Tips dan Trik

Panduan Berkendara Sepeda Motor yang Aman Bagi Wanita

Di era serba cepat seperti saat ini, sepeda motor menjadi salah satu kendaran bermotor yang sangat diandalkan oleh sebagian masyarakat Indonesia dalam beraktivitas sehari-hari. Saat ini berkendara sepeda motor tidak hanya menjadi kebutuhan kalangan pria saja, tapi juga wanita.

Hal ini dilandasi oleh semakin beragamnya pilihan sepeda motor yang ada di pasaran. Selain itu tingginya perhatian para pabrikan sepeda motor terhadap wanita, sehingga sebagian di antara mereka menciptakan sepeda motor yang cocok digunakan kaum wanita.

Bentuknya yang ringkas dan mudah dikendarai, memungkinkan untuk melalui jalan-jalan sempit dan dapat menghindari macetnya jalan raya.

Sepeda motor wanita

Saat ini kaum perempuan banyak yang menggunakan sepeda motor (Foto: YIMM)

Dari sekian banyak jenis sepeda motor, biasanya para wanita lebih memilih skuter matik (skutik). Sebab, mudah untuk dioperasikan, karena cukup memutar handle gas saja untuk menjalankan kendaraan, tanpa harus menekan tuas kopling dan mengganti gigi.

Meski sepeda motor jenis skutik mudah dikendarai, tetapi tidak sedikit pengendara wanita yang mengindahkan aturan keselamatan. Untuk itu, Yamaha Riding Academy (YRA) memberikan panduan yang dapat diterapkan saat berkendara sepeda motor supaya aman dan terhindar dari kecelakaan.

“Dengan banyaknya pengendara sepeda motor wanita, mereka pun perlu menerapkan safety riding. Kami harapkan dapat ikut mendukung keselamatan berkendara yang sangat penting saat riding di jalanan,” ungkap Johannes BMS, Chief Yamaha DDS 3, dalam keterangan reseminya, Selasa (15/6/2021).

Lebih lanjut, Johannes memberikan beberapa panduan berkendara sepeda motor yang aman bagi wanita. Berikut penjelasan singkatnya:

Safety Gear

Pakai safety gear yang lengkap. Pilih safety gear yang terbuat dari bahan lembut dan ukuran yang pas agar tubuh terlindungi dengan baik.

Helm RSV (Foto: Santo/Carmudi)

Sarung Tangan

Gunakan sarung tangan saat berkendara sepeda motor. Hindari menggunakan sarung tangan satamo, agar pergerakan tangan lebih maksimal.

Jangan Menggunakan Rok

Usahakan saat mengendarai sepeda motor jangan menggunakan rok pendek atau ketat. Sebaiknya gunakan celana panjang atau rok panjang agar dapat melindungi kaki dengan maksimal.

Jangan Menggunakan Tas Selempang

Hindari membawa tas selempang atau handbag agar tidak tersangkut kendaraan lain.

Pakai Sepatu

Gunakan sepatu dengan alas rata. Hindari sepatu atau sendal hak tinggi agar tidak mengganggu keseimbangan saat berhenti.

Nyalakan Lampu Sein

Gunakan lampu sein sesuai peruntukannya dengan tepat agar tidak membingungkan pengendara lain yang ada dibekalang.

Yamaha Zuma 125 2022

(Foto: Ride Apart)

Pakai Jaket

Bagi hijabers disarankan menggunakan jaket agar kerudung tidak berkibar dan menutupi lampu belakang.

Hindari Jalan Ramai

Pilih jalan yang aman, hindari jalan ramai seperti banyak truk dan pengendara yang berkendara dengan kecepatan tinggi.

Konsentrasi

Selama berkendara konsentrasi harus tetap di jaga, jangan mudah emosi dan selalu patuhi rambu-rambu dan peraturan lalu lintas.

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts