BeritaSepeda motorSumber informasi

Pemesanan Online XMAX Buka Tutup, Yamaha Raba Pasar

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – Sejak Mei 2017 PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menerapkan order online untuk skuter matik (skutik) XMAX dengan sistem buka dan tutup. Artinya jika total pemesanan sudah memenuhi kuota yang telah ditentukan, maka Yamaha akan menutupnya, kemudian akan dibuka kembali di bulan-bulan berikutnya.

Rupanya langkah ini sengaja dilakukan oleh Yamaha untuk mengetahui animo masyarakat terhadap skutik bertubuh bongsor itu. Menurut Eddy Ang, Deputy GM Marketing YIMM setidaknya ada dua alasan utama yang membuat pihaknya terus melakukan sistem order online untuk XMAX.

“Pertama, karena kita ingin melihat jumlah pasar itu sebesar apa, karena di segmen ini ada, jadi kita sudah tahu kira-kira 1.000 unit kemudian dari 1.000 unit itu di distribusikannya bagaimana. Nah bagaimana kita tahu daerah-daerah konsumennya, kita mau tampung dalam bentuk inden online ini. Jadi semua atau siapapun yang punya akses internet bisa order,” kata Eddy kepada Carmudi, Kamis (11/1/2018).

Kedua, Edy menyebutkan kenapa buka tutup, karena ketika dibuka dua sampai tiga hari biasanya kuota unit sudah abis, makanya pihaknya ada sistem buka tutup, kalau buka terus nanti orang terima unit dua sampai tiga bulan kedepan, kan enggak enak gitu. Jadi di buka hari ini biasanya unit dapat bulan depannya.

Eddy menjelaskan setiap order online dibuka pihaknya membatasi kuota pemesanan kurang lebih 1.000 unit sampai 1.200 unit saja. Ditambahkannya konsumen yang memesan Yamaha XMAX datang dari berbagai wilayah terutama di kota-kota besar.

“Jakarta, Jawa Barat seperti Bandung,” terangnya.

Penjualan Yamaha XMAX

Berdasarkan data yang dirilis oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Yamaha menempati posisi kedua setelah Honda dalam penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) di pasar domestik sepanjang 2017. Yamaha tercatat telah mendistribusikan sepeda motor sebanyak 1.348.211 unit atau berhasil meraih pangsa pasar sebesar 22.90 persen dari total keseluruhan penjualan sepeda motor secara nasional.

Penjualan tertinggi rata-rata di dominasi oleh jenis skutik salah satunya adalah XMAX. Walaupun pembeliannya masih melalui online dan tidak dibuka setiap hari, tapi penjualannya menunjukkan angka yang positif.

Mei 2017 menjadi bulan pertama pengiriman XMAX ke dealer resmi Yamaha, dengan total sepeda motor sebanyak 713 unit. Kemudian di bulan berikutnya mengalami peningkatan menjadi 939 unit, Juli 1.056 unit.

Pada Agustus 967 unit, September 1.349 unit, Oktober 1.747 unit, November 1.436 unit , dan Desember sebanyak 2.029 unit. Jika di total selama delapan bulan Yamaha XMAX sudah terjual sebesar 10.236 unit.

Tidak hanya untuk memenuhi pasar domestik saja, rupanya skutik yang sudah diproduksi lokal tersebut di kirim juga ke luar negeri. Angkanya jauh lebih banyak dibanding domestik karena negara yang menjadi tujuan ekspor XMAX cukup beragam.

Pada Mei 2017, Yamaha berhasil mengirim sebanyak 2.838 unit, sedangkan Juni sebanyak 1.562 unit, Juli 2.730 unit, Agustus 2.990 unit, September 1.320 unit, Oktober 2.520 unit, November 1.840 unit, dan Desember 1.040 unit. Bila ditotal, sepanjang 2017, Yamaha telah mengekspor skutik XMAX sebanyak 16.840 unit.(dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts