juga diharuskan selalu menggunakan masker selama berada di dalam gedung tempat berlangsungnya pameran otomotif.

Selain itu pihak enyelenggara juga sudah menyusun konsep, di mana jarak antara booth satu dengan lain ditingkatkan dari 3 menjadi 6 meter. Hal ini untuk mematuhi aturan social distancing. Hal yang sama akan dilakukan pada meja penerimaan tamu atau pengunjung.

Kegiatan Test Drive Tetap Berjalan

Sama seperti penyelenggaraan tahun lalu, para pengunjung pameran diperbolehkan melakukan test drive mobil baru di area yang sudah ditentukan. Akan tetapi bagi siapapun yang ingin melakukan test drive harus mengikuti arahan panitia atau petugas. Seperti membersihkan tangan dengan cairan disinfektan dan mengecek suhu tubuh.

BIMS ke-40 tahun lalu disaksikan oleh lebih dari 1,6 juta pengunjung. Tahun ini, kemungkinan akan ada lebih sedikit orang yang datang ke area pameran karena pandemi. Meskipun demikian, itu akan menjadi secercah harapan bahwa pameran mobil besar dapat terjadi bahkan di tengah-tengah Covid- 19.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts