BeritaSumber informasi

Ini Pemenang Fuso Student Skill Competition, Ajang Pencarian Siswa Berbakat

Fuso Student Skill Competition

Pemenang Fuso Student Skill Competition (Foto: Enda/Carmudi)

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis: Endara Darata

Tangerang Selatan – Mitsubishi Fuso mengadakan ajang kompetisi melalui dunia pendidikan bertajuk Fuso Student Skill Competition. Pertama kali diadakan pertengahan Juli lalu, ajang adu bakat ini diikuti oleh 550 siswa dari 10 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh Tanah Air.

Lewat ajang ini, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), selaku distributor resmi dari Mitsubishi Fuso Truck dan Bus Corporation (MFTBC), terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Tidak hanya itu, KTB juga memiliki berbagai program khusus untuk siswa SMK, antara lain ‘Fuso Vocational Education Program’.

“Ajang kompetisi ini selain mencari siswa SMK berbakat, kami turut peduli terhadap dunia pendidikan. Maka dari itu, kami ingin meningkatkan kualitas pendidikan melalui Fuso Student Skill Competition,” ujar Duljatmono, Head of Marketing KTB di GIIAS 2018, Rabu (8/8).

Kompetisi yang dilakukan meliputi tiga tahapan, dengan langkah awal teori kemudian disusul praktek. Terakhir, final adalah penggabungan antara teori dan praktek.

Tahap final ketiga kelompok dari masing-masing sekolah yang terpilih berhak mengikuti kompetisi akhir di KTB Training Center di Jakarta, baru-baru ini.

Catatan penilaian ketat tidak hanya dari materi yang diujikan. Melainkan keselamatan, ketrampilan, kebersihan dan ketepatan waktu dalam menyelesaikan masalah turut dinilai.

Materi yang diujikan pada tahap praktek ini antara lain basic electrical, engine component, measurement, engine valve adjustment, break adjusment dan bagaimana alternator, motor starter dan kopling bekerja.

Pemenang Fuso Student Skill Competition SMK Asal Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Ketiga kelompok peserta yang masuk dalam tahap final berasal dari tiga daerah berbeda antara lain Medan, Banjarbaru dan Malang. Para pemenang Fuso Student Skill Competition diundang secara khusus di booth Mitsubishi Fuso di GIIAS untuk dapat menerima penghargaan atas pencapaiannya.

SMK Mandiri asal Medan mendapatkan total nilai keseluruhan 820 poin dan dinobatkan sebagai juara 3. Selanjutnya skor 822 poin diraih oleh SMK Negeri 1 Singosari, Malang sebagai juara 2. Pencapaian nilai tertinggi adalah dari SMK Bhakti Bangsa asal Banjarbaru dengan total nilai 884 poin.

Pemenang ajang kompetisi Fuso Student Skill Competition berhak mendapatkan penghargaan berupa plakat dan uang tunai. Untuk pemenang juara 1 mendapat uang tunai Rp10.000.000, juara 2 Rp7.500.000 dan juara 3 Rp5.000.000.

Atsushi Kurita, Presiden Direktur KTB, memberikan penghargaan sekaligus menutup acara dengan mengucapkan selamat kepada para pemenang. KTB berharap semoga kompetisi ini menjadi penyemangat bagi generasi muda. Khususnya para pelajar SMK untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya, sehingga siap untuk memasuki dunia kerja. (dna)

 

Wahyu Perdana Putera

Berkarir di sejumlah online media sejak 2012 sebagai jurnalis teknologi, sains dan otomotif, kini di Carmudi Indonesia sejak Juli 2015 untuk mengulas & mempublikasikan kabar otomotif terkini dari perspektif lain. Menggilai mobil retro era '80-90an, modifikasi & kultur balap jalanan Jepang serta hobi modifikasi dengan aliran oldschool brutal seperti Shakotan, Kyusha & Kaido Racer. Email: [email protected]
Follow Me:

Related Posts