Berita

Pembeli Daihatsu Rocky di Luar Jawa Tak Bisa Menikmati PPnBM 0%

JakartaDaihatsu Rocky masuk dalam daftar mobil yang berhak menerima insentif PPnBM 0% yang berlaku hingga akhir Mei 2021. Tetapi, jangan senang dahulu, karena tidak semua pembeli Daihatsu Rocky dapat memanfaatkan potongan pajak tersebut.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah memproduksi Rocky bersama dengan Toyota Raize di Karawang, Jawa Barat sejak akhir April.

Sebagai awalan, Rocky yang sudah diproduksi akan didistribusikan terlebih dahulu ke semua diler resmi Daihatsu untuk keperluan model display dan test car. Bukan diperuntukkan atau dikirim ke konsumen.

Pembeli Daihatsu Rocky

Tidak semua pembeli Daihatsu Rocky dapat menikmati PPnBm 100 persen (Foto: ADM)

“Mohon bersabar bahwa produksi untuk dalam negeri baru dilakukan akhir April berarti baru minggu-minggu ini dikirim ke diler. Nah, oleh karena itu pastinya kami punya prioritas dalam hal pengiriman. Pertama kami distribusikan ke 255 diler Daihatsu di seluruh Indonesia,” kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), baru-baru ini.

Tujuannya, lanjut Hendrayadi, supaya pembeli yang sudah tertarik untuk meminangnya bisa melihat secara langsung wujud asli dari Daihatsu Rocky. Selain itu, agar konsumen bisa melakukan test drive, untuk merasakan sensasi berkendara yang ditawarkan Rocky.

“Oleh karena itu produksi tahap pertama kami fokuskan untuk mengisi diler duluan,” terang dia.

Waktu Pengiriman Rocky ke Konsumen

Pembeli Daihatsu Rocky yang sudah melakukan pemesanan diperkirakan akan menerima mobil pertengahan Mei, atau setelah lebaran. Itu pun hanya untuk sebagian pembeli yang berada dari dalam pulau Jawa saja.

Daihatsu Rocky (Foto: ADM)

Sementara bagi pembeli Rocky dari luar Jawa kemungkinan besar mobil akan sampai ke tangan konsumen paling cepat awal Juni. Maka dapat dipastikan tidak bisa memanfaatkan insentif PPnBM 0%.

Sebab kebijakan diskon PPnBM sebesar 100 persen berakhir akhir bulan ini. Ini berlaku juga bagi pembeli di dalam pulau Jawa jika mobil yang diterimanya pada Juni.

“Jadi kalau konsumen pesan Mei dan dapat mobilnya, kemudian faktur penjualan dikeluarkan Mei, maka konsumen tersebut berhak mendapat PPnBM yang 0%. Tetapi, kalau konsumen terimanya pada Juni, meskipun pesannya Mei, mohon maaf kami harus sesuaikan dengan aturan. Konsumen tersebut hanya mendapatkan diskon PPnBM 50 persen. Karena ini pajak ke pemerintah,” pungkas Hendrayadi.

Seperti diketahui, Daihatsu Rocky yang diluncurkan oleh ADM menggendong mesin 1.0 liter turbo. Sedangkan Rocky dengan mesin 1.2 liter diperkirakan meluncur semester dua tahun ini.

Penjualan Daihatsu Rocky

Interior Daihatsu Rocky (Foto: ADM)

Rocky ditawarkan dalam lima varian, seperti 1.0 R TC MT, 1.0 R TC MT ADS, 1.0 R TC CVT, 1.0 R TC CVT ADS, dan 1.0 R TC CVT ASA.

Harga yang ditawarkan mulai Rp214,2 sampai Rp236,1 juta on the road Jakarta.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts