Home » Berita » Cuma Pengin Gaya, Pembeli Range Rover Enggan Jelajah Medan Off Road

Cuma Pengin Gaya, Pembeli Range Rover Enggan Jelajah Medan Off Road

Kemampuan All New Range Rover. (Foto: Carmudi/Santo)

Jakarta – Mobil Range Rover sudah lama dikenal oleh para pecinta otomotif terutama di Indonesia lantaran kemewahan dan kemampuannya di medan off-road. Bukan kemampuan off-road biasa, mobil yang dikeluarkan oleh Jaguar Land Rover ini sebenarnya punya kemampuan yang sangat baik dibanding mobil lain di kelasnya.

“Range Rover memiliki kemampuan off-road yang tidak ada di mobil lain di segmennya masing-masing yang melebihi kemampuan off-road-nya,” ungkap Jentri Izhar, Brand Director Jaguar Land Rover Indonesia baru-baru ini, di Jakarta.

Alasan Range Rover Jarang Dipakai Off-Road

Range Rover Evoque lama saat uji off-road

Tapi yang cukup disayangkan, seiring berjalannya waktu dan tampilan mobil-mobil Range Rover jadi semakin keren, banyak pemilik Range Rover hanya menjadikannya sebagai kendaraan untuk pemenuh gaya hidup saja. Sehingga kebanyakan pemilik Range Rover cuma berani mengendarai di jalan-jalan perkotaan bukan medan off-road.

“Di Indonesia konsumen yang membeli Range Rover itu rata-rata orang yang memakainya itu untuk jalan dalam kota dan untuk kenyaman dan kemewahan saja. Ini memang menjadi salah satu nilai jual Range Rover karena dia mewah. Tapi orang beli mobil Range Rover karena mewahnya saja banyak yang enggak sadar bahwa mobil Range Rover bisa dipakai off-road,” tambah Jentri.

Misalnya lanjut Jentri, secara penampilan Range Rover Evoque memang sangat keren apalagi desain bagian belakangnya melandai ke bawah seperti kebanyakan mobil coupe. Tapi di balik itu semua, kemampuannya untuk melahap medan off-road tidak perlu diragukan lagi. Risiko melaju di medan off-road adalah mobil langsung cepat kotor, tapi menurutnya itu bisa langsung saja dibersihkan.

“Jangan malu kotor-kotoran, kalau kotor ya cuci aja. Jadi enggak harus mobil berbentuk kotak saja yang bisa melahap medan off-road, mobil berbentuk coupe masih bisa juga,” terang Jentri.

Target Pembeli Range Rover Evoque

All New Range Rover Evoque. (Foto: Carmudi/Santo)

PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) Authorized Distributor Jaguar Land Rover di Indonesia baru saja meluncurkan Range Rover Evoque terbaru. Beda dari generasi pertama yang meluncur pada 2013 lalu, model terbaru ini tampil lebih segar ditambah lagi punya sejumlah fitur baru berteknologi canggih.

Dibanderol mulai dari Rp1,7 miliar (off the road), Range Rover Evoque terbaru menyasar pembeli yang memiliki jiwa petualang dan pasangan muda.

“Range Rover Evoque sangat netral jadi tidak begitu spesifik menargetkan perempuan atau juga kaum laki-laki. Banyak sekali teknologi yang dimilikinya bahkan untuk mengarungi medan off-road layaknya mobil off-road lainnya. Jadi mobil ini akan menargetkan orang-orang yang punya jiwa lifestlye adventure, juga untuk keluarga kecil yang memang suka jalan-jalan ke luar kota dan membutuhkan ruang bagasi lebih besar dan tinggi,” terang Jentri.

Dirinya menambahkan bila Range Rover Evoque sangat cocok sekali bisa digunakan di Jakarta, karena di sini cukup banyak jalan berlubang dan bergelombang, selain itu juga sering banjir saat musim hujan tiba. Kekhawatiran banjir tinggi pun mampu ditepis Range Rover Evoque, karena mobil ini mampu menerjang banjir dengan ketinggian air hingga 600 milimeter (mm).

Data Spesifikasi Range Rover Evoque:

Dimensi (PxLxT)4.371 mm x 1.904 mm x 1.649 mm
Jarak Sumbu Roda2.681 mm
Mesin Aj 200
Kapasitas Mesin 1.999 cc, 4 silinder, turbocharge
Tenaga245 hp
Torsi 365 Nm
Transmisi Otomatis 9-percepatan (Torque Converter)
Layout MesinMesin Depan Penggerak Empat Roda (All Wheel Drive) Jenis AWD
Kapasitas Tangki67 liter
Sistem KemudiElectronic Power Assisted Steering
Radius Putar5,8 meter
Ground Clearance 212 mm

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

DFSK Meresmikan diler baru di Tasikmalaya
Previous post
Diler DFSK Hadir di Tasikmalaya, Simak Daftar Harga Lengkapnya
Program di hari kemerdekaan Auto2000
Next post
Program Promo Auto2000 di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia