BeritaMobilModifikasi

Pamerkan Line Up Terbaik, Mitsubishi Juga Kenalkan Mobil Reli Xpander

Mitsubishi Xpander AP4

Mitsubishi Xpander AP4 dibangun dari basis Xpander GLS

Jakarta – Seakan tidak mau terlena atas capaian impresif produk small MPV mereka, Mitsubishi Motors pun menghadirkan produk-produk unggulan di ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Acara yang berlangsung mulai dari 25 April – 5 Mei di JIExpo, Kemayoran, Jakarta ini pun disebut akan sangat dimanfaatkan PT MMKSI sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Mitsubishi di Indonesia untuk memperkuat merek mereka.

Booth Mitsubishi sendiri berada di Hall A No. A1, dengan luas 1.084 m2 dan mengusung desain booth global. Sebagai ciri khasnya kendaraan besutan Mitsubishi pun otomatis jadi “Bintang Pemeran”. Salah satunya, sebut saja Pajero Sport Dakar 4×4 yang ditampilkan di panggung dengan kemiringan 30 derajat jadi benar-benar ikonik.

Pada hari kunjungan publik, booth Mitsubishi ini akan memamerkan 10 unit yang terdiri dari model Xpander, Pajero Sport dan Triton. Kesepuluh unit tersebut pun sudah termasuk penampilan special stage Xpander bertema modifikasi motorsport reli; Xpander AP4 Concept.

Xpander AP4 Tercipta dari Inisiasi Pereli Nasional

Mitsubishi Xpander AP4

Rifat Sungkar inisiasi modifikasi Mitsubishi Xpander AP4. (Foto: Carmudi/Dimas)

Khusus yang satu ini, Xpander AP4 Concept dipamerkan masih dalam tampilan motif kamuflase. Artinya model ini memang masih berupa konsep dan disebut baru akan rampung pada Juli mendatang. Secara lugas pihak Mitsubishi mengatakan bahwa perwujudan final Xpander AP4 Concept baru akan ditampilkan pada GIIAS 2019 nanti.

“Begitu kita tes aerodynamic segala macam, baru akan kelihatan titik rollbar yang harus ditambahin di mana,” ujar pereli nasional Rifat Sungkar saat ditanya soal alasan belum rampungnya AP4 Concept ini.

Xpander AP4 menjadi kendaraan konsep yang diinisiasi oleh Rifat dengan menggunakan basis Xpander GLS dan didukung sepenuhnya oleh PT MMKSI. Rifat mengatakan bahwa pemilihan basis Xpander bukan tanpa alasan. Kendati Xpander adalah mobil keluarga, namun kekuatan dan ketahanannya merupakan potensi yang tidak bisa ditolak.

Mitsubishi Xpander AP4

Mitsubishi Xpander AP4. (Foto: Carmudi/Dimas)

Nama Xpander AP4 sendiri digunakan sehubungan dengan model ini akan berlaga. AP4 merupakan sebuah mobil yang dicanangkan oleh Motorsport New Zealand (MSNZ) dan Confederation of Australia Motorsport (CAMS) selaku induk olahraga otomotif di kedua negara tersebut pada 2015. AP4 sendiri diciptakan untuk menjadi kejuaraan alternatif di Asia Pasifik karena kejuaraan sejenisnya yakni R5 dinilai terlampau mahal karena mengantongi spesifikasi World Rally Championship (WRC).

“Dengan menggunakan konsep AP4 para pelaku industri reli bisa menekan biaya produksi berkali lipat lebih murah karena basis yang digunakan adalah mobil harian yang saat ini beredar di pasaran,” pungkas Rifat. (dms)

Dimas Hadi

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di Carmudi Indonesia. Sebelumnya aktif menulis bermacam esai sosial-budaya dan beberapa karya tulis lainnya sejak 2009. Email : [email protected]
Follow Me:

Related Posts