Home » Berita » Pasar Otomotif Lesu pada Tahun Politik, Penjualan Isuzu Traga Justru Naik

Pasar Otomotif Lesu pada Tahun Politik, Penjualan Isuzu Traga Justru Naik

Isuzu Traga
Isuzu traga yang baru diluncurkan bermain di kelas truk kecil. Foto/Carmudi.

Jakarta – Tahun 2019 bisa disebut sebagai tahun politik bagi Indonesia, dimana pada tahun ini dilaksanakan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak. Agenda ini disebut melemahkan sektor perdagangan otomotif mobil penumpang dan komersial. Kendati demikian, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) justru melaporkan peningkatan penjualan pada periode Januari – April 2019 atau kuartal I 2019 ini.

Angka ini telah disampaikan Isuzu melalui siaran persnya. Pabrikan asal Jepang ini menerangkan bahwa penjualan kendaraan komersial dan kendaraan penumpang tumbuh sebesar 7,5 persen dengan total 7.627 unit. Angka serupa pun ditunjukkan oleh data Gaikindo Retail Sales YTD April 2019.

Peningkatan drastis dirasakan di model Isuzu TRAGA pikap medium dengan sumbangan 1.583 unit. Selain itu ada juga Isuzu ELF yang menyumbang 4.297 unit atau growth 0,7 persen dibanding tahun lalu di periode yang sama. Sementara itu, di segmen medium truck ada Isuzu Giga yang berhasil terjual 1.051 unit.

Seakan tak mau tenggelam dengan status tahun politik, Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Ernando Demily menyatakan optimis bahwa industri otomotif di Indonesia akan terus membaik.

“Isuzu yakin penjualan otomotif di Indonesia akan terus menerus membaik, walaupun agak sedikit melambat dikarenakan adanya pemilu. Namun disisi lain kebutuhan masyarakat untuk membeli kendaraan akan bertumbuh. Kemungkinan akan terjadi di semester II 2019, setelah hasil pemilu keluar,” ujar Ernando dalam pernyataan resmi beberapa waktu lalu.

Spesifikasi Isuzu TRAGA

Test Drive Isuzu Traga
Deretan unit Isuzu Traga

Lebih rinci lagi dibeberkan, Isuzu TRAGA menjadi kendaraan pikap medium yang hadir dengan muatan lokal (local content) sebanyak 51,7%. TRAGA sendiri juga dibenamkan mesin legendaris lansiran Isuzu 4JA1-L berkapasitas 2.500 cc Diesel Direct Injection untuk melibas kondisi jalanan yang rata dan menanjak serta mudah berakselerasi di jalan berkelok maupun tikungan.

TRAGA ini punya bobot GVW (Gross Vehicle Weight) 2.950 kg, dan didukung sistem transmisi 5-percepatan serta memiliki radius putar 4,5 meter.

“Isuzu TRAGA sendiri 100 persen dirakit di Indonesia, di pabrik kami yang berada di Karawang, serta memiliki dan besar harapan kami untuk membawa TRAGA ke beberapa negara di Asia Tenggara yang akan dilakukan akhir tahun ini,” ujar Ernando.(dol)

Previous post
Fiat 124 Special, Jatuh Cinta Pertama Dengan Fiat
Next post
Micro Bus Hino 110 SDBL Pikat Pengusaha Otobus Untuk Angkutan Lebaran