Home » Berita » Hino Soroti Kesanggupan Pemerintah Siapkan Bahan Bakar B20 Berstandar Euro 4

Hino Soroti Kesanggupan Pemerintah Siapkan Bahan Bakar B20 Berstandar Euro 4

Kendaraan Komersial
Truk Hino Butuh Perawatan Ekstra Saat Pakai Bahan Bakar B20

Tangerang – Indonesia di tahun 2021 memasuki era Euro 4, dimana kadar emisi kendaraan yang dihasilkan harus semakin rendah. Di saat yang bersamaan, pemerintah juga terus meningkatkan penggunaan bahan bakar B20 alias biosolar. Menyambut era Euro 4, agen pemegang merek yang memasarkan mobil bermesin diesel mempertanyakan kesanggupan pemerintah soal ketersediaan solar B20 di seluruh Indonesia.

Hino sebagai salah satu merek kendaraan komersial meminta komitmen pemerintah dalam menjaga pasokan bahan bakar B20 hingga ke seluruh daerah. Apabila nantinya pasokan terhambat, atau kualitasnya tidak terjaga maka bahan bakar itu bisa jadi masalah bagi pemilik kendaraan.

“Indonesia luas sekali. Itu sanggup nggak dalam waktu bersamaan disuplai bahan bakarnya. Truk itu mobile, yang berjalan antar kota nggak seperti passanger car yang hanya di dalam kota,” tutur Santiko Wardoyo, selaku Sales & Promotion Director HMSI.

Santiko pun mengingatkan pemerintah jangan sampai suplai bahan bakar ke kawasan pelosok tidak optimal. Hal ini tentunya membuat bisnis dari pemilik kendaraan komersial jadi terhambat.

“Jangan sampai produk sudah siap tapi bahan bakar belum tersuplai. Itu jadi masalah bagi customer,” jelasnya.

BBM B20
Pemakaian Bahan Bakar B20 tak akan gugurkan garansi. Foto/Ilustrasi.

Soal kualitas bahan bakar, Santiko percaya bila pemerintah melalui Pertamina sebagai pemasok akan terus memperbaiki kualitas bahan bakar B20 supaya nantinya layak dengan standar Euro 4. Bahkan kedepannya, Santiko meyakini bila kadar minyak nabati dalam solar terus bertambah seiring niatan pemerintah mengurangi ketergantungan terhadap minyak bumi.

“Masalah antara Euro 4 dengan B20, saya rasa gak berhenti di B20, di 2025 bakal ke B30 dan lebih lagi. Euro4 dan B20 mustinya sih on track, tp ini dari government masalah kualitasnya,” ucap Santiko.

Edukasi Pemilik Truk dan Bus Soal Perawatan Kendaraan Berstandar Euro 4

Peningkatan standar emisi menuju Euro 4 mendorong para ATPM meningkatkan teknologi di mesin kendaraan diesel yang mereka jual. Di sisi lain, Hino juga semakin mengedukasi konsumen mereka soal semakin pentingnya perawatan rutin bagi kendaraan dengan standar Euro 4 yang semakin canggih bila dibandingkan versi Euro 2.

“Kita juga melakukan edukasi sebagai persiapan bagaimana customer harus lebih ngerti dan lebih bisa (merawat) karena teknologi Euro 4 lebih canggih. Habbit (perawatan) harus kita informasikan agar customer ngerti, karena perawatan mesin harus rutin,” jelasnya.(dol)

diskon produk aftermarket
Previous post
Akhir Pekan Ini, Saatnya Berburu Diskon Produk Aftermarket Mobil di IMX 2018
Next post
Sistem Pengereman Otomatis pada Mobil Bisa Mengurangi Kecelakaan, Benarkah?