Home » Berita » Peluncuran Suzuki Wagon R Listrik Ditunda, Mengapa?

Peluncuran Suzuki Wagon R Listrik Ditunda, Mengapa?

Suzuki Karimun Wagon R
Suzuki Karimun Wagon R bertenaga listrik

New Delhi – Mengikuti tren otomotif global terkini, Maruti Suzuki selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Suzuki di India megembangkan mobil listrik. Sebagai langkah awal, Maruti menyematkan motor listrik, baterai dan komponen pendukung lainnya di Wagon R.

Suzuki Karimun Wagon R sudah melalui serangkaian pengujian sejak lama. Ditargetken mobil ini diproduksi massal dan dipasarkan mulai 2020. Namun sayang rencana tersebut harus ditunda.

Perusahaan bermarkas di Jepang itu terpaksa menunda produksi sekaligus pemasaran Wagon R listrik. Alasannya Suzuki Jepang belum melihat tanda-tanda kesiapan dalam menyambut hadirnya era mobil listrik di India.

Selain itu, jika dipaksakan meluncur, maka bukan tidak mungkin harga Wagon R listrik pasti sangat mahal. Infrastruktur seperti stasiun pengisian daya mobil listrik di India saat ini belum memadai. Padahal mobil listrik pergerakannnya sangat bergantung pada stasiun pengisian daya. Demikian seperti dilansir dari Indianautosblog.

Seperti diketahui, Suzuki Wagon R Listrik disebut-sebut mampu menjelajah hingga 130 kilometer (km). Mobil perkotaan Ini juga akan dibekali dengan fitur pengisian cepat yang memungkinkan pengisian baterai dari kondisi kosong hingga 80% dalam 1 jam.

Pengisian daya menggunakan listrik rumahan bisa memakan waktu sekira 7 jam. Maruti Suzuki menyebar 50 prototipe Wagon R listrik di berbagai jalan utama untuk tujuan pengujian.

Maruti Suzuki tampaknya masih belum berani untuk menghadirkan kendaraan ramah lingkungan di India. Beda dngan pabrikan lain seperti Hyundai, MG dan Tata Motors. Mereka sudah mempunyai ancang-ancang untuk segera meluncurkan mobil listrik di India. Mahindra berencana untuk membawa XUV300 versi full listrik di India tahun depan.

Suzuki Wagon R Listrik Hasil Konversi

Suzuki Wagon R Listrik merupakan hasil konversi dari sebelumnya menggunakan mesin konvensional menjadi motor listrik dan baterai. Mobil listrik ini sudah menjalani pengujian sejak tahun lalu. Suzuki Wagon R Listrik digadang-gadang akan menjai mobil listrik pertama Suzuki.

“WagonR EV akan menjadi mobil listrik pertama yang diluncurkan oleh perusahaan, pada tahun 2020. Kemungkinan besar mobil akan diproduksi di pabrik Suzuki di Gujarat, India. Sebab pabrik tersebut memiliki fasilitas yang dapat memproduksi baterai berkat kemitraan antara Suzuki, Toshiba dan Denso (Perusahaan Toyota), ” kata salah seorang sumber.

Peluncuran Suzuki Wagon R Listrik Ditunda, Mengapa? (Foto: Indianautosblog)

Selain itu juga dikatakan bahwa selain di Gujarat pihaknya juga punya pilihan lain untuk memproduksi Wagon R EV seperti di pabrik Suzuki Manesar atau Gurugram.

“Ada banyak pilihan. Banyak yang berpikir produksinya akan akan dilakukan di pabrik Gujarat karena pabrik baterai ada di sana, tetapi tidak menutup kemungkinan produksinya juga bakal dilakukan di Manesar atau Gurugram (di Haryana),” katanya.

Saat ini Suzuki Wagon R diproduksi di pabrik Gurugram. Kemungkinan akan tetap berlanjut di sana meskipun produksi baterai dan komponen terpusat di Gujarat.

Penulis: Santo

Edotor: Lesmana

Previous post
Program Akhir Tahun, Cuma Modal Rp10 Jutaan Sudah Bisa Punya Toyota Avanza
Next post
Mobil Menteri Jokowi Terbaru Siap Dipakai Minggu Depan