HomeBeritaPandangan Penjualan Mobil Honda Sampai Akhir 2020

Pandangan Penjualan Mobil Honda Sampai Akhir 2020

penjualan honda tahun 2020 di masa pandemi covid-19
Penjualan mobil Honda pada masa pandemi Covid-19 semakin lesu.

Jakarta – PT Honda Prospect Motor (HPM) memandang penjualan sampai akhir 2020 dengan sedikit harapan. Akibat pandemi Covid-19, hampir semua rencana tidak berjalan lancar.

Salah satu dampak yang sangat terasa adalah penjualan mobil yang semakin menurun. Tapi, Honda tak muluk menaikkan target penjualan.

Harapannya agar bisa mempertahankan pangsa pasar yang ada agar tidak menurun. HPM saat ini memiliki pangsa pasar sebesar 14,4 %. Angka inilah yang akan dipertahankan agar tetap stabil di tengah pandemi.

Yusak Billy, Marketing Director HPM menjelaskan hal tersebut saat konferensi virtual.

“Target utama sekarang itu mempertahankan market share. Kami mencoba mengikuti kondisi pasar terkini,” katanya.

Hingga akhir 2020, Honda akan melihat situasi dan kondisi pasar.

“Target Gaikindo ada di angka 600 ribu unit, tapi sekarang penjualan baru 407 ribu. Ke depan market-nya belum stabil,” sambungnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Honda melakukan siasat dengan memberi program penjualan. Salah satunya adalah memberikan gimik menarik untuk mendongkrak penjualan.

Honda Brio Jadi Penyumbang Penjualan Terbesar

Honda pun mengatakan jika penjualan mereka masih ditopang oleh Brio yang masih sangat positif di tengah pandemi ini.

Pada September 2020, Honda meraih penjualan 5.835 unit, Brio menjadi penyumbang penjualan dengan kontribusi 62% atau 3.622 unit.

Model lainnya seperti Honda Mobilio membukukan penjualan 526 unit, meningkat 29% dari Agustus yang hanya terjual 408 unit saja.

honda brio memimpin penjualan honda tahun 2020 di tengah pandemi
Honda Brio pada Saturday Night Challenge 2019. (Foto: Carmudi).

Melihat Toyota yang menjadi kompetitor terdekat Honda sudah merilis 10 model baru selama pandemi, muncul pertanyaaan apakah HPM akan menghadirkan model baru.

Yusak Billy mengaku jika Honda sedang menyiapkan model baru yang akan segera meluncur akhir 2020 ini.

“Produk baru ya. Ini merupakan strategi kami untuk menaikkan penjualan. Jadi waktu atau modelnya akan mengikuti kebutuhan pasar,” ujarnya singkat.

“Waktu peluncuran lihat kondisi pasar, jadi belum bisa disebutkan kapan. Kami pelajari terus untuk penyegaran, kalau ada waktunya akan kami informasikan,” pungkasnya.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga: Honda Brio Jadi Model dengan Penjualan Tertinggi di Indonesia

Membeli DFSK Glory 560
Previous post
DFSK Permudah Konsumen Membeli Glory 560
Eksterior Daihatsu Rocky versi modifikasi
Next post
Meluncur 2021, Daihatsu Rocky Diduga Sedang Uji Jalan