Home » Event » Satu Lagi, Pameran Sepeda Motor EICMA 2020 Dibatalkan Akibat Corona

Satu Lagi, Pameran Sepeda Motor EICMA 2020 Dibatalkan Akibat Corona

Pameran sepeda motor EICMA (Foto: Indianautosblog)

Milan – Pameran sepeda motor EICMA atau yang dikenal juga dengan the Milan Motorcycle Shows tahun ini resmi dibatalkan penyelenggaraannya. Pihak panitia terpaksa mengambil keputusan yang amat menyedihkan ini karena alasan pandemi virus corona belum juga menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Menunda pameran sepeda motor edisi ke-78 ini menjadi tahun depan merupakan keputusan terbaik dari panitia.

EICMA edisi ke-78 sejatinya berlangsung pada 3-8 November 2020 di Milan, Italia. Namun dengan berat hati pameran sepeda motor bergengsi itu harus diundur menjadi 11-14 November 2021.

Dalam keterangan resminya, panitia menyampaikan bahwa pihaknya tidak mau gegabah untuk mengadakan pameran di tengah masa pandemi covid-19 sekarang ini.

“Tanggung jawab besar ada di tangan kami dan membuat kami harus bertindak dalam skala luas demi kepentingan peserta pameran dan pengunjung. Sehingga menunda acara 2020 dengan konvergensi niat yang kuat,” demikian pernyataan panitia pameran sebagaimana dikutip dari Indianautosblog, Selasa, (30/6/2020).

Indikasi pembatalan pameran sepeda motor EICMA 2020 sudah tercium sejak awal tahun. Di mana merek-merek besar seperti KTM, Husqvarna, BMW Motorrad mengumumkan bahwa mereka tidak akan berpartisipasi dalam ajang EICMA 2020 karena krisis Covid-19.

Intermot 2020 Juga Resmi Dibatalkan

EICMA tak sendirian, sebelumnya pameran sepeda motor terbesar di dunia Intermot 2020 juga resmi dibatalkan pelaksanaannya. Alasannya sama, karena pandemi virus corona masih menjadi polemik di beberapa negara di dunia.

Sejatinya pameran yang cukup penting bagi industri otomotif roda dua itu akan diselenggarakan pada 6 – 11 Oktober 2020. Keputusan berat ini terpaksa diambil oleh German Motorcycle Industry Association (IVM), Koelnmesse GmbH setelah berkonsultasi dengan berbagai pihak termasuk ke para pemain dari industri roda dua.

Intermot (Foto: Website Intermot)

“Pameran tidak dapat diadakan dalam bentuk fisik pada saat ini dan dengan demikian tidak memenuhi harapan dan kebutuhan industri. Sumber daya pelanggan kami untuk 2021 sudah berada di bawah tekanan berat sebagai akibat dari krisis Covid-19,” ungkap Oliver Frese, Chief Operating Officer of Koelnmesse, and Reiner Brendicke, General Executive Manager of IVM, dalam keterangan resminya.

Kendati pameran dibatalkan, namun pihak penyelenggara tidak ingin membuat para peserta dan pecinta sepeda motor roda dua kecewa. Format digital untuk pameran ini tengah dipersiapkan. Kemungkinan pelaksanannya dilakukan akhir tahun ini. Dengan demikian, diharapkan penjualan kendaraan bermotor kembali mengalami pertumbuhan.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Indonesia Modification Expo 2020 Tetap Digelar dengan Konsep Hybrid

Euro4
Previous post
Pertamina Prihatin Banyak Mobil Baru "Konsumsi" BBM Premium
Next post
Kekurangan dan Kelebihan Suzuki XL7, Sebenarnya SUV Atau MPV?